20 Makanan untuk Memperlancar ASI dan Menambah Kualitas ASI

Makanan untuk Memperlancar ASI, Memperbanyak dan menambah Kualitas ASI - Untuk membuat ASI lebih lancar dan berkualitas lebih tinggi, konsumsilah makanan penambah ASI biar ASI Anda lancar dan berkualitas, berikut ini tips untuk ibu menyusui! Bunda pasti sudah mengetahui bahwa air susu ibu (ASI), yang kental dan berkualitas tinggi, memiliki banyak manfaat bagi bayi. ASI, pada kenyataannya, sangat berguna untuk kesehatan dan perkembangan si kecil.

Makanan untuk Memperlancar ASI

Makanan untuk Memperlancar ASI

Oleh karena itu, Bunda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak Anda dengan menjaga kualitas ASI, bukan?

Untuk dapat meningkatkan kualitas ASI, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan mengontrol pola makan yang sehat dan bergizi untuk menjaga stabilitas tubuh agar ibu tidak mudah jatuh sakit. Ada banyak pilihan makanan untuk ibu menyusui yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas ASI.

20 Makanan untuk Memperlancar ASI

Makan rekomendasi diet berikut untuk ibu menyusui akan membuat ASI lebih tebal dan berkualitas lebih tinggi dan padat nutrisi untuk anak Anda:

1. Roti gandum

Gandum adalah pilihan makanan untuk ibu menyusui yang cukup mudah ditemukan. Kandungan asam folat dalam gandum sangat baik untuk perkembangan otak bayi.

Agar ibu dapat meningkatkan kadar asam folat dalam ASI, cobalah mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum seperti roti gandum untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Atau ibu juga bisa membuat kue dan kue dari gandum sebagai camilan sore hari.

2. Telur

Bahan makanan lain yang digunakan untuk meningkatkan kualitas ASI adalah telur. Bahan makanan yang satu ini kaya akan vitamin D, yang berfungsi untuk menjaga tulang Anda dan juga perkembangan tulang bayi selama pertumbuhan.

3. Wortel

Wortel adalah sayuran dengan kandungan vitamin A, yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas produksi ASI. Selain itu, wortel juga dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk mempromosikan proses produksi susu (laktasi).

Bunda bisa mengonsumsi wortel sebagai memperlancar ASI dalam bentuk salad, jus, atau bentuk lain yang disukai. Makan wortel menjadi menu yang baik yang rutin dikonsumsi oleh ibu menyusui.

4. Kurma

Kurma adalah buah-buahan yang memiliki kandungan kalsium dan serat yang tinggi. Makan kurma dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang merangsang tubuh wanita untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Dalam budaya Timur Tengah, kurma sering diberikan kepada ibu yang baru saja melahirkan. Jenis kurma segar atau kurma kering dapat dikonsumsi pada ibu menyusui. Nutrisi yang baik dalam kurma seperti kalsium, serat, zat besi, dan vitamin B6 dapat diteruskan ke bayi saat menyusui.

5. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan kalsium yang baik, yang dikonsumsi pada ibu menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa wanita sering kehilangan 3-5% dari massa tulang selama menyusui. Oleh karena itu, konsumsi yogurt dianjurkan untuk kesehatan tulang pada ibu menyusui.

Yogurt Yunani jenis ini memiliki sumber protein yang baik dan kandungan kalsium yang cukup untuk kebutuhan ibu menyusui. Selain bermanfaat bagi kesehatan tulang, kandungan kalsium dan protein dalam yogurt berguna untuk memperlancar ASI.

Ibu bisa menambahkan buah atau sereal ke greek yogurt, yang tentunya membuat makanan lebih nikmat. Namun, konsumsi yogurt tidak dianjurkan jika bayi memiliki intoleransi terhadap protein susu.

6. Asparagus

Asparagus adalah makanan kaya serat yang kaya akan vitamin A dan K. Asparagus merangsang hormon dan sangat bagus untuk Ibu yang sedang menyusui.

Anda bisa makan asparagus dengan mengukus atau menyiapkan asparagus tumis dengan sayuran lain untuk hidangan atau camilan yang lezat. Selain rasanya yang enak, sayuran ini sudah lama digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.

7. Biji Fenugreek

Biji fenugreek sering ditemukan dalam berbagai resep masakan Asia. Fenugreek juga merupakan obat yang populer untuk meningkatkan produksi ASI. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa minum teh fenugreek secara teratur dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

8. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat mendukung proses ASI agar lebih lancar pada beberapa wanita. Namun, beberapa orang percaya bahwa saat menyusui, makan terlalu banyak bawang putih dapat menyebabkan bau yang cukup tajam.

Beberapa bayi tidak terlalu menyukai bau bawang putih yang menyengat, sehingga Anda dapat menyesuaikan konsumsi dengan kebutuhan Anda.

9. Biji Adas

Biji adas sering merupakan peningkatan produksi ASI dan bantuan gas dan perut kembung diperah.

Diyakini bahwa makan biji adas selama menyusui meningkatkan volume dan kandungan lemak susu dan membantu bayi menambah berat badan.

10. Kecambah Alfalfa

Alfalfa adalah jenis kacang polong. Alfalfa sering dikonsumsi dalam salad dan berbagai suplemen karena memiliki berbagai manfaat untuk menyusui. Hal ini sering digunakan dalam teh dan suplemen untuk meningkatkan ASI.

11. Biji Wijen

Biji wijen dapat meningkatkan produksi ASI, biji ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan dapat meningkatkan produksi ASI. Asupan kalsium selama kehamilan dan menyusui sangat penting untuk kesehatan tulang ibu dan anak.

Mengkonsumsi terlalu sedikit mineral selama menyusui dapat menghasilkan ASI dengan kandungan kalsium yang rendah.

Untuk ibu menyusui, dosis kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1.000 miligram. Hanya 3 sendok makan wijen yang menyediakan lebih dari 25 persen dari jumlah itu.

12. Ikan Salmon

Apakah Anda mengenal ibu? Makanan untuk meningkatkan kualitas ASI bisa didapatkan dari makanan jenis ikan, lho. Namun, untuk membuat kualitas ASI dan lemak, jenis ikan terbaik adalah salmon. Salmon mengandung omega-3 epa (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic).

Nah, DHA sangat baik untuk perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan bayi, sementara EPA baik untuk pembentukan jantung dan sel darah. Tentu saja, ibu tidak perlu ragu untuk makan makanan sehat untuk ibu menyusui ini, karena salmon sulit untuk menjadi terkenal karena kelezatannya.

Namun, pastikan Anda memasak salmon sampai matang, karena untuk mengantisipasi adanya kuman dalam makanan sehat untuk ibu menyusui.

13. Susu Kedelai

Saat ini, masih banyak ibu yang memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak memang menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui. Namun, untuk memperkaya pola makan, Bunda bisa menggabungkannya dengan susu kedelai atau susu kedelai.

Susu kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi alergi pada bayi. Selain itu, susu kedelai mengandung lesithin, antioksidan, saponin dan juga isoflavon, yang merupakan zat yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel abnormal.

14. Daging Sapi Tanpa Lemak

Bagi ibu yang suka makan steak daging sapi, makanan ini tetap aman dikonsumsi saat menyusui, lho. Namun, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi daging sapi bebas lemak.

Ini karena daging sapi bebas lemak mengandung banyak zat besi. Zat besi dalam makanan untuk ibu menyusui sangat dibutuhkan oleh ibu untuk meningkatkan energi yang mengalir setelah melahirkan dan menyusui kehamilan.

Namun untuk menghindari bakteri, pastikan daging sapi yang Anda konsumsi dimasak pada tingkat kematangan yang dibuat dengan baik, ya.

15. Beras Merah

Makanan berikutnya untuk ibu menyusui adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galactogogus, yang baik untuk pengenalan ASI. Beras merah juga membantu proses pemulihan pascanatal.

Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjadi gilanya kadar dalam darah Anda, lho.

Yang terpenting, makanan untuk ibu menyusui juga mengandung banyak senyawa yang meningkatkan kualitas ASI, lho. Jika anak Anda sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, beras merah juga bisa menjadi suplemen yang baik untuk bayi.

16. Buah dan Sayuran

Buah-buahan adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin. Tentu saja, ibu membutuhkan banyak asupan vitamin selama menyusui, terutama vitamin C. Padahal, vitamin C lebih dibutuhkan oleh ibu saat menyusui ketimbang saat hamil.

Untuk meningkatkan kualitas ASI, Moms dapat meningkatkan konsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, nanas, mangga dan sejenisnya.

Sementara itu, jika sayuran, itu jelas bermanfaat untuk nutrisi dan pencernaan bayi. Sayuran yang dapat digunakan sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain bayam, janry dan kentang.

17. Oatmeal

Makanan sehat berikutnya untuk menyusui adalah gandum. Selain menyusui, oatmeal juga sangat cocok untuk dikonsumsi selama kehamilan, karena dapat mencegah timbulnya diabetes selama kehamilan.

Makan oatmeal juga dapat membuat ASI lebih mudah selama menyusui dan juga memberi Anda cukup kalori untuk berbagai aktivitas selama menyusui.

18. Kacang-kacangan

Untuk camilan sehat saat menyusui, bunda bisa membuat kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah hingga kacang hijau sebagai camilan sehat untuk menyusui.

Kacang-kacangan ini mengandung banyak protein yang baik, yang efektif sebagai cara untuk meringankan ASI. Almond sendiri mengandung senyawa dan zat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Sebagai cara untuk memfasilitasi ASI, makan kacang-kacangan dan makanan sehat untuk ibu menyusui lainnya dapat menyebabkan pasokan ASI Anda menjadi berlebihan.

Untuk itu, Bunda bisa menggunakan pompa payudara agar ASI berlebih bisa disimpan di kulkas. Jangan lupa untuk menggunakan botol ASI steril agar ASI berkualitas tinggi terlindungi dari kuman dan bakteri.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin memberikan ASI yang tersimpan, karena ibu dapat menggunakan ASI yang lebih hangat sebelum memberi anak Anda ASI berkualitas tinggi.

19. Air putih

Selama menyusui, frekuensi air yang bocor melalui ASI dan aktivitas ibu lainnya tentu akan menjadi jauh lebih tinggi. Jadi, agar ibu tidak kekurangan cairan dan kualitas ASI menurun, jangan sampai ibu minum air putih, ya!

Pastikan Anda mengkonsumsi air yang matang dan bebas dari kuman dan bakteri. Bunda juga bisa mengurangi dan menghindari konsumsi air minum isi ulang dan juga air minum kemasan.

20. Daun Katuk

Bukan rahasia lagi bahwa daun katuk merupakan salah satu makanan ibu menyusui yang efektif dalam menghaluskan ASI. Bahkan daun katuk dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI hingga 50%, lho!

Daun katuk bisa dimasak sebagai saus bening dan dimakan dengan nasi merah, yang juga baik untuk ibu menyusui.

Ternyata tidak sulit untuk meningkatkan kualitas ASI dan ASI yang lancar, bukan? Selain makanan sehat untuk ibu menyusui, pastikan Anda juga berolahraga dan istirahat yang cukup untuk meringankan ASI.

Akhir Kata

Stres juga dapat mempengaruhi kualitas ASI Anda, jadi sangat disarankan jika Anda selalu rileks dan tidak terlibat dalam aktivitas yang berlebihan. Tetapi bagaimana jika susu yang dihasilkan masih hilang? Ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi produksi ASI Anda, salah satunya adalah faktor genetik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel