7 Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi, Sehat dan Cerdas

Agar anak tumbuh Tinggi, Sehat dan Cerdas, dewasa, maka Anda bisa memberikannya makanan seimbang, bergizi, dan menganjurkan untuk berolahraga secara teratur, mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berusaha mempertahankan postur tubuh yang baik. Jika Anda ingin memiliki Anak dengan ketinggian yang ideal, maka anak tersebut harus melakukan cara meningkatkan tinggi badan alami dan sehat. Sebisa mungkin, hindari menggunakan obat atau suplemen peningkat tinggi badan secara langsung yang tersedia secara luas di pasaran, karena ini belum tentu aman dan cocok untuk dikonsumsi.

Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi, Sehat dan Cerdas

Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi, Sehat dan Cerdas

Ketika seorang remaja memasuki masa pubertas, ia mengalami periode pertumbuhan yang cukup pesat, termasuk pertumbuhan tinggi badannya. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan kualitas kesehatannya agar si Anak bisa memiliki tinggi badan yang sehat dan ideal.

Pada remaja laki-laki, lonjakan pertumbuhan ini dimulai pada usia 10-15 tahun. Pada wanita remaja, periode ini dimulai pada usia 8-13 tahun. Periode lonjakan pertumbuhan dapat memakan waktu sekitar 2-5 tahun bagi seorang remaja untuk mencapai kematangan fisik, termasuk ukurannya.

Namun, tidak semua orang bisa mencapai ketinggian yang diinginkan. Ini karena tinggi badan seseorang pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik atau keturunan.

Faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan ukuran tinggi badan anak. Namun, jangan berkecil hati jika Anda atau pasangan Anda kecil. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat anak tumbuh sesuai potensinya.

Selain keturunan, faktor-faktor lain seperti diet dan stimulasi fisik juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ukuran tinggi badan anak. Untuk memastikan pertumbuhan berjalan dengan baik dan maksimal, lihat penjelasan di bawah ini.

Cara untuk Membuat Tinggi Badan Anak Anda

Pertumbuhan ukuran tubuh anak per tahun adalah sekitar 6-7 cm. Pada usia 6-8 tahun, anak mengalami pertumbuhan tinggi badan yang signifikan. Selain itu, sekitar 25 persen pertumbuhan tubuh berlanjut selama masa pubertas.

Berikut adalah beberapa upaya untuk membuat anak-anak tumbuh dengan baik yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua. Ada beberapa cara untuk meningkatkan ketinggian tubuh anak selama pubertas sebagai berikut!

1. Makan Makanan Seimbang dan Bergizi

Diet yang seimbang dan bergizi adalah salah satu cara untuk mendapatkan tinggi badan dengan cepat. Asupan yang dikonsumsi sehari-hari harus mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, telur, ayam, makanan laut, kedelai, dan produk susu adalah makanan baik bagi pertumbuhan anak untuk menjadi tumbuh tinggi, besar dan cerdas karena makanan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi anak. Selain itu, Anda perlu membatasi makanan yang tinggi kadar gula dan lemak jenuh.

2. Latihan Peregangan bisa Dengan Yoga

Cara selanjutnya untuk meningkatkan tinggi badan anak adalah dengan melakukan latihan peregangan. Meskipun kedengarannya sederhana, ternyata latihan peregangan dapat bermanfaat bagi pertumbuhan anak yang tinggi. Karena latihan peregangan membantu memperpanjang tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh anak. 

Anda dapat mengajarkan beberapa gerakan peregangan sederhana. Misalnya, mintalah anak untuk berdiri dengan punggung ke dinding. Kemudian dorong tubuh ke atas bersama dengan dua lengan menyatu dan biarkan anak beristirahat di jari-jari kakinya.

Latihan peregangan lainnya adalah membiarkan anak duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar, dan kemudian membiarkan mereka menyentuh jari-jari kaki mereka. Dengan cara ini harus dilakukan dengan hati-hati.

3. Rutin Minum Susu

Cara meningkatkan ukuran tinggi anak juga bisa melalui rutin minum susu. Susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk mengoptimalkan ukuran tubuhnya. Susu mengandung protein, magnesium, seng, lemak dan berbagai mineral penting lainnya.

Pilih susu yang mengandung protein berkualitas tinggi. Misalnya mengandung dengan asam ammonic esensial. Untuk menambahkan informasi mengenai jenis susu yang tepat untuk mengoptimalkan ukuran tinggi badan anak, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung kepada dokter spesialis anak.

4. Berolahraga Secara Teratur

Cara meningkatkan tinggi badan bisa dilakukan dengan latihan. Alih-alih sekarang ini anak - anak banyak menghabiskan waktu bermain gadget, ajaklah anak-anak untuk berolahraga secara teratur. 

Olahraga dapat menjadi insentif bagi anak untuk tumbuh dengan memperkuat otot dan tulang, menjaga berat badan dalam ukuran ideal yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

Anak-anak usia sekolah harus berolahraga setidaknya satu jam sehari. Anda dapat mencoba berbagai aktivitas fisik dengan anak-anak, seperti berenang, bersepeda, lompat tali (melompat), bola basket, sepak bola atau bermain bulutangkis. Ini adalah cara cepat yang sangat menyenangkan.

5. Menggantung

Beberapa anak suka nongkrong sambil bermain. Anak bisa bergantung pada batang pohon yang ada di sekitar, dalam hal ini dapat membantu tulang belakang anak akan memanjang, yang penting hal ini tetap aman dan untuk pertumbuhan tinggi anak. 

Selain menggantung secara teratur, Anda juga bisa mengajari anak-anak pull-up. Cara tumbuh tinggi dengan baik, dan ini dapat membantu memperkuat otot lengan dan punggung anak dan menjaganya tetap fit.

6. Tidur Dengan Cukup

Cara berikutnya untuk meningkatkan tinggi tubuh anak adalah dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur yang memadai dan berkualitas tinggi dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. 

Karena ketika tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, yang berperan dalam mendorong pertumbuhan pada anak. Berikut adalah durasi tidur yang disarankan berdasarkan usia anak.

  • Bayi dengan berusia 0-3 bulan: 14-17 jam
  • Bayi dengan berusia 3-11 bulan: 12-17 jam
  • Bayi dengan usia 1-2 tahun: 11-14 jam
  • Bayi dengan berusia 3-5 tahun: 10-13 jam
  • Anak dengan usia 6-13 tahun: 9-11 jam
  • Remaja dengan usia 14-17 tahun: 8-10 jam.

Pastikan anak tidak kurang dalam waktu tidur, karena ini untuk merangsang pertumbuhan badan menjadi tinggi dengan cepat. Tidur siang juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

7. Pertahankan Postur Tubuh Anak dengan Baik

Apakah anak sering membungkuk? Sebaliknya, ingatkan dia untuk tidak melakukan itu. Jika anak Anda terbiasa membungkuk, ukurannya dapat terpengaruh dari waktu ke waktu. Postur tubuh yang buruk juga bisa membuat anak terlihat lebih pendek. 

Selain itu, anak-anak mungkin juga merasakan sakit di leher dan punggung. Agar anak cepat tinggi, pastikan ia mempertahankan postur tubuhnya dengan baik, duduk tegak dan berdiri. Tas sekolah anak-anak juga tidak boleh terlalu berat, karena tas dengan isi beban yang berat bisa membuat anak jadi membungkuk.

Sebaiknya latihan yoga dan melibatkan banyak peregangan dan gerakan keseimbangan yang baik untuk membantu anak Anda tumbuh tinggi dengan baik. Namun, Anda harus terlebih dahulu berbicara dengan guru yoga profesional tentang pose yoga yang aman untuk anak-anak.

Beberapa orang tua mungkin juga ingin memberikan suplemen peningkat tubuh untuk anak-anak. Sebelum Anda memberikannya, pastikan bahwa suplemen aman untuk anak dan Anda telah berkonsultasi dengan dokter.

Cara Memaksimalkan Tumbuh Tinggi Badan Anak.

Bagaimana jika anak tidak tumbuh tinggi dengan normal?

Meskipun berbagai upaya sudah Anda lakukan untuk membuat anak tumbuh tinggi dengan baik, ingatlah bahwa pertumbuhan ukuran setiap anak berbeda-beda. Hindari membandingkan tinggi badan anak Anda dengan anak-anak yang lainnya.

Misalnya, "Teman Anda sudah tinggi, bagaimana ukuran anak Anda masih dengan cara yang sama, kan?" Mengatakan ini bahkan bisa membuat anak merasa rendah diri atau minder. Selain itu, jika anak diejek oleh temannya karena fisiknya, pastikan Anda mendukung Anak Anda tersebut untuk tetap percaya diri dan yakin dirinya bisa tumbuh tinggi seperti teman-temannya yang lainnya.

Akhir Kata

Jika Anda khawatir tentang pertumbuhan anak, tidak ada salahnya untuk melihat anak Anda untuk menemui dokter. Pemeriksaan ini dapat membantu mengidentifikasi hambatan pertumbuhan anak sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Nah, itulah 7 Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi, Sehat dan Cerdas. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel