10 Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cari Tahu!

Manfaat batang pisang untuk kesehatan tubuh, yuk cari tahu! Manfaat batang pisang secara tak terduga terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Batang pisang termasuk bagian dalam pohon pisang, yang sering dianggap limbah karena tidak banyak orang menggunakannya. 

Manfaat Batang Pisang

Manfaat Batang Pisang

Berbeda dengan buah-buahan, daun dan jantung pisang, keberadaan batang pisang tidak tersebar luas. Bahkan, batang pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang baik. Dimulai dengan penggunaan sebagai rujak, keripik makanan ringan untuk dimasak sebagai sayuran bersama dengan santan dan rempah-rempah. 

Tidak hanya enak untuk dimakan, batang pisang ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Rasanya hampir semua bagian pohon pisang sebenarnya bisa digunakan alias untuk kesehatan tubuh, termasuk batang pisang. 

Menurut sebuah jurnal penelitian berjudul Nutritional Value of a Banana Stem (Musa paradisiaca Val), dijelaskan bahwa batang pisang mengandung banyak nutrisi lengkap. Mulai dari vitamin, kandungan protein yang tinggi hingga serat. 

Tak heran jika Anda bisa menemukan banyak manfaat batang pisang untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah: 

1. Mendetoks Sistem Pencernaan 

Keuntungan pertama dari batang pisang adalah bahwa mereka dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan. Hal ini karena batang pisang memiliki kandungan yang dapat mengeluarkan racun dan bakteri dari sistem pencernaan, yang sering menyebabkan sakit perut pada masalah perut lainnya. 

 Sistem pencernaan, yang dapat didetoksifikasi, meluas dari perut ke usus. Setelah sistem pencernaan didetoksifikasi dengan benar, buang air besar Anda mungkin juga lebih lancar. 

Bahkan, batang pisang tidak hanya dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan, tetapi juga mendetoksifikasi bagian organ lain dalam tubuh manusia seperti ginjal, hati, dll.

2. Membantu Mengobati Asam Lambung 

Bagi ibu yang mengalami asam lambung, cobalah makan batang pisang. Salah satu manfaat batang pisang adalah dapat membantu mengobati asam lambung. 

Batang dapat membantu mengatur kadar asam yang berlebihan di perut dan menebusnya. Dengan cara ini, orang dengan asam lambung merasa lebih dingin dan tidak kembung. Tangkai pisang yang paling banyak diolah untuk mengobati asam lambung adalah menjadikannya minuman jus agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan 

 Batang pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi ini, Anda kemudian bisa makan sebagai makanan untuk nutrisi atau makanan untuk menurunkan berat badan. 

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, perut tentu akan terasa kenyang lebih lama. Batang pisang tidak hanya kaya serat, tetapi juga kaya akan protein dan rendah lemak. Tentu saja, bahan-bahan ini sangat cocok untuk ibu yang sedang diet. 

Kandungan dalam batang pisang dapat membantu melepaskan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia. 

4. Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah 

Salah satu manfaat batang pisang adalah mereka dapat mengontrol tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh Anda. 

Pada batang pisang, ada kalium dan vitamin B6, yang dapat membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi menjadi lebih stabil. 

Ibu cukup minum jus pisang setiap hari untuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah agar tetap stabil.

5. Menstabilkan Kadar Gula Darah 

Keuntungan lain dari batang pisang adalah bahwa mereka dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Batang pisang memiliki kandungan glikemik rendah, yang, ketika dikonsumsi, membantu mencegah lonjakan kadar gula darah yang berlebihan. 

Ibu dapat mengkonsumsinya tepat sebelum makan besar, sehingga lonjakan gula darah dapat dicegah lebih awal. 

6. Membantu Mengobati Batu Ginjal 

Batang pisang juga dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit batu ginjal. Pada pisang, ada sifat diuretik yang mampu menghilangkan racun dan membersihkan saluran kemih. 

Untuk manfaat maksimal, sebaiknya campur batang pisang ini dengan kapulaga atau dengan percikan jeruk nipis. Hal ini dilakukan untuk mencegah pembentukan batu ginjal dan mengurangi ketidaknyamanan dari infeksi saluran kemih.

7. Menurunkan Demam Saat Nifas 

Batang pisang juga dapat membantu menurunkan demam selama nifas. Nifas sendiri adalah darah yang keluar dari rahim setelah lahir. 

Selama waktu ini, kebanyakan wanita mengalami demam. Untuk mengurangi demam, Anda bisa menggunakan batang pisang. Hal ini dapat digunakan sebagai jus atau makanan. 

Hal ini juga dapat digunakan sebagai kompres dengan menggosok batang pisang dan kemudian menempatkannya di dahi. 

8. Mengobati Cacar Air 

Selain itu, ada manfaat batang pisang yang dapat membantu mengobati cacar air. Cacar air sering dialami sekali seumur hidup. Jika Anda telah terkena cacar air, maka kemungkinan mendapatkannya kembali sangat minim. 

Namun sebaliknya, jika Anda belum pernah terkena, maka anda biasanya terkena cacar air. Jika Anda terkena cacar air, makan batang pisang dapat membantu meringankan cacar air. 

Ibu dapat membuat batang pisang sebagai minuman yang dimasak bersama dengan batang fend dan pulosari.

9. Membersihkan Darah Kotor 

Manfaat batang pisang juga dapat digunakan untuk memurnikan darah kotor dalam tubuh. Darah kotor dalam tubuh kita disebabkan oleh banyak faktor mulai dari makanan, udara hingga kebiasaan gaya hidup. 

Kehadiran darah kotor dapat memicu berbagai penyakit seperti alergi, jerawat, gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. 

Pada batang pisang, ada kandungan yang bisa mendetoksifikasi tubuh, termasuk membersihkan darah kotor. 

10. Mengobati Anemia

Manfaat terakhir dari batang pisang adalah dapat membantu mengobati anemia atau tekanan darah rendah. 

Di batang pisang ada kandungan vitamin B6 dan zat besi, yang dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. 

Jika Anda secara teratur mengkonsumsi batang pisang, anemia dapat dicegah. Ini adalah beberapa manfaat batang pisang untuk kesehatan tubuh kita

Jadi mulai sekarang, jangan ragu untuk mengkonsumsinya sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel