Mekanisme Pernapasan Pada Manusia, Penjelasan Lengkap !

Mekanisme Pernapasan Pada Manusia adalah proses pernapasan yang meliputi proses pengambilan udara dari luar tubuh (inspirasi) dan proses pengeluaran udara dari dalam tubuh (ekspirasi). Proses inspirasi dan ekspirasi berlangsung karena adanya kegiatan otot-otot diafragma dan otot-otot antartulang rusuk (interkostalis). Pada fase inspirasi diafragma dan otot dada berkontraksi, rongga dada membesar, paru-paru mengembang, dan udara masuk.


Mekanisme Pernapasan Pada Manusia



Mekanisme Pernapasan Pada Manusia

Pada fase ekspirasi diafragma dan otot dada relaksasi/istirahat, rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, udara keluar dari paru-paru. Berdasarkan bagian tubuh yang mengatur kembang kempisnya paru, pernapasan dibedakan menjadi dua, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.


1. Pernapasan Dada


Pernapasan dada dimulai dengan berkontraksinya otot-otot antar tulang rusuk yang menyebabkan tulang-tulang rusuk terangkat dan rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada menyebabkan tekanan udara didalam paru-paru menurun., sehingga udara diluar masuk ke paru-paru (inspirasi). Apabila otot-otot antartulang rusuk berelaksasi, tulang-tulang rusuk menurun sehingga volume rongga dada mengecil. Akibatnya, tekanan udara dalam paru-paru naik dan udara keluar dari paru-paru (ekspirasi).


2. Pernapasan Perut


Pernapasan perut dimulai dari berkontraksinya otot-otot diafragma yang menyebabkan diafragma mendatar. Dengan demikian, rongga dada membesar dan tekanan udara di dalam paru-paru menurun, sehingga udara keluar masuk ke dalam paru-paru (inspirasi). Apabila otot-otot diafragma berelaksasi, kedudukan diafragma melengkung ke atas. Akibatnya rongga dada mengecil dan tekanan udara di dalam paru-paru membesar, sehingga udara keluar dari paru-paru (ekspirasi).

Penutup

Nah, itulah uraian dari Mekanisme Pernapasan pada manusia. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian. Sekian dari kami, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close