Pengertian Itik Lengkap dengan Gambarnya

Pengertian itik lengkap dengan contohnya - Diantara kalian pasti sudah mengenal nama jenis hewan yang satu ini, yaitu itik. Itik atau biasa kita sebut dengan bebek ini adalah binatang yang masuk dalam kategori unggas. Bentuk tubuh dari itik memang mirip dengan burung maka tak heran itik ini bisa terbang, hanya saja ketika bulunya di cabut maka dia tidak bisa terbang tinggi.

Pengertian Itik Lengkap dengan Gambarnya

Pengertian Itik Lengkap dengan Gambarnya

Menurut ilmiahnya itik ini masuk dalam spesies burung yang mana masuk dalam keluarga anatidae. Habitat mencari makannya yaitu di aliran sungai dan daerah rawa-rawa. Karena itik ini bisa berenang di sungai dan dirawa-rawa.

Bentuk Badan itik


Dari bentuk badannya, itik ini lebih kecil daripada angsa. Bahkan badan itik hampir sama dengan bebek. Badan itik biasanya berukuran cukup besar dengan setara ayam jago. Namun ketika bulunya rontok, maka badan itik juga terlihat kecil.

Habitat itik Mencari Makan


Habitat untuk mencari makannya lebih mudah mendapatkan makanannya ini di persawahan dan dirawa-rawa atau dilairan sungai kecil, karena sumber makannya yaitu binatang kecil seperti kodok, siput, keong sawah, dan juga binatang kecil lainnya.

Jenis Itik



  • Alabio Duck
  • Itik Melewar
  • Itik Bali
  • Itik impor
  • Itik Jawa


Predator


Adapun predator yang sangat membahayakan itik adalah Buaya, Anjing Liar, Ular, dan biantang buas lainnya. Maka dari itu, pengawasan terhadap itik sangat penting untuk diperhatikan, apalagi itik ini juga rawan terhadap suara petir. Karena itik mudah terkena serangan jantung apabila mendengar suara petir.

Perkembangbiakan itik


Cara berkemangbiaknya, itik ini dengan cara bertelur. Bahkan suatu peternakan itik bisa menhasilkan banyak telur di setiap harinya. Maka tak heran telur itik sangat melimpah dan dengan mudah bisa di kembang biakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close