Sejarah dan Makna Motif Batik Mega Mendung yang Unik untuk di Ketahui

Sejarah dan Makna Motif Batik Mega Mendung yang Unik dan wajib kamu di Ketahui - Batik merupakan sebuah warisan budaya asli Indonesia dengan memiliki berbagai macam motif serta memiliki sejarah dan maknanya tersendiri. Salah satu motif yang sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia adalah motif mega mendung dari Cirebon. Corak unik yang terdapat pada motif batik dan menjadikan batik mega mendung sangat terkenal di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Yuk mari kita simak dan pelajari sejarah dan makna dari motif batik mega mendung yang terkenal ini. Pastikan kamu membaca artikel ini hingga akhir ya!

Sejarah dan Makna Motif Batik Mega Mendung

Sejarah dan Makna Motif Batik Mega Mendung

Untuk sejarah dari motif batik ini, jika ditinjau berdasarkan sumber referensi buku dan literatur maka akan mengarah kepada satu sejarah mengenai kedatangan bangsa China ke wilayah Cirebon dan merujuk pada pernikahan Sunan Gunung Jati dengan ratu Ong Tien yang terjadi pada abad ke 16. Kedatangan bangsa China ini tentu juga membawa berbagai macam budaya, salah satunya adalah barang barang antik seperti keramik, piring, dan kain yang memiliki hiasan berbentuk awan.

Bentuk awan ini melambangkan dunia atas dan makna yang transendental menurut paham Taoisme. Pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ratu Ong Tien ini seakan membuka jalan masuknya budaya dan tradisi China ke keraton Cirebon. Para pembatik keraton mencoba untuk menuangkan budaya dan tradisi China ke dalam motif batik dengan sentuhan khas Cirebon. Pada motif megamendung China, garis awan berupa bulatan atau lingkaran, sedangkan yang dari Cirebon, garis awan cenderung lonjong, lancip dan segitiga.

Makna Motif Batik Mega mendung

Ternyata makna dari motif batik ini sangatlah bagus dan patut untuk kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari. Makna dari motif ini adalah bahwasannya setiap manusia harus dapat menahan amarah pada dirinya pada saat dalam kondisi terpuruk, sedih dan tertekan. Selalu bersikap bijaksana dalam kondisi apapun, layaknya Awan yang mendung dan menyejukkan suasana. Sesuai dengan arti namanya yaitu Mega yang berarti Awan, dan Mendung berarti cuaca yang sejuk/adem. Motif yang ada dalam batik mega mendung ini juga menggambarkan sebuah kesan maskulin, lugas, dinamis, dan terbuka.

Seiring dengan perubahan zaman, motif megamendung mengalami banyak perkembangan dan modifikasi sesuai permintaan pasar. Motif ini mulai dikombinasikan dengan motif hewan, bunga atau motif lain. Penggabungan motif ini sudah dilakukan oleh para pembatik tradisional, namun saat ini perkembangannya sangatlah pesat dengan adanya campur tangan dari para perancang busana. Warnanya pun yang awalnya biru dan merah, sudah berkembang menjadi berbagai macam warna, seperti kuning, hijau, coklat dan lain-lain.

Itu dia sejarah dan makna dari motif batik mega mendung yang sudah terkenal hingga mancanegara. Akan sangat baik bila kita menerapkan makna ini dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu ingin mempelajari berbagai sejarah lainnya dari motif batik khas Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel