6 Tips Menghemat Pengeluaraan di Saat Lebaran, Kelola Keuangan dengan Akurat

Tips Menghemat Pengeluaraan di Saat Lebaran - Puasa dan Idul Fitri adalah momen tahunan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam. Karena hanya datang setahun sekali, bahkan banyak orang cenderung lepas kendali perihal manajemen keuangan rumah tangga di saat menjelang hari raya idul fitri, di mana masyarakat rela merogoh kocek ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli baju dan kue untuk kue lebaran. 

Tips Menghemat Pengeluaraan Keuangan di Saat Lebaran

Tips Menghemat Pengeluaraan Keuangan di Saat Lebaran

Apakah Anda pernah melakukannya? Nah, jika anda ingin menghemat pengeluaran keuangan di saat menyambut lebaran, coba 6 trik berikut ini.

1. Manfaatkan bazar murah

Menjelang Lebaran biasanya ada bazar murah di toko-toko. Nah, ambil kesempatan ini untuk membeli kebutuhan lebaran yang berbeda. Namun, jangan lupa untuk mengecek label kemasan dan tanggal kedaluwarsa barang atau makanan yang akan dibeli, ya. Dengan cara ini, Anda dan keluarga tidak hanya akan menghindari barang dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi juga penyebab penyakit karena memilih makanan yang salah.

2. Buat daftar prioritas untuk makanan

Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, buat daftar prioritas item yang Anda dan keluarga Anda butuhkan. Meskipun memakan waktu, metode ini dapat mencegah pembelian barang yang tidak perlu. Selain itu, daftar belanja juga dapat memudahkan Anda untuk berbelanja nantinya. Jangan sampai puasamu terganggu hanya karena sudah terlalu lama berada di mall, ya.

3. Buat kue Lebaran sendiri

Merayakan Hari Raya Idul Fitri tentu tidak lengkap tanpa sajian kue kering Lebaran. Tradisi ini sulit dihindari. Namun, jika anda tidak berhati-hati, bisa jadi pengeluaran lebaran akan semakin membengkak. Agar lebih efisien, cobalah bereksperimen dengan membuat kue sendiri di rumah. Tidak hanya lebih efisien, tetapi pada saat yang sama mereka juga dapat menyalurkan hobi memasak. Namun, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum Anda mulai mengukur bahan-bahan kue sehingga hidangan bebas kuman dan keluarga Anda tetap sehat.

4. Simpan stok daging jauh sebelum sumpah

Selidiki kenaikan harga bahan pangan pokok, terutama daging, menjelang lebaran dengan membelinya terlebih dahulu. Upaya ini bisa menjadi cara untuk menghemat pengeluaran Anda sebelum Lebaran. Namun, pastikan untuk menjaga daging tetap bersih agar tidak menjadi penyebab penyakit, ya. Bekukan daging dalam freezer agar tidak terkontaminasi kuman dan kesegarannya terjaga.

5. Daur ulang atau modifikasi pakaian lama

Sumpah biasanya identik dengan pakaian baru. Ini juga bisa menjadi hambatan bagi Anda untuk menghemat uang. Nah, untuk menjaga pengeluaran keluarga tetap terkendali, cobalah untuk menyelidiki hal ini dengan mendaur ulang atau memodifikasi pakaian lama agar terlihat seperti baru saat lebaran dan layak dipakai.

6. Jaga kesehatan dan keluarga Anda

Sebelum mengambil sumpah, pastikan kesehatan keluarga tetap terjaga dengan baik. Hal ini untuk menghindari biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk kunjungan ke dokter. Menjaga kesehatan keluarga bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti. Rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga ringan. 

Lebaran membutuhkan banyak persiapan dan seringkali membutuhkan biaya yang cukup besar. Tentu saja, jika tidak ditangani dengan benar, pengeluaran keluarga menjadi tidak terkendali. Jangan biarkan itu terjadi, ya. Semoga 6 tips di atas dapat membantu menghemat pengeluaran menyambut hari lebaran Anda di tahun ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel