8 Cara Menyenangkan untuk Belajar Tentang Bentuk suatu Benda

Cara Menyenangkan untuk Belajar Tentang Bentuk suatu Benda - Bentuk ada di sekitar kita dan ada banyak cara Anda dapat mulai menjelajahinya bersama anak Anda. Belajar mengenali bentuk akan membantu membiasakan anak Anda dengan berbagai bentuk dalam segala macam konteks.

Cara Menyenangkan untuk Belajar Tentang Bentuk suatu Benda

belajar tentang bentuk

Ada banyak cara yang menyenangkan dan mudah untuk membuat anak Anda mengenali dan menamai bentuk, untuk memberi mereka awal yang baik mengembangkan keterampilan berhitung awal. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda coba di rumah dan ketika Anda keluar dan sekitar.

1. Bentuk di piring makan

Berikan anak Anda makanan berbentuk berbeda dan minta mereka untuk memberi nama bentuk. Cobalah irisan semangka atau pisang untuk segitiga, sandwich atau kerupuk untuk kotak, dan apel atau kacang polong untuk lingkaran. Anda dapat menggunakan makanan untuk memperkenalkan bahasa matematika informal dengan meminta anak Anda untuk menghitung berapa banyak sisi atau sudut setiap item makanan memiliki, atau jika bentuknya memiliki sisi lurus atau bulat.

2. Pergi berburu bentuk

Berburu bentuk di sekitar rumah: meminta anak Anda untuk menemukan lingkaran (misalnya jam, plughole, piring), persegi panjang (misalnya TV, buku), kotak (misalnya jendela, lemari), dan banyak lagi. Berapa banyak bentuk berbeda yang dapat mereka temukan dalam satu ruangan? Bisakah mereka menemukan bentuk kecil dan bentuk besar?

3. Lihat bentuk saat keluar dan sekitar

Apa bentuk yang berbeda dapat melihat anak Anda ketika Anda keluar dan sekitar? Pikirkan tentang tanda-tanda jalan bentuk yang berbeda (lingkaran, segitiga, persegi panjang, dan tanda 'berhenti' oktagon); roda melingkar pada mobil dan sepeda; lempengan trotoar persegi. Bentuk apa yang paling umum?

4. Bentuk hari

Mintalah anak Anda untuk memilih bentuk dan kemudian lihat berapa kali di siang hari Anda dapat melihatnya bersama. Ini bisa di sekitar rumah, ketika Anda berada di luar, atau bahkan di buku atau di TV.

5. Cocokkan bentuk

Potong bentuk dari potongan kertas dan letakkan secara acak di atas meja. Mintalah anak Anda untuk mencocokkan semua lingkaran, segitiga, kotak dll., Menamai bentuk saat mereka pergi. Coba gunakan bentuk dengan berbagai ukuran dan warna. Jika anak Anda merasa percaya diri, gunakan timer untuk melihat seberapa cepat mereka dapat mencocokkan semua bentuk!

6. Melacak bentuk

Pilih bentuk dan minta anak Anda untuk melacak bentuknya di atas sepiring tepung, di pasir, dengan tongkat melalui tanah, atau di trotoar dengan kuas dan air.

7. Membuat gambar dengan bentuk

Potong bentuk berukuran berbeda dari potongan kertas dan lihat gambar apa yang dapat dibuat anak Anda dengan bentuk yang sama, misalnya perahu dan kupu-kupu dari segitiga dan menara dari kotak. Sekarang perkenalkan bentuk lain dan lihat gambar apa yang dapat dibuat anak Anda dengan menyatukannya (misalnya rumah dari persegi dan segitiga).

8. Baca cerita yang menampilkan bentuk

Bantu membangun kepercayaan diri anak Anda dalam mengenali bentuk selama waktu cerita. Ada banyak buku bergambar fantastis yang memperkenalkan bentuk dan pola, yang ingin diambil anak-anak lagi dan lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....