Pengertian Banner : Arti, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Banner

Pengertian Banner Adalah: Fungsi, Arti, Tujuan, dan Jenis-Jenis Banner -Halo sobat pintarsiana berjumpa kembali di hari yang penuh berkah ini. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan ulasan tentang Banner. Diantara kalian pasti ada yang sudah pernah mendengar atau mengenal tentang Banner. Kalau orang yang berkecimung di bidang Internet Marketing dan Desain Grafis tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Banner. 

Pengertian Banner Adalah

Pengertian Banner

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan "Banner (spanduk)"? Nah, secara umum, pengertian dari banner adalah suatu alat media informasi non personal yang biasa berisi pesan promosi, baik itu dalam bentuk tulisan dan untuk tujuan menjual ataupun untuk media memperkenalkan sesuatu kepada khalayak.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan dari pengertian banner adalah suatu media promosi/ publikasi yang dalam bentuk dicetak menggunakan print digital dengan menggunakan sebuah ukuran tertentu dan berbentuk seperti portrait atau vertikal. 

Jadi, sebelum banner dicetak, maka banner akan didesain terlebih dahulu dengan menggunakan komputer dan alat bantu software untuk pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Di era digital seperti sekarang ini istilah banner sering dipakai dan digunakan untuk menjelaskan sebuah produk dan ini menjadi media promosi yang berisikan tulisan dan gambar pada sebuah situs seperti website atau blog. Gambar Banner pada sebuah situs seperti website/ blog biasanya akan disertai dengan link aktif yang mana ketika kalian klik  akan mengarahkan pada laman situs website/ blog yang dipromosikan tersebut melalui banner.

Pengertian Banner Menurut Para Ahli

Agar sobat lebih mudah memahami apa itu banner, maka sobat dapat menyimak pada pendapat beberapa para ahli berikut ini:

1. Rachmat Kriyantono

Menurut Rachmat Kriyantono,Banner adalah suatu bentuk alat media komunikasi non personal yang menyampaikan sebuah pesan dengan tujuan untuk menjual sebuah produk yang memungkinan dengan ini lebih banyak konsumen untuk membeli produk tersebut yang dijual dan juga akan membayar media yang digunakan.

2. Darmadi Durianto

Menurut Darmadi Durianto, Banner adalah suatu alat media untuk proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk memikat banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan tersebut dan banner ini menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, banner adalah suatu media promosi yang mana berisi pesan-pesan atau berita yang menjadi informasi yang diperuntukkan kepada khalayak ramai dan juga menjadi bahasa promosi untuk (berjualan) berdagang yang mana dengan ini akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan tersebut.

4. Wikipedia

Menurut Wikipedia, banner web adalah suatu bentuk iklan yang dipakai pada jaringan internet. Bentuk iklan tersebut pada umumnya merupakan bagian dari suatu halaman seperti blog atau website yang dapat dipakai untuk menarik perhatian para pengunjung supaya mengunjungi (mengklik iklannya) yang mengarah ke situs web yang diiklankan.


Fungsi dan Tujuan Banner

Pada dasarnya fungsi dari banner adalah sebagai alat media pemasaran yang berisi iklan, publikasi, promosi, dan berbagai keperluan yang lainnya. Sedangkan untuk tujuan dari pemasangan banner adalah bertujuan untuk mempromosikan atau mengiklankan sesuatu sehingga hal tersebut menarik perhatian lebih banyak orang ketika melihatnya.

Jika kita mengacu pada penjelasan arti banner yang diuraikan di atas, adapun beberapa fungsi dari banner antara lain sebagai berikut:

  1. Media Informasi; dengan pemasangan banner merupakan sebuah cara yang sangat efektif karena ini sebagai media informasi kepada khalayak, baik itu pada sistem banner offline maupun pada sistem banner di website/ blog.
  2. Media Promosi; sebenarnya ini sama halnya sebagai media informasi, denganbegini banner juga lebih efektif digunakan sebagai media promosi (produk). Namun, tentu saja dalam pemasangan sebuah banner harus berada pada titik (tempat) yang strategis dan sering dilihat masyarakat umum (banyak).
  3. Identitas/ Ciri Khas; adapun fungsi banner pada sebuah situs seperti website/ blog dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas dari website tersebut, sehingga pengunjung nantinya akan lebih mudah mengingatnya. Banner pada sebuah website juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam melakukan branding secara online.


Jenis-Jenis Banner

Nah untuk jenisnya, maka Banner dapat kita bedakan berdasarkan bentuk dan juga ukurannya. Adapun untuk jenis banner adalah sebagai berikut:

Jenis Banner Berdasarkan Ukuran

1. Ukuran Standar

Banner yang memiliki ukuran standar biasanya akan digunakan untuk kepentingan promosi seperti sebuah Window pop up. Berikut dibawah ini contoh untuk ukuran banner ukuran standar.

  • 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
  • 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
  • 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle
  • 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
  • 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle

2. Banner dan Buttons

Sedangkan untuk Banner Buttons untuk jenis ini digunakan pada situs-situs dan media yang ad di internet atau pada blog. Berikut ini untuk ukuran banner yang sering digunakan:

  • 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
  • 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner
  • 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
  • 120 x 90 IMU/ Pixel – Button 1
  • 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
  • 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
  • 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
  • 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard

Jenis Banner Berdasarkan Bentuk

1. X-Banner

nah untuk Banner ini bentuknya huruf X dengan ciri ada dua tiang penyangga. Biasanya tiang penyangga pada banner ini terbuat dari bahan aluminium ringan. sehingga dalam penggunaannya akan mudah dibawa kemana saja. X-Banner tipe ini dapat digunakan berulang-ulang dan yang paling enaknya itu sangat cocok untuk digunakan pada area indoor maupun outdoor.

2. Mini X-Banner

Pada jenis Banner Mini X-Banner sebenarnya sama bentuknya dengan X-Banner tapi untuk ukurannya lebih kecil dari X-banner. Untuk jenis banner yang ini biasanya diletakkan dibagian atas meja dan bertujuan untuk digunakan promosi suatu informasi, misalnya yaitu tentang jadwal acara atau menu makanan.

3. Roll Banner

Sedangkan untuk jenis Roll banner berbentuk seperti gulungan (roll), dimana dalam penggunaannya ini sangat praktis. Biasanya Banner ini cukup ditarik dari sisi bagian atas ke bawah sehingga nantinya akan terlihat secara keseluruhan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang pengertian banner, ciri-ciri, fungsi dan tujuan dari banner, serta beberapa jenis banner yang biasa kita gunakan untuk kegiatan promosi (produk). Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai jumpa lagi pada ulasan pengertian yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel