30 Jenis Jamur dan Manfaatnmya Lengkap dengan Gambarnya

30 Jenis Jamur, Gambar dan Manfaatnmya yang Penting Kamu Ketahui - Beberapa Jenis  Jamur aman dan tidak aman untuk dimakan manusia dan beberapa bahkan dianggap obat, dan beberapa beracun. Pengertian Jamu Menurut Campbell 2003 jamur adalah eukariota, kebanyakan eukariota sel jamur. Saat ini terlihat pada produksi pangan, struktur organisasi dan pertumbuhan, serta dalam perbanyakan jamur.

Jenis Jamur dan Manfaatnmya

Jenis Jamur dan Manfaatnmya

Menurut Gandjar etal (2006) juga menjelaskan bahwa  fungi adalah sel eukariotik yang tidak memiliki klorofil, tumbuh sebagai hifa, memiliki dinding sel yang mengandung kitin, bersifat heterotrofik, menyerap nutrisi melalui dinding selnya, dan melepaskan enzim ekstraseluler ke lingkungan melalui spora dan berkembang biak  seksual dan aseksual.

Jenis-jenis  jamur

1. Jamur jerami

Warnanya abu-abu dan memiliki semburat agak gelap. Tekstur tubuh jamur kenyal dan lembut. Umumnya jamur dimasak dalam masakan Cina, tumis, isian sup, dan pepes jamur. Kisaran harga jamur di kisaran 30 ribu rupiah

2. Jamur kuping (Auricularia auricularia)

Tubuh buah jamur kuping ini sekilas menyerupai daun telinga, dari bentuk inilah namanya berasal. Warna jamur kuping yang biasa dijual adalah coklat tua, namun ada juga yang berwarna putih. Teksturnya mirip agar-agar dan kenyal tapi cukup keras. Jamur kuping juga banyak dimasak menjadi masakan Cina. Oleh dealer, jamur kuping dibeli dengan kisaran harga 8 - 9 ribu rupiah.

3. Jamur Kancing (Agaricus brunescens)

Jamur kancing atau champignon berbentuk bulat hampir sempurna dan jika dilihat dari atas terlihat seperti kancing baju. Umumnya putih bersih, krem atau coklat muda. Jamur kancing dipanen selagi masih berdiameter 2-4 sentimeter. 

4. Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus)

Jamur tiram terutama yang berwarna putih merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan di tanah air. Bentuknya mirip cangkang tiram, sejenis kerang, serta memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Di dalam negeri sudah banyak yang diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti keripik, nugget dan bakso. Harga pasaran jamur tiram putih sekitar 15 ribu rupiah.

5. Jamur Ling zhi

Jamur ling zhi sebenarnya bukanlah jamur yang bisa dimakan sebagai makanan sehari-hari. Jamur ini lebih banyak digunakan sebagai obat karena kandungan berbagai asam seperti asam oleat ganodesteron, asam ganoderma, asam lucidenic, dan asam ganoderic. Semua asam ini memberikan efek penyembuhan. 

Berbeda dengan jamur lain yang ada di daftar ini, jamur Ling zhi memiliki tekstur yang keras, warna coklat mengkilat dan tumbuh sangat lama, mencapai 6 bulan sebelum siap dipanen. Meski butuh waktu lama untuk tumbuh, jamur ling zhi kering bisa mencapai hingga 100 ribu rupiah per 100 gramnya.

6. Jamur Unik

Spesies ini terlihat aneh. Jamur muda meletus dari telur dengan membentuk empat hingga tujuh lengan ramping memanjang yang awalnya tegak dan menempel di bagian atas. Saat ia besar nanti baunya seperti daging busuk.

Makan jamur ini saat masih muda dan hindari memakannya saat sudah tua. Spesies jamur berbeda yang disebut kotak tembakau setan (Lycoperdon perlatum) adalah jamur puffball berukuran sedang dengan tubuh buah bulat, meruncing ke batang lebar. 

Puffballs bertabur permata dianggap pilihan jamur yang dapat dimakan ketika muda dan gleba homogen dan putih. Mereka menjadi tidak bisa dimakan saat dewasa gleba menjadi kuning, dan akhirnya berkembang menjadi massa spora bubuk hijau-zaitun.

Apa itu Jamur Jack o 'lantern?

7. Jamur Jack o 'lantern

Jenis Jamur Unik Bukan warna jenis jamur yang membuatnya unik, melainkan karena sifatnya yang bercahaya, ia bersinar dalam gelap. Jamur Jack o'Lantern (Omphalotus olearius) terlatih terlihat mirip dengan beberapa jamur Chanterelles yang dapat dimakan, dan paling penting karena sifat bioluminseniknya. Corong jamur ini beracun.

8. Terbang Amanita (Amanita muscaria)

Ini termasuk yellow-range flavivolata guessowii, formosa, persicina merah muda, dan regalis coklat (meskipun sekarang disajikan sebagai spesies terpisah). Mereka telah rusak dalam buku anak-anak, film, ornamen taman, kartu ucapan, dan permainan komputer. Toadstool ini perawatan dengan film yang terkenal, Alice in Wonderland; jamur di Super Mario Bros, dan banyak lagi. karena itu membunuh lalat”.

9. Jamur Langit Biru (Entoloma hochstetteri)

Entoloma hochstetteri tidak dapat dimakan, tetapi apakah perubahan tersebut tidak diketahui. Spesies ini adalah salah satu dari enam jamur asli yang masuk ke dalam satu set perangko jamur yang diterbitkan di Selandia Baru pada tahun 2002. Hal ini juga terlihat pada sisi sebaliknya dari uang kertas $ 50, yang dikeluarkan oleh Reserve Bank of New Zealand pada tahun 1990.

10. The Devil’s Cigar (Chorioactis) - jamur paling langka di dunia

Itu juga dikenal sebagai bintang Texas. Cerutu Iblis adalah kapsul berbentuk cokelat yang berubah menjadi bintang cokelat ketika terbelah terbuka untuk rilis spora. Ini juga salah satu dari hanya beberapa jamur yang tidak diketahui yang menghasilkan suara peluit yang berbeda ketika rilis spora.

11. Jamur Racun

Dalam biologi, racun adalah zat yang menyebabkan kematian, kerusakan atau kerusakan pada organ, biasanya oleh reaksi kimia atau aktivitas lain pada skala molekuler, ketika organisme terpapar dalam jumlah yang cukup.

12. Jamur Otak (Gyromitra esculenta)

Biasanya tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon konifer pada musim semi dan awal musim panas hingga tinggi 6 cm (2,4 inci). Dimasak sebagai omelet, sup, atau tumis dalam masakan Finlandia. Meskipun masih umum diparut sebelum persiapan, bukti terbaru menunjukkan bahwa bahkan prosedur ini mungkin tidak dapat membuat risiko aman, sehingga meningkatkan dapat diakses bahkan ketika dipersiapkan dengan benar. 

13. Jamur Anemon Laut

Ia menarik lalat, untuk membiayai spora

14. Puffball Raksasa (Calvatia Gigantea)

merupakan salah satu jenis jamur yang populer di dunia kuliner, jamur ini juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

15. Jamur Gigi Berdarah (Hydnellum pecki)

Jamur seram bernama Hydnellum peckii ini dikenal dengan berbagai nama yang juga unik: jamur gigi berdarah, jamur krim strawberry, dan jamur gigi setan.

16. Jamur bercahaya (Mycena chlorophos)

Jamur bercahaya karena reaksi kimia yang disebut bioluminescence. Bioluminesensi jamur diatur oleh jam sirkadian, yang menyebabkan jamur hanya bersinar pada waktu-waktu tertentu.

17. Jamur kayu (Ganoderma) 

Jamur yang dikenal dengan nama "Lingzhi" atau jamur obat ini memiliki fungsi sebagai bahan obat. Konon jamur ini juga digunakan untuk menyiapkan menu santapan khas raja-raja karena khasiat jamur yang luar biasa ini. Jamur ini sebagian hidup di atas kayu mati. Yang lain tumbuh di kayu hidup dan daun-daun yang gugur serta sisa-sisa tanaman.

18. Jamur Champignon (Agaricus bisporus)

Dikenal dengan nama jamur kancing karena bentuknya yang bulat seperti kancing. Warnanya putih bersih dengan payung jamur berbentuk bulat. Dijual dalam kotak plastik. Jamur ini memiliki aroma yang segar seperti aroma bumi.

19. Jamur Enokitake (Flammunila velutipes)

Adalah jamur makanan dengan tubuh buah yang dibudidayakan berbentuk panjang seperti tauge

20. Jamur Maitake (Grifola frondosa)

Jamur maitake, juga dikenal dengan nama ilmiah Grifola frondosa, berasal dari pegunungan di timur laut Jepang. Dalam bahasa Jepang, kata "maitake" berarti jamur menari. 

21. Jamur Matsutake (Agrocybe aegerita)

Jamur yang satu ini merupakan jamur hitam yang sangat diidam-idamkan oleh para kolektor jamur. Rasanya terkenal sangat kaya dan kualitas premium. Matsutake adalah jamur kasta tertinggi di Jepang.

22. Jamur Merang (Volvariella volvacea)

Jamur (Volvariella vovacea) merupakan salah satu jenis jamur pangan di Asia Timur dan Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur ini disebut “jamur” karena umumnya tumbuh pada media jerami (sekam padi) yang banyak dibudidayakan.

23. Jamur Paha Ayam (Coprinus comatus)

Merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan protein tinggi. Bahkan dipercaya juga sangat baik untuk penderita leukemia di indonesia sendiri, jamur paha ayam relatif masih asing dan terkenal.

24. Jamur Shiitake (Lentinus edodes)

Jamur shitake merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dimakan yang sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan mengonsumsi jamur shitake berawal dari kawasan Asia Timur yang menjadikan jamur ini sebagai bahan makanan.

25. Jamur Ganggang (Phycomycetes)

Tubuh Phycomycetes terdiri dari benang berinsulasi yang disebut hifa. Benang hifa bisa bercabang menjadi anyaman (miselium). Kebanyakan Phycomycetes hidup sebagai saprofit pada sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati.

26. Jamur Benar (Eumycetes)

Adalah jamur yang memiliki hifa septik. Jamur dibedakan menjadi dua yaitu Ascomycetes dan Basidiomycetes. Basidiomycetes membentuk spora pada alat seperti botol tumpul sebagai alat reproduksi aseksual.

27. Jamur Merang (Volvariella Volvaceae)

Merupakan salah satu jenis jamur pangan dari Asia Timur dan Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur ini disebut “jamur” karena umumnya tumbuh pada media jerami (sekam padi) yang banyak dibudidayakan.

28. Jamur Tempe (Rhizopus Stolonifer)

Peran Rhizopus oligosporus dalam tempe sangat penting yaitu sebagai jamur utama yang mengubah komposisi substrat kedelai menjadi pangan yang lebih bergizi dan banyak mengandung enzim dan senyawa bioktif, termasuk senyawa antibakteri.

29. Jamur Roti (Rhizopus Nigricans)

Jamur pada roti atau kapang memiliki nama ilmiah Rhizopus stolonifer. Tanda roti berjamur antara lain bintik biru atau kehijauan pada roti.

30. Jamur Bulat (Calvatia gigantia)

Jamur shitake. Di pasaran, jamur shiitake bisa didapatkan segar atau kering. Jamur shiitake segar biasanya dimakan sebelum bagian bawah payungnya menjadi hitam. Nah, demikian informasi  dari saya tentang 30 Jenis Jamur semoga dengan adanya penjelasan ini menambah ilmu dan bermanfaat untuk anda , terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel