6 Tips Membuat Anggaran Bulanan agar Lebih Mudah dan Termanajemen

Tips Membuat Anggaran Bulanan agar Lebih Mudah dan Termanajemen - Apakah Anda ingin membuat spreadsheet anggaran pribadi atau hanya mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan uang, mulailah dengan enam langkah ini. Bahkan jika Anda tidak menggunakan spreadsheet anggaran, Anda mungkin perlu beberapa cara untuk menentukan ke mana uang Anda akan pergi setiap bulan. 

Tips Membuat Anggaran Bulanan agar Lebih Mudah

Tips Membuat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran dengan template dapat membantu Anda merasa lebih mengendalikan keuangan Anda dan membiarkan Anda menghemat uang untuk tujuan Anda. Caranya adalah dengan mencari cara untuk melacak keuangan Anda yang bekerja untuk Anda. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda membuat anggarannya.

1. Perhatikan Laba Bersih Anda

Langkah pertama dalam membuat anggaran adalah mengidentifikasi jumlah uang yang masuk. Perlu diingat, bagaimanapun juga bahwa mudah untuk melebih-lebihkan apa yang Anda mampu jika Anda menganggap total gaji Anda sebagai apa yang harus Anda belanjakan. Ingatlah untuk mengurangi pengurangan Anda untuk Jaminan Sosial, pajak, alokasi akun pengeluaran lainnya dan fleksibel saat membuat lembar kerja anggaran. Pembayaran take-home terakhir Anda disebut laba bersih, dan itulah jumlah yang harus Anda gunakan saat membuat anggaran.

Jika Anda bekerja freelance atau paruh waktu, kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk mengelola pendapatan yang tidak teratur.

Tips: Jika Anda memiliki hobi atau bakat, Anda mungkin dapat menemukan cara untuk menambah penghasilan Anda. Memiliki sumber penghasilan tambahan juga dapat membantu jika Anda kehilangan pekerjaan Anda.

2. Lacak Pengeluaran Anda

Sangat membantu untuk melacak dan mengkategorikan pengeluaran Anda sehingga Anda tahu di mana Anda dapat melakukan penyesuaian. Melakukan hal itu akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang paling Banyak Anda habiskan uang dan di mana mungkin paling mudah untuk mengurangi.

Mulailah dengan mencantumkan semua pengeluaran tetap Anda. Seperti halnya tagihan bulanan reguler berupa sewa atau asuransi, utilitas atau pembayaran mobil. Tidak mungkin Anda akan dapat mengurangi ini, tetapi mengetahui berapa banyak pendapatan bulanan Anda yang mereka ambil dapat membantu.

Selanjutnya daftar semua biaya variabel Anda - yang dapat berubah dari bulan ke bulan seperti bahan makanan, gas dan hiburan. Ini adalah area di mana Anda mungkin menemukan peluang untuk mengurangi. Kartu kredit dan laporan bank adalah tempat yang baik untuk memulai karena mereka sering merinci atau mengkategorikan pengeluaran bulanan Anda.

Tips: Catat pengeluaran harian Anda dengan apa pun yang berguna ke dalam kertas, aplikasi, atau ponsel cerdas Anda. 

3. Tetapkan Tujuan Anda

Sebelum Anda mulai memilah-milah informasi yang telah Anda lacak, buatlah daftar semua tujuan keuangan yang ingin Anda capai dalam jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek harus memakan waktu tidak lebih dari satu tahun untuk dicapai. Tujuan jangka panjang, seperti menabung untuk masa pensiun atau pendidikan anak Anda, mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dicapai. 

Ingat, tujuan Anda tidak harus ditetapkan dalam satu hal, tetapi mengidentifikasi prioritas Anda sebelum Anda mulai merencanakan anggaran tentu ini akan membantu. Misalnya, mungkin lebih mudah untuk memotong pengeluaran jika Anda tahu tujuan jangka pendek Anda adalah mengurangi utang kartu kredit dan hal lainnya.

4. Buat Rencana

Gunakan variabel dan biaya tetap yang Anda susun untuk membantu Anda memahami apa yang akan Anda belanjakan dalam beberapa bulan mendatang. Dengan biaya tetap Anda, Anda dapat memprediksi dengan cukup akurat berapa banyak yang harus Anda anggarkan. Gunakan kebiasaan belanja masa lalu Anda sebagai panduan ketika mencoba memprediksi pengeluaran variabel Anda.

Anda mungkin memilih untuk memecah pengeluaran Anda lebih jauh, antara hal-hal yang perlu Anda miliki dan hal-hal yang ingin Anda miliki. Misalnya, jika Anda mengemudi untuk bekerja setiap hari, bensin mungkin dianggap sebagai kebutuhan. Langganan musik bulanan, bagaimanapun, dapat dihitung sebagai keinginan. Perbedaan ini menjadi penting ketika saatnya untuk melakukan penyesuaian tersebut.

5. Sesuaikan Kebiasaan Anda jika Perlu

Setelah Anda melakukan semua hal diatas, Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan anggaran Anda. Setelah mendokumentasikan pendapatan dan pengeluaran Anda, Anda dapat mulai melihat di mana Anda memiliki uang yang tersisa atau di mana Anda dapat mengurangi sehingga Anda memiliki uang untuk dimasukkan ke dalam tujuan Anda.

Biaya yang ingin dimiliki adalah area pertama yang mencari pemotongan pengeluaran. Bisakah Anda melewatkan malam film demi film di rumah? Coba sesuaikan angka yang telah Anda lacak untuk melihat berapa banyak uang yang membebaskan. Jika Anda sudah menyesuaikan pengeluaran Anda untuk keinginan, evaluasi pengeluaran Anda untuk kebutuhan. Anda mungkin perlu internet di rumah, tetapi apakah Anda membutuhkan yang tercepat yang tersedia?

Terakhir, jika angka-angka masih tidak bertambah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan pengeluaran tetap Anda. Melakukan hal itu akan jauh lebih sulit dan membutuhkan disiplin yang lebih besar, tetapi pada pemeriksaan ketat "kebutuhan" mungkin hanya "sulit untuk berpisah." Keputusan seperti itu datang dengan trade-off besar, jadi pastikan Anda hati-hati menentukan pilihan Anda.

Tips: Tabungan kecil dapat menambahkan hingga banyak uang, jadi jangan mengabaikan hal-hal kecil. Anda mungkin akan terkejut melihat berapa banyak uang tambahan yang Anda kumpulkan dengan membuat satu penyesuaian kecil pada satu waktu.

6 . Terus Check-in

Sangat penting bahwa Anda meninjau anggaran Anda secara teratur untuk memastikan Anda tetap di jalur. Anda juga dapat membandingkan pengeluaran bulanan Anda dengan orang-orang yang mirip dengan Anda. Beberapa elemen anggaran Anda diatur dalam satu hal, Anda mungkin mendapatkan kenaikan gaji, pengeluaran Anda dapat meningkat atau Anda mungkin telah mencapai tujuan Anda dan ingin merencanakan yang baru. Apa pun alasannya, terus periksa dengan anggaran Anda mengikuti langkah-langkah di atas.

Akhir Kata

Nah, itulah 6 Tips Membuat Anggaran Bulanan agar Lebih Mudah dan Termanajemen yang dapat kami sajikan, semoga bisa membantu Anda semua dalam hal pengelolaan keuangan bulanan ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Kode Cheta GTA Terbaru 2022