9 Senjata Tradisional Suku Batak dan Keunikannya!

Senjata Tradisional Suku Batak dan Keunikannya! - Kebudayaan sebagai satu warisan nenek moyang yang berupa fisik atau non-fisik. Warisan itu sanggup bertahan hadapi beragam dimensi waktu dan peralihan yang terjadi pada manusia dan jaman.

Senjata Tradisional Suku Batak

Senjata Tradisional Suku Batak

Salah satu warisan kebudayaan yang berupa fisik yaitu berbentuk senjata. Senjata ialah hal yang sanggup mengganti jalannya satu pertarungan pada jaman dulu. Dengan kuasai senjata, taktik, dan mengalahkan alam, leluhur kita sukses membuat sebuah peradaban.

Senjata yang dipakai oleh leluhur sebelumnya kita karakternya masih tradisionil. Hingga, senjata itu diberi nama sebagai senjata tradisionil.

Berikut Adallah Senjata Tradisional Suku Betak Yang Harus Kamu Kenali Keterangan nya.

1. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Gaja Dompak

Piso Gaja Dompak ialah senjata tradisional Sumatera Utara yang berupa pisau yang berperan untuk menggunting dan menyerang. Senjata Tradisionil Sumatera Utara itu dikenali Piso Gaja Dompak karena pada gagang pisau itu ada ukir-pahatan berupa gajah.

Piso Gaja Dompak dipercayai sebagai pusaka pekerjaan Batak di masa raja Sisingamangaraja I. Sebagai pusaka pekerjaan, senjata tradisional Sumatera Utara ini tidak ditujukan untuk membunuh, sebagai senjata pusaka Piso Gaja Dompak ini dipercayai berkekuatan supranatural yang hendak memberi kemampuan religius ke pemegangnya.

2. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Tunggal Panaluan

Tongkat Tunggal Panaluan ini ialah tongkat sakti yang cuman dipunyai oleh raja batak. Dalam perkembanganya tongkat ini digenggam oleh Ketua tradisi dan dipakai di saat ada acara besar, seperti mambukka Huta, acara Horja bius dan lain-lain. Sekarang ini tongkat pusaka raja batak ini diletakkan di museum Gereja Katolik Kabupaten Samosir.

Tongkat Tunggal Panaluan oleh semua sub suku Batak dipercaya berkekuatan gaib untuk: minta hujan, meredam hujan (manarang udan), menampik bala, Pandemi, menyembuhkan penyakit, cari dan tangkap maling, menolong dalam peperangan dan yang lain.

3. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Hujur Siringis

Hujur siringis ialah senjata tradisional Sumatera Utara berbentuk tombak yang dipakai oleh warga Batak dalam berperang. Hujur Siringis berupa tombak kayu yang ujugnya dibuat dari logam yang lancip.

4. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Silima Sarung

Disebutkan Piso Silima Sarung karena di dalam 1 sarung 5 biji mata pisau. Dalam pisau ini berisi kehidupan manusia, di mana menurut orang batak manusia lahir kedunia ini memiliki 4 arwah, ke-5 tubuh (bentuk). Karena itu dalam pengetahuan meditasi untuk dekatkan diri pada Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Esa) agar lebih dahulu menjadikan satu 4 arwah, ke-5 tubuh.

5. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Sitolu Sasarung

Piso Sitolu Sasarung ialah pisau yang mempunyai 1 sarung di dalamnya ada 3 biji mata pisau. Pisau ini menyimbolkan kehidupan orang batak yang bersatu 3 benua. Benua atas, benua bawah dan benua tonga, menyimbolkan supaya Debata Natolu, Batara Guru sebagai peraturan, Batara Sori sebagai keimanan dan kebenaran Batara Bulan sebagai kemampuan masih tetap mengikuti orang batak di kehidupan setiap hari.

6. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Karo

Pisau Karo sebagai senjata tradisional Sumatera Utara yang dibikin sekitaran Era 19 dengan dimensi panjang sekitaran 31-55 cm. Pegangan pisau ini dibuat dari kayu, rotan dan gading. Sarungnya tertutupi perak dan suasa.

7. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Gading

Piso Gading datang dari Toba dibikin sekitaran era ke-19, yang berbahan dibuat dari kayu, rotan, gading dan mempunyai panjang keseluruhnya sekitaran 66 cm dan panjang pisaunya sekitaran 48 cm.

8.Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Sanalenggam

Piso Sanaleggam sebagai senjata tradisional Sumatera Utara yang mempunyai Gagang pisau memvisualisasikan figur pria yang matanya dihias dengan kepala menunduk. Memakai pola yang melilit atau melingkar dileher. Dibawahnya cincin kuningan dibikin dari kawat yang digulung.

9. Senjata Tradisional Sumatera Utara -Piso Toba

Piso toba sebagai senjata tradisional Sumatera Utara yang dibuat dari kayu, besi, kuningan. Dibikin sekitaran era - 19. Demikian ulasan berkenaan beberapa jenis senjata tradisional Dari Suku Batak, Mudah-mudahan artikel ini Bermanffat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel