Pengertian Geografi Adalah: Definisi, Lingkup, Objek, & Cabangnya

Pengertian Geografi Adalah: Definisi, Lingkup, Objek, & Cabangnya - Apa yg dimaksud menggunakan geografi (geography)? Secara umum, pengertian geografi merupakan suatu bidang ilmu yg khusus memeriksa tentang lokasi dan persamaan & disparitas keruangan atas kenyataan fisik, & insan di atas bagian atas bumi. 

Pengertian Geografi

Pengertian Geografi

Pendapat lain mengatakan definisi geografi merupakan studi mengenai karakteristik-karakteristik fisik bumi & atmosfernya, dan kegiatan manusia yg mempengaruhi & dipengaruhi, termasuk distribusi populasi dan asal daya, penggunaan lahan, & industri. 

Secara etimologis, istilah “geografi” berasal berdasarkan bahasa Yunani, yaitu istilah “geo” yang artinyai bumi, dan “graphien” yg adalah pencitraan. Sehingga geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yg terdapat pada bagian atas bumi. 

Agar lebih memahami apa itu geografi, maka kita dapat merujuk dalam pendapat beberapa pakar berikut ini:

1. Preston E. James 

Menurut pendapat Preston E. James definisi geografi adalah induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai menurut keadaan muka bumi yg lalu beralih dalam studi ilmu pengetahuan masing-masing.

2. Claudius Ptolomaeus 

Menurut pendapat Claudius Ptolomaeus, definisi geografi merupakan suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh bagian atas bumi.

3. Frank Debenham 

Frank Debenham mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang bertugas buat mengadakan penafsiran tentang persebaran fakta, menemukan interaksi pada antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta mengungkapkan kekuatan hubungan antara manusia & alam.

4. Mustofa Bisri 

Menurut Mustofa Bisri, pengertian geografi merupakan suatu ilmu yg menguraikan tentang bagian atas bumi, iklim, penduduk, tumbuhan dan fauna, dan basil-basil yg masih ada di bumi.

5. Herioso Setiyono 

Menurut Herioso Setiyono, pengertian geografi merupakan suatu ilmu yg menyelidiki tentang hubungan timbal balikantara manusia dengan lingkungannya dan merujuk terhadap pola persebaran horisontal pada bagian atas bumi.

6. Ikatan Geografi Indonesia (IGI) 

Menurut IGI, definisi geografi adalah ilmu yg mengusut persamaan, & disparitas kenyataan geosfer menggunakan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan pada konteks keruangan. 

Secara garis akbar, geografi memiliki 3 ruang lingkup, yakni; fisik, sosial, dan regional. Adapun penerangan mengenai ketiga ruang lingkup geografi merupakan menjadi berikut: 

1. Geografi fisik

Geografi fisik merupakan cabang geografi yg menilik tentang kondisi fisik pada permukaan bumi, termasuk kenyataan atau peristiwa yang pernah terjadi pada bumi. Beberapa hal yang terdapat dalam ruang lingkup geografi fisik meliputi semua tanda-tanda yg terjadi di atmosfer (lapisan udara), pedosfer (lapisan tanah), litosfer (lapisan batuan), biosfer (lapisan kehidupan), hidrosfer (lapisan air), dan antroposfer (ruang angkasa), 

Geografi fisik jua mencakup keadaan yang terdapat pada lingkungan geosfer, contohnya iklim, relief, bentuk, & segala sesuatu yang menghipnotis kehidupan manusia (daratan, udara, dan air).

2. Geografi Sosial 

Geografi sosial adalah cabang geografi yang menyelidiki mengenai semua aktivitas manusia pada bumi dan kaitannya dengan lingkungan hidupnya. Beberapa yang termasuk dalam ruang lingkup sosial antara lain; budaya, ekonomi, teknologi, dan kehidupan sosial insan.

3. Geografi Regional 

Geografi regional adalah cabang geografi yang memeriksa mengenai hal-hal khusus yang terjadi pada suatu daerah (desa, kota, provinsi, dan negara). Selain itu, geografi regional pula mempelajari tentang hal spesifik dalam suatu wilayah, baik aspek sosial juga aspek fisik. 

Dalam geografi masih ada dua objek studi yg dipelajari. Adapun objek studi dari geografi yg dipelajari adalah sebagai berikut:

1. Objek Formal 

Objek formal merupakan objek studi dalam geografi yang berhubungan dengan fenomena keruangan. Untuk membahas tentang kenyataan keruangan maka dalam geografi seringkali dilakukan analisis lokasi, persebaran pada pada bumi, sebagai akibatnya acapkali ditemukan berbagai kenyataan lainnya yang saling berkaitan.

2. Objek Material 

Objek material merupakan objek studi geografi yg berbentuk material, yaitu kenyataan yg ada di bagian atas bumi (litosfer, atmosfer, pedosfer, biosfer, hidrosfer dan antroposfer). 

Cabang Ilmu Geografi

Secara umum geografi dibagi menjadi beberapa cabang. Mengacu pada pengertian geografi di atas, adapun beberapa cabang geografi merupakan sebagai berikut:

  1. Biogeografi, yaitu bidang ilmu yg mengusut mengenai disitribusi organisme di bagian atas bumi.
  2. Paleontologi, yaitu ilmu yang mengusut mengenai sejarah kehidupan pada bumi, termasuk kehidupan flora, hewan di jaman prasejarah yg sudah menjadi fosil.
  3. Hidrologi, yaitu ilmu pengetahuan yg menilik tentang distribusi, konvoi, daur, asal daya, dan kualitas air yg ada di semua bumi.
  4. Hidrogeologi, yaitu cabang berdasarkan hidrologi yang fokus menilik tentang pergerakan air pada dalam tanah & batuan pada kerak bumi.
  5. Oseanografi, yaitu ilmu pengetahuan yang mengusut seluruh hal yg berhubungan dengan lautan.
  6. Geologi, yaitu ilmu pengetahuan yang menilik mengenai bumi secara khusus, mulai menurut komposisi, struktut, sifat fisik, dan proses pembentuknya.
  7. Geokimia, yaitu ilmu pengetahuan yg mengusut mengenai komposisi kimia yg adalah bagian berdasarkan bumi.
  8. Geomorfologi, yaitu ilmu pengetahuan yang menilik tentang bentuk huma dan proses yg menyebabkan pembentukan lahan.
  9. Geofisika, yaitu ilmu pengetahuan yg mengusut mengenai bumi dalam kaitannya menggunakan prinsip-prinsik ekamatra.
  10. Mineralogi, yaitu ilmu pengetahuan yang memeriksa tentang mineral, mulai berdasarkan sifat kimia, struktur kristal & ekamatra berdasarkan mineral tersebut.
  11. Petrologi, yaitu cabang dari geologi yg fokus mengusut tentang batuan & syarat pembentukannya.Vulkanologi, yaitu ilmu yg mengusut mengenai gunung berapi, magma, lava, & kenyataan geologi yg bekerjasama.
  12. Demografi, yaitu ilmu pengetahuan yg mengusut mengenai penduduk, mulai dari komposisi penduduk hingga jumlah penduduk suatu daerah.
  13. Antropologi, yaitu ilmu yg menyelidiki tentang manusia, khususnya mengenai ciri-ciri, rona kulit, bentuk fisik, masyarakat, dan kebudayaan manusia.
  14. Astronomi, yaitu ilmu yg menilik tentang benda-beda langit pada luar atmosfer bumi. Misalnya bintang, bulan, matahari, & ruang angkasa.
  15. Geografi Matematik, yaitu cabang geografi yang herbi asumsi ukuran, bentuk, serta gerakan bumi.
  16. Geografi Historik, yaitu cabang geografi yg mempelajari tentang sejarah & perkembangan bumi.
  17. Geografi Regional, yaitu cabang geografi yang spesifik menyelidiki wilayah atau daerah tertentu pada bumi.
  18. Geografi Politik, yaitu cabang geografi yg secara khusus melakukan pengkajian mengenai syarat politik buat kepentingan negara secara geografis. 
  19. Akhir Kata

Itulah penerangan ringkas mengenai pengertian geografi, ruang lingkup, objek, serta keuntungannya. Semoga artikel ini berguna dan menambah wawasan engkau .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel