6 Tips Untuk Menyimpan Uang dalam Kehidupan Anda Sehari-hari

Tips Untuk Menyimpan Uang dalam Kehidupan Anda Sehari-hari. - Menyimpan uang tidak harus menjadi permainan sebuah angka. Siapa pun dapat mennyimpan uangnya dengan perencanaan dan disiplin yang tepat. Jadikan menabung sebagai prioritas setiap hari untuk mengamankan masa depan keuangan Anda. Ikuti tips pengelolaan uang ini dalam kehidupan sehari-hari agar Anda dapat melihat hasilnya dan uang abungan Anda menjadi bertambah.

Tips Menyimpan Uang dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips Menyimpan Uang dalam Kehidupan Sehari-hari

Sangat mudah untuk mengghabiskan gaji Anda jika tidak ada rencana atau alasan untuk menahan pengeluaran Anda. Evaluasi pengeluaran Anda sebelum membangun anggaran. Dokumentasikan apa yang Anda beli, di mana, dan di mana kategori pengeluaran selama 30 hari untuk mengukur kebiasaan belanja Anda. Pendekatan ini akan memastikan bahwa anggaran Anda berakar pada kenyataan bukan hanya sebuah tebak-tebakan.

Membangun Sistem Manajemen Uang

Tetapkan anggaran bulanan. Gunakan spreadsheet anggaran, perangkat lunak, atau pena dan kertas folio untuk merencanakan setoran masuk dan pengeluaran keluar. Setelah Anda menetapkan anggaran, latih diri Anda dan disiplin dalam pengeluaran, beli sesuatu yang diperlukan saja.

Lacak pengeluaran Anda secara berkelanjutan. Jadwalkan waktu dan hari setiap minggu untuk membandingkan pengeluaran Aktual Anda terhadap anggaran Anda untuk menghindari pengeluaran berlebihan, dan sadari peluang untuk menyimpan setoran ke tabungan masuk dengan bertambah.

Bayar biaya sehari-hari dengan uang tunai. Evaluasi anggaran Anda, dan tentukan kategori pengeluaran yang dapat Anda rangkum, sebaiknya beralih ke pembayaran hanya tunai (misalnya, hiburan atau makan). Sementara pembayaran kartu kredit ini akan dapat menggoda Anda untuk melakukan pembelian secara impuls atau tidak sadar. Dengan uang tunai nantinya akan lebih membantu Anda tetap berpegang pada anggaran Anda, karena Anda tidak dapat menghabiskan uang yang Anda miliki tersebut.

Anda dapat menggunakan kartu debit sebagai pengganti anggaran hanya uang tunai. Jika Anda menyimpan jumlah cukup rendah pada kartu kredit sehingga Anda tidak dapat mengeluarkan terlalu banyak uang.

1. Ubah Pola Pikir Anda Tentang Uang

Bahkan dengan anggaran yang tidak bertambah, Anda tetap bertanggung jawab untuk menerapkan kebiasaan berpikir buruk tentang uang. Jika Anda ingin mengubah kebiasaan pengeluaran sehari-hari Anda. Kiat menabung ini dapat membantu Anda mengganti perilaku pengeluaran negatif dengan yang positif.

Jangan memainkan permainan perbandingan. Berhenti "bersaing dengan A" atau dengan orang lain. Biarkan anggaran Anda sendiri memandu pengeluaran dan kebiasaan menabung Anda.

Cobalah untuk mengekang pengeluaran emosional. Hindari godaan untuk membeli sendiri "memperlakukan" ketika Anda terbawa suasana. Ketika perasaan ingin membeli itu muncul, arahkan ke perilaku positif lainnya yang tidak memerlukan pengeluaran uang, seperti menelepon teman atau berolahraga.

Menunda ajakan orang lain. Ketika Anda mendapatkan dorongan untuk melakukan pembelian banyak barang, evaluasi apakah Anda membutuhkan atau hanya menginginkan barang tersebut. Jika Anda menentukan bahwa Anda membutuhkannya, tunggu satu hari penuh sebelum membelinya untuk melihat apakah barang yang dimaksud masih menarik bagi Anda.

Jangan membeli sesuai dengan tren. Sebaliknya, beli apa yang berarti bagi Anda daripada item mode dengan harga tertinggi; Anda akan lebih cerdas tentang pengeluaran Anda, yang dapat menghemat lebih banyak uang setiap hari.

2. Bayar Utang Anda

Apakah itu saldo kartu kredit setinggi langit atau pinjaman bank, utang dapat memakan cadangan uang tunai Anda dan membuatnya lebih sulit untuk mengikuti pengeluaran sehari-hari dan menabung. Kiat manajemen utang ini mendorong Anda untuk melunasi apa yang Anda berutang sehingga Anda dapat menyimpan lebih banyak dari apa yang Anda hasilkan.

Bayar hutang secepat mungkin. Kebiasaan ini dapat menghemat ratusan atau bahkan ribuan ribu dalam bunga dari waktu ke waktu.

Konsultasikan dengan kreditur. Jika Anda berada dalam utang kartu kredit, hubungi kreditor Anda dan tanyakan kepada mereka apakah mereka dapat menurunkan APR (suku bunga) Anda.

Bayar sisa utang Anda menggunakan metode longsoran salju. Pendekatan ini melibatkan pembayaran minimum pada setiap akun dan kemudian mengambil dana yang tersisa dan membayar ekstra pada akun dengan tingkat bunga tertinggi. Utang berbunga tinggi secara substansial dapat memakan uang belanja sehari-hari Anda, jadi bijaksana untuk melunasinya dengan cepat. Perasaan pencapaian yang akan Anda dapatkan dari melunasi satu utang dapat memotivasi Anda untuk membuat kemajuan pada utang lainnya.

Tetapkan tenggat waktu pembayaran utang. Memetakan tujuan pembayaran utang Anda dengan jumlah dan garis waktu dapat membantu Anda melacak kemajuan Anda, tetap bertanggung jawab untuk benar-benar melunasi utang, dan memvisualisasikan seberapa baik rasanya melakukan pembayaran utang akhir itu.

Pertimbangkan untuk membiayai kembali pinjaman rumah Anda. Jika Anda memiliki rumah, cobalah untuk menurunkan pembayaran bulanan Anda dengan membayar kembali asuransi Anda dengan suku bunga yang lebih rendah.

3. Kurangi Pengeluaran Sehari-hari diluar Kebutuhan

Ada banyak tugas yang mungkin Anda lakukan sekarang, tetapi Anda dapat melakukannya sendiri untuk mengurangi biaya hidup. Ikuti tips ini untuk menghemat uang untuk pengeluaran sehari-hari:

  • Kurangi atau hilangkan makan di luar. Lakukan kebiasaan memasak makanan di rumah dan ini akan dapat dengan mudah menghemat pengeluaran bulanan.
  • Siapkan kopi di rumah. Menyeduh kopi di rumah daripada membeli secangkir kopi 50 ribu di Caffe.
  • Lakukan perawatan pribadi Anda sendiri. Anda akan menghemat sedikit setiap bulan jika Anda melewatkan perjalanan ke salon terdekat untuk memotong rambut Anda oleh stylist atau kuku Anda dilakukan oleh seorang manicurist, dan melakukannya sendiri (atau dengan bantuan anggota keluarga atau teman). 
  • Bersihkan mobil Anda di rumah dan lakukan sendiri, jika sebelumnya Anda membawanya ke tempat cuci mobil spesialis.
  • Hindari pembersih kering profesional. Anda dapat menghemat  pengeluaran bulanan dalam biaya dry-cleaning jika Anda beralih mengenakan kemeja bebas kerut yang dapat dicuci dengan mesin.

4. Sesuaikan Kebiasaan Belanja Anda

Dari bahan makanan hingga bensin, beberapa pembelian tidak dapat dihindari. Untungnya, Anda dapat menghemat uang untuk pengeluaran sehari-hari dengan menggunakan tips ini:

  • Beli dalam jumlah besar. Beli bahan makanan Anda dalam jumlah besar di toko grosir, termasuk keripik atau roti. Siapkan rencana belanja makanan seminggu sekali sehingga Anda hanya membeli apa yang Anda butuhkan.
  • Berbelanja barang bekas layak pakai untuk barang-barang yang Anda butuhkan.
  • Beli lebih sedikit saja, ketika Anda membeli di toko ritel, membeli lebih sedikit barang, dan fokus pada pembelian barang-barang berkualitas lebih tinggi. Anda akan menemukan dari waktu ke waktu bahwa barang-barang berkualitas sebenarnya lebih murah per penggunaan daripada barang-barang dengan harga lebih rendah, karena mereka bertahan lebih lama dan sering memiliki desain klasik yang tidak ketinggalan zaman.
  • Bandingkan harga. Cari harga online sebelum membeli sesuatu di toko untuk menentukan apakah toko lain menjual barang yang sama dengan harga lebih rendah. Saat berbelanja online, selalu periksa dan gunakan kode kupon.
  • Pinjam alih-alih membeli. Barang-barang yang tidak perlu Anda nikmati dapat dipinjam dari teman atau sumber daya lingkungan. Misalnya, Anda dapat menggunakan perpustakaan alih-alih toko buku untuk mengambil buku terbaru.
  • Kelompokkan tugas Anda yang nantinya akan di selesaikan ke dalam satu perjalanan panjang per minggu memungkinkan Anda untuk menghemat biaya bahan bakar.

5. Mengurangi Biaya Berulang

Layanan yang sedang berlangsung seperti layanan seluler atau utilitas sering menagih Anda berdasarkan fitur yang Anda pilih atau penggunaan Anda, sehingga mereka dapat dengan cepat meletakkan penyok di dompet Anda tanpa Sepengetahuan Anda. Gunakan tips penghematan uang harian ini untuk meminimalkan pengeluaran berulang ini:

  • Anda dapat membatalkan paket TV kabel / satelit Anda. Anda dapat menyimpan bundel setiap bulan dengan beralih dari paket kabel 500 saluran Anda saat ini ke penyedia konten streaming, seperti Netflix, Amazon Prime. Jika Anda belum siap untuk memotong TV kabel, pertimbangkan untuk beralih ke paket kabel dengan saluran yang lebih sedikit.
  • Kurangi menit atau data ponsel. Jika Anda menggunakan paket ponsel prabayar, ubah ke paket dengan jumlah menit terendah yang Anda butuhkan. Jika Anda berada di paket pascabayar, skala kembali pada jumlah data. Atur pengingat kalender otomatis di ponsel Anda untuk memeriksa menit atau penggunaan data Anda beberapa hari sebelum tagihan jatuh tempo. Dengan begitu, Anda dapat meminimalkan penggunaan Jika diperlukan dan menghindari biaya pengeluaran yang besar.
  • Tanam pohon di sekitar rumah untuk mengurangi tagihan pendingin AC. Tanam pohon-pohon yang memberi naungan di sekeliling rumah Anda untuk menghemat biaya AC selama musim panas.
  • Colokkan peralatan ke dalam strip daya. Balikkan strip dimatikan setiap kali Anda tidak menggunakan salah satu peralatan tersebut. Anda akan menghemat biaya "energi hantu," yang merupakan menguras energi yang lambat yang berasal dari menjaga hal-hal tetap terhubung.
  • Pertimbangkan kembali keanggotaan gym itu. Bergabunglah dengan gym hanya jika Anda akan menggunakan keanggotaan Anda secara teratur. Ada peluang kebugaran gratis tanpa akhir, termasuk berlari, berjalan, dan bersepeda di taman lokal Anda.
  • Dapatkan biaya rekening bank dibebaskan. Bank tradisional mengenakan biaya pemeliharaan akun bulanan, yang dapat menurunkan saldo Anda dengan jumlah kecil dari waktu ke waktu. Namun, biaya ini sering dapat dibebaskan dengan memenuhi saldo akun minimum tertentu atau setoran bulanan minimum. Periksa jadwal biaya sehingga Anda dapat menentukan cara membebaskan biaya denda.

6. Menghemat Uang di Masa Depan

Apakah itu membeli mobil atau memutuskan menabung di bank tertetntu, keputusan keuangan besar yang Anda buat hari ini sering dapat mempengaruhi dompet Anda selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Ikuti tips penghematan uang ini untuk membuat pilihan yang lebih terinformasi dengan baik tentang ke mana penghasilan Anda pergi:

  • Online untuk menghabiskan lebih sedikit untuk liburan. Gunakan Airbnb atau situs penyewaan penginapan lainnya untuk menemukan penyewaan liburan dengan uang lebih sedikit daripada akomodasi hotel tradisional.
  • Beli kendaraan yang lebih hemat bahan bakar. Meskipun penghematan bahan bakar akan membantu Anda memulihkan apa yang Anda bayar untuk mobil dari waktu ke waktu, Anda juga dapat menjual atau memperdagangkan guzzler gas Anda untuk segera menutup sebagian dari biaya. Jika Anda tinggal di daerah dengan angkutan umum yang baik, bepergian dengan kereta bawah tanah atau bus, atau mempertimbangkan untuk menjadi keluarga satu mobil.
  • Simpan dokumentasi alat. Jika Anda membeli alat baru, simpan sertifikat garansi, atau setidaknya, tanda terima, dalam amplop atau folder file yang diatur oleh toko atau bulan demi bulan. Jika ada yang rusak, Anda akan memiliki bukti bahwa alat Anda masih dalam garansi, yang dapat menghemat ratusan atau ribuan biaya perbaikan.
  • Pilih rekening bank dengan biaya penyimpanan yang tidak terlalu tinggi. Rekening tabungan bank atau CD Anda harus membayar bunga yang layak sehingga uang di akun Anda menghasilkan lebih banyak sepanjang tahun. Bank online cenderung menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada bank bata-dan-mortir. Bunga itu penting, karena mewakili uang gratis yang tumbuh di akun Anda saat Anda tidur, memungkinkan Anda untuk memenuhi tujuan keuangan Anda lebih cepat. Namun pilih yang Syariah ya agar uangnya berkah.

Akhir Kata

Nah itulah 6 Tips Untuk Menyimpan Uang dalam Kehidupan Anda Sehari-hari. Semoga dengan adanya tips tersebut dapat memberikan pemahaman dan referensi tentang cara untuk menyimpan uang dengan tepat di kehidupan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel