5 Asupan Wajib Bumil di Trimester Pertama yang Wajib di Ketahui!

Asupan Wajib Bumil di Trimester Pertama yang Wajib di Ketahui!ma - Beberapa wanita memulai kehamilan tanpa persiapan yang tepat. Salah satunya adalah hamil dengan keadaan kekurangan gizi tentu ini perlu diperhatikan dan penting bagi kesehatan selama kehamilan. Elizabeth Somer, MA, RD, seorang ahli gizi terkemuka di Amerika Serikat dan penulis Nutrition for a Healthy Pregnancy, mengatakan, "Tidak pernah dalam kehidupan seorang wanita dia begitu peduli tentang nutrisi (untuk tubuhnya) seperti ketika dia hamil dan menyusui."

Asupan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Asupan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Penelitian juga menunjukkan bahwa bersama dengan kebiasaan sehat lainnya selama kehamilan, diet sehat mempengaruhi kesehatan anak saat lahir dan sebagainya. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup ibu (termasuk diet) terkait dengan kemungkinan bayi menderita berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Itulah sebabnya konsumsi asupan bergizi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, sangat penting. Mengapa begitu? Dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG, MSc., menjelaskan: "Trimester pertama adalah momen terpenting dalam kehidupan janin, karena saat ini organ janin mulai terbentuk, terutama pada 8 minggu pertama kehamilan. Berbagai kebutuhan dasar sangat dibutuhkan, terutama untuk mendukung perkembangan organ-organ tersebut."

Menerapkan diet seimbang dan bervariasi

Menurut Dr. Ivander, persyaratan makro dan mikronutrien yang dibutuhkan pada trimester pertama sebenarnya dapat dipenuhi dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Namun, hampir bisa dipastikan tidak akan terpenuhi jika ibu hamil hanya mengonsumsi 1 atau 2 jenis makanan tertentu yang hanya dianggap sehat. Atau dalam jumlah besar, tetapi tidak bervariasi. "Dengan pola makan yang seimbang dan bervariasi, kebutuhan ini terpenuhi tanpa perlu mengonsumsi berbagai suplemen tambahan," kata dokter kandungan dan dokter kandungan yang berpraktik di RSIA Bunda Jakarta ini.

Ivander menambahkan bahwa pada prinsipnya, kebutuhan makan selama kehamilan harus dipenuhi dengan prinsip diet yang sehat dan bervariasi. "Hindari mengonsumsi makanan yang semuanya, seperti makan alpukat terus menerus, karena dianggap baik dan sehat. Suplemen dasar untuk ibu hamil, seperti asam folat pada trimester pertama dan penunjang lainnya, yaitu kalsium dan zat besi, belum diberikan untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan," jelasnya lagi. Apa yang harus dikonsumsi selama trimester pertama?

Lima nutrisi penting pada trimester pertama kehamilan

1. Besi

Sekitar 50% ibu hamil di Indonesia mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Zat besi adalah jenis makanan yang perlu dikonsumsi, terutama ketika ibu hamil jelas berisiko kekurangan zat besi. Ini karena bayi yang lahir dari ibu dengan kekurangan zat besi berisiko mengalami anemia saat lahir. Kondisi ini disebut anemia neonatorum. Zat besi dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau pekat seperti bayam, brokoli, dan lentil.

2. Asam folat

Asam folat adalah bentuk suplemen yang harus dikonsumsi selama kehamilan, bahkan sebelum kehamilan. Menurut Dr. Ivander, konsumsi asam folat ditujukan untuk menurunkan risiko tengkorak dan cacat tulang belakang. Kekurangan zat ini juga berdampak pada perkembangan anemia megaloblastik pada ibu. Anemia megaloblastik sendiri adalah anemia yang disebabkan oleh kelainan dalam pembentukan DNA dari sel darah merah. Pada trimester pertama ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti kacang-kacangan, pisang, dan alpukat.

3. Minyak ikan

Minyak ikan juga merupakan jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama. Kandungan AA/DHA dalam minyak ikan memberikan manfaat bagi perkembangan sel otak bayi di dalam kandungan.

4. Protein dan lemak

Protein dan lemak adalah makanan yang diperlukan selama kehamilan dan merupakan jenis makanan yang penting untuk pertumbuhan bayi dan sel-sel sarafnya. Pada prinsipnya, menurut Ivander, kebutuhan ini cukup terpenuhi ketika seorang earthling menjalani diet seimbang dan bervariasi.

Telur adalah jenis makanan yang dapat memberikan manfaat lengkap, karena telur merupakan sumber protein dan sekaligus menjadi sumber lemak baik. "Gunakan juga AA/DHA atau omega 3 untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kadar kolesterol jahat (LDL)," tambah Ivander.

5. Vitamin D

Vitamin ini adalah bentuk vitamin yang sering ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil dalam darah ibu. Padahal, vitamin D sangat dibutuhkan untuk penyerapan kalsium yang dikonsumsi oleh ibu dan bayi. Sumber vitamin D paling sederhana di Indonesia adalah sinar matahari. Tapi, Dr. Ivander juga menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi susu, keju, dan ikan yang kaya akan vitamin D.

Selain itu, biji-bijian, jamur, dan udang juga merupakan sumber vitamin D. "Terkadang dokter perlu memberikan tambahan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan tulang panjang bayi di dalam kandungan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin D dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi anak di kemudian hari. "

Akhir Kata

Begitulah 5 cara mengumpulkan beberapa informasi tentang asupan wajib untuk wanita hamil selama trimester pertama. Jaga kesehatan ibu dan bayi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, selain itu, di Tokopedia Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan berbagai vitamin dan suplemen makanan lainnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel