Doa Sebelum belajar Lengkap Dengan Penjelasannya

Doa Sebelum belajar Lengkap Dengan Penjelasannya yang perlu kamu ketahui dalam islam. Dalam hal ini, kami akan membagikan bacaan doa sebelum belajar dan setelah mempelajari makna sepenuhnya. Belajar atau menuntut ilmu adalah tanggung jawab setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa bahkan hingga usia lanjut.

Doa Sebelum belajar

Doa Sebelum Belajar

Jika Anda tertarik dengan pembahasan kali ini, yuk simak artikel ini. Persyaratan ilmu adalah perintah Allah SWT dan Doa Sebelum belajar bagi kita sebagai hamba-Nya. Dari segi ibadah, ilmu yang dipelajari sangat berharga dan bermanfaat, seperti yang dikatakan Nabi Muhammad SAW. “Doa sebelumnya.

Sungguh, jika Anda bangun pagi (atau sore hari) dan kemudian mempelajari ayat dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka pahala akan lebih baik dari satu tahun beribadah. "

Dalam hadist lain dinyatakan:

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya: " Setiap orang yang menimba ilmu termasuk golongan sabillah (orang yang menganut agama Allah SWT) sampai pulang ”(H. R. Turmudzi)

Mengapa pelajaran sangat dihargai dalam hal ibadat? Karena amalan ibadah yang tidak dilandasi ilmu akan menjadi percuma. Syekh ibn Ruslan berkata: “Barangsiapa melakukan amal (melakukan ibadah) tanpa ilmu, semua perbuatannya akan ditolak, artinya, tidak diterima.

Jika kita melihat derajat orang yang berilmu dari sudut pandang orang yang memiliki ilmunya dan yang tidak, maka perbedaannya sangat besar, dalam nilai dan derajatnya. Allah swt berkata:

Artinya: “Allah meninggikan semua orang yang beriman dan semua orang yang telah diberi ilmu sampai tingkat tertentu." (QS Al Mujadalah :11)

Berikan contoh bacaan doa sebelum belajar?

Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk berdoa sebelum beraktivitas termasuk sebelum belajar. Doa sebelum belajar ini bertujuan agar dimudahkan dalam menangkap pelajaran yang diberikan guru. Selain itu, doa sebelum belajar juga agar fokus dan terhindar dari godaan setan.

Berikut bacaan doa sebelum belajar sesuai sunah Rasulullah SAW:

.اللَّهُمَّ أَكْرِمْنَا بِنُوْرِ الفَهْمِ وَأَخْرِجْنَا مِنَ ظُلُمَاتِ الوَهْمِ وَافْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ..

Allahumma Akrimna Binuuril fahmi, wa akhrijna min dhulumaatil wahmi waftah lana abwaba rahmataka wansyur 'alayna hikmataka yaa arhamar raahimin.

Artinya: Ya Allah, muliakanlah kami dengan cahaya pemahaman, dan keluarkanlah kami dari gelapnya keragu-raguan dan bukakanlah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu dan bukakanlah pintu hikmah-Mu wahai Dzat Yang Paling Pengasih di antara Pengasih.

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً

رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla

Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul.”

Doa ketiga sebelum belajar yakni:

. الّلهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوْحَ الْعَارِفيْنَ بِحِكْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَاالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ

Allahummaftah 'alayya futuuhal 'aarifiina bihikmatika wantsur 'alayya rohmata wadzakkirniimaa nasiitu yaa dzaljalaali wal ikraam"

Artinya : "Ya Allah,bukakanlah bagiku sebagaimana terbukanya orang-orang yang arif mdengan ilmu kebijaksanaan-Mu,dan curahkanlah untukku,akan rahmat-Mu,dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan,wahai Zat yang mempunyai keagungan dan kemulyaan".

Dalam agama Islam, belajar dimulai dari lahir hingga masuk liang lahat atau meninggal. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW:

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اطلب  العلم ولو بينك وبينه بحر من نار، وقال صلى الله عليه وسلم: اطلب العلم من  المهد إلى اللحد أي إن تعلم العلم فرض في جميع الأوقات والحالات.

Rasulullah SAW bersabda : Carilah ilmu,walaupun diantara kamu dan ilmu terpisah lautan api. Sabdanya : Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat (Artinya menuntut ilmu hukumnya fardhu di setiap waktu dan kesempatan.

Bagaimana Penjelasan tentang Doa Sebelum belajar?

Kewajiban menuntut ilmu atau belajar ini dibebankan kepada tiap individu Muslim baik laki-laki maupun perempuan. Rasulullah SAW tiap kali mendapat wahyu selalu memanjatkan doa agar diberikan ilmu dan dimudahkan dalam memahami wahyu yang diberikan.

فَتَعٰلَى اللّٰهُ الْمَلِكُ الْحَقُّۚ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْاٰنِ مِنْ قَبْلِ اَنْ يُّقْضٰٓى اِلَيْكَ وَحْيُهٗ ۖوَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca al-Quran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah:"Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (QS. Surat Taha: 114)

Sebuah hadits otentik menyebutkan hadits melalui Ibn Abbas, Nabi Muhammad. sangat senang menerima wahyu; itulah yang mendorongnya untuk menggerakkan mulutnya. Kemudian Allah menurunkan ayat tersebut.

Sebelum itu, ketika Nabi melihat, kedatangan Malaikat Jibril membawa wahyu, setiap Jibril membacakan sebuah ayat, Nabi (kekuasaan) membacanya dengan Jibril karena keinginannya yang kuat untuk cepat menghafal Alquran. Kemudian Allah swt memberinya petunjuk tentang bagaimana menjadikan Nabi sebagai cara yang lebih mudah dan mudah untuk mengurangi stres.

Dari Abu Hurayrah radiallahu anhu, yang mengatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda dalam doanya: Ya Allah, beri aku berkah melalui ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajari aku apa yang berguna bagiku, dan tambah ilmu bagiku, dan puji bagi Allah dalam keadaan apapun.

Keutamaan Orang Berilmu

Dalam Alquran disebutkan beberapa keutamaan orang yang berilmu di antaranya ditinggikan derajatnya.

Allah SWT berfirman:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Surat Al-Mujadilah: 11)

Ibnu Katsir menerangkan maksud ayat tersebut yakni janganlah kamu mempunyai anggapan bahwa apabila seseorang dari kalian memberikan kelapangan untuk tempat duduk saudaranya yang baru tiba, atau dia disuruh bangkit dari tempat duduknya untuk saudaranya itu, hal itu mengurangi haknya (merendahkannya). Tidak, bahkan hal itu merupakan suatu derajat ketinggian baginya di sisi Allah, dan Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala itu untuknya, bahkan Dia akan memberikan balasan pahalanya di dunia dan akhirat.

Karena sesungguhnya barang siapa yang berendah diri terhadap perintah Allah, niscaya Allah akan meninggikan kedudukannya dan mengharumkan namanya. Allah yang Maha Mengetahui siapa yang berhak untuk mendapatkannya dan siapa yang tidak berhak mendapatkannya.

Dalam sebuah hadis disebutkan keutamaan orang berilmu:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ قَالَ يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا بِدَرَجَاتٍ

Dari Ibnu Abbas radliallahu anhu: ketika menafsirkan ayat : (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. al-mujadalah:11); dia berkata maksudnya adalah "Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat". (HR. Darimi) No. 356.

Demikian ulasan tentang Doa Sebelum Belajar dan manfaatnya. Amalkanlah selalu doa sebelum belajar untuk mendapatkan keberkahan atas ilmu yang Anda pelajari. Biasakan berdoa mulai sekarang. Insya Allah, hidup akan menjadi lebih berkah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close