6 Manfaat Kacang Tanah yang Tidak Terduga Bagi Kesehatan!

Berbagai manfaat kacang tanah yang baik untuk kesehatan  - Kacang tanah tidak hanya bisa digoreng dan dimasak, tetapi juga diolah menjadi selai, minyak goreng, bumbu kacang untuk berbagai hidangan dan masih banyak lagi. Meskipun Anda sering mengkonsumsinya, apakah Anda tahu kandungan dan manfaat kacang tanah?

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah

Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari dataran Amerika Selatan. Nama-namanya bervariasi, dari kacang tanah, kacang tanah hingga goobers. Uniknya, kacang tanah bukanlah "kacang asli" seperti kacang mete dan almond.

Jenis kacang ini tumbuh di tanah dan termasuk dalam kelompok kacang-kacangan. Ini berarti bahwa kacang tanah lebih mirip dengan lentil, kacang polong, dan kedelai.

Kacang-kacangan seperti kacang tanah terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi. Makanan ini juga tinggi kalori karena mengandung lemak nabati yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan makan segenggam kacang dengan berat 100 gram.

Selain nutrisi, kacang tanah juga kaya akan fitokimia dan antioksidan. Zat fitokimia adalah bahan kimia yang secara alami ditemukan pada tanaman. Fitokimia dalam makanan ini termasuk isoflavon, asam fitat, pitosterol, dan asam p-coumaric.

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa nutrisi dan senyawa fitokimia dalam kacang tanah dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mengontrol gula darah dan berat badan.

Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci tentang hasil para ahli seputar efektivitas kacang tanah.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun dekat dengan kalori dan lemak, kacang tidak menambah berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research sebenarnya menyebutkan bahwa makan kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Makanan ini cenderung membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, protein dan lemak sehat dalam kacang-kacangan juga meningkatkan laju pembakaran energi dalam tubuh Anda.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kacang tanah menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan lemak tak jenuh lebih tinggi dari lemak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak sehat yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Kacang, secara ilmiah disebut Arachis hypogaea, juga kaya akan vitamin B3, magnesium dan tembaga, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Kombinasi vitamin, mineral dan lemak sehat akan membuat jantung Anda lebih kuat dan sehat.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Menurut American College of Cardiology, orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu memiliki 13 persen penurunan risiko penyakit jantung. Selain itu, risiko penyakit jantung koroner juga menurun sebesar 15 persen.

Ini mungkin terkait dengan efektivitas resveratrol, serta asam oleat dalam kacang tanah. Keduanya membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan cara ini, risiko penyakit jantung dan stroke dapat menurun.

4. Mencegah penyakit batu empedu

Batu empedu terbentuk dari sisa empedu dan kolesterol, yang mengendap untuk membentuk kristal empedu. Seiring waktu, batu empedu dapat menyumbat saluran empedu dan menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Makan kacang tanah mungkin dapat mencegah penyakit batu empedu dengan menurunkan kadar kolesterol darah. Untuk hasil yang lebih baik, gabungkan dengan diet tinggi serat dan batasi asupan makanan tinggi lemak jahat.

5. Menurunkan kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang tanah berpotensi mengurangi jumlah low-density lipoprotein (LDL), yaitu kolesterol "jahat" yang dapat membentuk plak di pembuluh darah. Ini adalah penyebab utama penyakit jantung koroner.

Lemak sehat ini juga menyehatkan sel-sel tubuh dan memberi tubuh Anda pasokan vitamin E. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang melindungi jaringan tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Membantu mengontrol gula darah

Kacang dan kacang-kacangan sejenisnya bisa menjadi pilihan camilan bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Artinya, makanan ini tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat.

Serat dalam kacang tanah juga memperlambat pergerakan makanan di saluran pencernaan, sementara protein membutuhkan lebih banyak energi untuk memecah. Keduanya memungkinkan tubuh Anda untuk melepaskan energi dan glukosa dengan cara yang stabil.

Jangan berlebihan makan kacang

Kacang tanah kaya akan manfaat dan kandungan nutrisi, tetapi Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Alasan untuk ini adalah bahwa beberapa zat dalam kacang tanah dapat memiliki efek negatif berikut ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Reaksi alergi, baik karena konsumsi kacang mentah atau olahan. Dalam beberapa kasus, alergi kacang yang parah dapat menyebabkan kematian.

Menghambat penyerapan zat besi dan seng karena pengaruh asam fitat pada kacang tanah.

Keracunan aflatoksin oleh jamur Aspergillus flavus, yang tumbuh pada kacang tanah. Keracunan parah dapat menyebabkan gagal hati dan bahkan kanker.

Kacang tanah adalah makanan yang kaya energi, nutrisi dan senyawa fitokimia. Manfaat makan kacang tanah juga beragam, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda dapat menuai manfaat kacang dengan menambahkannya ke dalam diet mingguan, baik dalam bentuk segar atau olahan. Namun, konsumsilah dalam jumlah yang tepat untuk menghindari alergi dan efek lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel