Pengertian Olahraga, Jenis dan Contohnya

Pengertian olahraga – Olahraga berasal dari dua kata dasar yaitu olah dan raga. Olah adalah suatu proses kegitan dan raga adalah tubuh. Jadi, olahraga dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan menggerakan sebagaian tubuh hingga seluruh tubuh baik untuk kesehatan ataupun hiburan. 


Olahraga, Jenis dan Contohnya 


Olahraga merupakan aktivitas menjaga kesehatan jasmani maupun rohani dalam bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstuktur dengan melibatkan gerakan tubuh secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan demikian, metabolisme tubuh manusia dapat berjalan lancar dan penyerapan serta distribusi nutrisi dapat bekerja dengan baik. 


Pengertian Olahraga, Jenis dan Contohnya

Olahraga sangat baik dilakukan oleh semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Olahraga juga tidak terbatas pada kalangan tertentu. Berolahraga sangat banyak manfaatnya, apalagi jika dilakukan secara teratur.  Memberikan peluang yang sangat besar untuk terhindar dari berbagai macam penyakit seperti sakit persendian, struk dan penyakit dalam lainnya. 

Menurut seorang ahli pakar ilmu, Edward olahraga harus dilakukan dengan aktivitas spontan sesuai dengan konsep atau materi yang diterapkannya, bisa dilakukan dengan cara sport khusus maupun dengan cara bermain games. Yang dimaksud dengan aktivitas spontan berdasarkan Dewan Olahraga Eropa adalah aktivitas yang dilakukan secara bebas. Agar lebih paham tentang definisi olahraga kita bisa merujuk pendapat beberapa ahli lain diantaranya: 

Menurut Kathryn Marsden, olahraga adalah suatu kegiatan yang dapat mengurangi stress dan salah satu cara yang paling mudah dilakukan oleh manusia dimanapun dan kapanpun dengan biaya yang terjangkau. 

Seno Gumira Ajidarma menyatakan olahraga merupakan suatu kegiatan yang menyehatkan tubuh dan bagi sebagian orang dijadikan sebagai kompetisi untuk menyalurkan bakat di bidang olahraga. 

Menurut Hans Tandra mendefinisikan olehraga sebagai suatu gerakan tubuh yang mempunyai irama yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan imunitas tubuh manusia.  

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa olahraga merupakan upaya seseorang untuk menjaga kesehatannya. Perlu dipahami oleh kita semua, pada dasarnya bahwa kesehatan kita tidak hanya bergantung dengan olahraga semata melainkan pada pola makan dan kebiasaan hidup sehari-hari memberikan peran yang dominan. 

Dengan berolahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik saja, melainkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak manusia juga loh, sehingga kinerja otak manusia dapat berkerja lebih maksimal dengan berolahraga secara rutin. Olahraga juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan melancarkan peredaran darah. 

Ada pula bagi sebagaian orang, melakukan aktivitas olahraga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatannya saja. Banyak dari mereka yang melakukan itu untuk menyalurkan hobi atau bakat. Hobi olahraga dijadikan sebagai sarana untuk mengurangi stress akibat rutinitas yang padat. Atau sebagai upaya untuk menurunkan berat badan/diet, bisa juga untuk membentuk otot tubuh. 

Oleh karena itu, seharusnya olahraga menjadi hal yang wajib dilakukan. Ada waktu khusus yang kita persiapkan untuk digunakan berolahraga. 

Tidak perlu bingung untuk memilih jenis olahraga yang bisa kita lakukan, karena ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dipilih untuk menjaga kebugaran tubuh atau juga sebagai pilihan hobi. 

Secara global, jenis olahraga terbagai menjadi 2 jenis, yaitu: 


Olahraga Tradisional 


Mari kita mulai dengan mengenal olahraga tradisional terlebih dahulu, karena sejak zaman nenek moyang kita sudah diperkenalkan dengan olahraga. Olahraga tradisional biasanya permainan asli rakyat ditiap-tiap daerah sebagai aset budaya bangsa yang cirinya mempunyai aktivitas olah fisik secara tradisional. Dikenal berbeda-beda nama disetiap daerah sesuai dengan ciri khasnya. Meskipun popularitas olahraga tradisional jauh tertinggal pada zaman sekarang ini, banyak anak zaman now yang tidak mengetahui, namun sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang melakukan kegiatan olahraga tradisional ini. Contohnya sebagai berikut: 
  1. Lari/Joging 
  2. Pencak Silat 
  3. Main banteng 
  4. Galah asin 
  5. Kelereng 
  6. Karapan Sapi 
  7. Sepak Takraw
  8. Perahu naga 
  9. Dan lain-lain 

Olahraga Modern 


Pengertian olahraga modern adalah olahraga yang sudah dimodifikasi sesuai dengan perkembangan di dunia modern. Segala bentuk atau jenis kegiatan yang dapat mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmani dan rohani seseorang dengan proses sistematik, baik itu dilakukan secara perorangan atau dalam bentuk kelompok permainan, perlombaan, atau pertandingan olahraga. 

Contohnya banyak sekali cabang olahraga modern sekarang ini, di antaranya : 

  1. Sepak Bola 
  2. Bulu Tangkis 
  3. Atletik 
  4. Futsal 
  5. Dayung
  6. Volly 
  7. Basket 
  8. Renang 
  9. Senam 
  10. Berkuda 
  11. Tinju 
  12. Wushu 
  13. Teakwondo 
  14. Karate 
  15. Tenis 
  16. Balap mobil, motor, sepeda
  17. Sky Air 
  18. Menembak 
  19. Panahan 
  20. Loncat 
  21. Angkat besi 
  22. Dan masih banyak lagi 
Jika diklasifikan secara lebih rinci lagi, ada banyak macam-macam cabang olahraga yang wajib kamu ketahui. 

  • Cabang Olahraga Bola, maksudnya segala jenis olahraga yang aktivitasnya berhubungan dengan bola. Contohnya seperti Sepak Bola, Basket, volly, bulu tangkis 

  • Cabang Olahraga Akuatik, Segala aktivitas yang dilakukan berhubungan dengan air. Seperti renang, renang indah, polo air, loncat indah, arum jeram, dayung 

  • Cabang Olahraga Atletik,  salah satu cabang olahraga yang bisa dipertandingkan memiliki tingkat fokus yang cukup tinggi. Contohnya seperti tolak peluru, lempar lembing, lompat tinggi, lompat jauh, lari hingga jalan. 

  • Cabang Olahraga Bela diri, seperti tinju, judo, karate, silat, teakondo, wushu dan lain-lain. 
  • Cabang Olahraga berkuda 
  • Cabang Olahraga panahan 
  • Cabang Olahraga Senam 
  • Dsb. 
Sekian penjelasan mengenai definisi olahraga dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini memberikan semangat kita untuk rutin berolahraga dengan berbagai opsi jenis pilihan olahraga yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel