3 Senjata Tradisional Papua Lengkap dengan Penjelasannya

Senjata Tradisional Papua Lengkap dengan Penjelasannya - Kebudayaan sebagai satu peninggalan leluhur yang berbentuk fisik atau non-fisik. Peninggalan itu mampu bertahan temui bermacam dimensi waktu dan perubahan yang terjadi pada manusia dan zaman.

Senjata Tradisional Papua

Senjata Tradisional Papua

Salah satu peninggalan kebudayaan yang berbentuk fisik yakni berupa senjata. Senjata adalah hal yang mampu menukar jalannya satu pertempuran pada zaman dahulu. Dengan kuasai senjata, strategi, dan menaklukkan alam, nenek moyang kita sukses membuat suatu peradaban.

Senjata yang digunakan oleh nenek moyang awalnya kita personalitasnya masih tradisionil. Sampai, senjata itu dinamakan sebagai senjata tradisionil.

Selain dari beberapa jenis baju tradisi Papua, ada pula senjata tradisionil Papua. Karena warga Papua ini sangat populer dengan bermacam keunikannya dimulai dari baju dan senjata yang dibuat dari alam yang memiliki lambang dekat sama alam.

Senjata tradisional yang dipakai oleh warga suku di Papua ini sebagai beragam jenis alat tradisionil yang berperan sebagai pelindungan dari gempuran binatang buas yang berada di rimba.

Fungsi lain dari senjata tradisional ini untuk mengincar hewan di rimba uantuk jadi makanan. begitupun untuk peranan membuat perlindungan diri dari gempuran lawan bila lagi ada dalam rimba. Seperti tadi disebut sepintas ada banyak senjata tradisionil Papua yang dipakai, berikut senjata tradisi Papua dan penuturannya.

Senjata Adat Papua Dan Penjelasannya

1. Senjata tradisional Papua Panah dan Tombak

Senjata yang kerap dipakai oleh warga suku Papua ialah tombak untuk mengincar hewan. senjata ini dipakai untuk lakukan gempuran ke hewan dari jarak yang jauh. tombak Papua ini dibuat dari kayu dan batu yang ujungnya benar-benar tajam, disamping itu kadang ujung tajam ini memakai tulang.

Karena jaman telah makin mengalami perkembangan karena itu mata tombak saat ini banyak yang dibuat dari logam. Yang unik dari senjata tradisi Papua ini ialah di mata tombak bisa diberi toksin yang begitu membahayakan yang bisa dipakai untuk melumpuhkan lawannya.

2. Senjata tradisional Papua barat

Untuk senjata di wilayah suku di Papua barat ini umumnya mengggunakan bususr dan anak panah. Senjata ini sebagai senjata khusus yang dipakai oleh warga Papua barat. Untuk faedah dari senjata tradisionil ni ialah bisa tangkap hewan buruan dan dapat berperang dengan lawan.

Sama halnya sama dalam mata tombak, ujung mata panah ini bisa dikasih toksin yang mematikan. Untuk material dasar pembikinannya, busur dan panah ini dibuat dari 3 jenis material dasar yakni bahan seperti kayu, bambu, dan tulang yang diruncingkan.

3. Senjata Tradisional Papua Pisau belati

Pisau belati punyai suku di Papua inisangat berlainan dengan pisau yang kita punyai di dalam rumah, di mana pisau ini cuman ada di wilayah Papua saja. Material dasar untuk membikin pisau iniadalah tulang burung kasuari.

Sebelum lakukan pemburuan dengan memakai pisau belati ini, karena itu pisau ini ditambah daulu harus dioleskan dengan toksin hingga bisa mempermudah dalam pemburuan.

Itulah beberapa senjata tradisionil asal Papua, ada banyak kembali tradisi yang lain berada di Papua seperti tarian tradisionil Papua, atau rumah tradisi Papua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Kode Cheta GTA Terbaru 2022