5 Rumah Adat Jawa Tengah Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Rumah Adat Jawa Tengah lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya  – Negara Indonesia identik sekali dengan keunikan budayanya. Kenapa sepeti itu? Ya, hal ini dikarenakan semua daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Bahkan dapat dilihat dari acaa resepsi pernikahannya, pakaian adatnya, upacara adatnya, senjata tradisional, kulinernya bahkan rumah adatnya pun sangat beragam. 

Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah Adat Jawa Tengah

Pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk mengulas Pulau Jawa. Pulau Jawa terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Disini kami akan berbicara mengenai Jawa Tengah, di daerah Jawa Tengah ini identik dengan tujuan wisata. Namun, selain identik dengan objek wisatanya, di Jawa Tengah juga identik dengan sejarah dan termasuk juga dengan rumah adat JawaTengah

Macam-macam rumah Adat Jawa Tengah

Pada dasarnya, orang Jawa Tengah dahulu kala dalam membangun rumah berlandaskan fungsi dan status sosialnya. Seperti halnya rumah adat Joglo ini dikenal sebagai rumah yang dibangun dan dibuat bagi para bangsawan atau orang kaya. Hal ini dikarenakan rumah Joglo ini berbahan utama kayu dengan harga yang lebih mahal dan tentunya sangat berkualitas. 

1. Rumah Joglo

rumah joglo

Rumah Joglo ini memiliki ciri – ciri yaitu terdapat empat tiang utama yang ada di depan rumah. Sedangkan untuk ruangannya terdapat 2 bagian.

Bagian rumah induk bentuknya seperti Pendopo dan terdapat Emperan, pringgitan, Senthong Tengah, Senthong Kiwa, Senthong engen. Sedangk an untuk bagian rumah tambahannya terdapat sebuah ruangan Gandhok.

2. Rumah Limasan 

rumah limasan

Yang kedua ada Rumah adat Limasan. Rumah ini mengacu pada bagian atapnya yang berbentuk limas. Bagian atap rumah adat ini memiliki 4 sisi dan sekilas mirip sekali dengan rumah adat Sumatra Selatan. Namun untuk rumah adat ini terdiri berbagai macam bagian yaitu ada bagian Lawakan,Gajah Mungkur, semar Pindohong dan Klabang Nyander.

Rumah adat yang satu ini biasanya terbuat dari bahan material batu bata yang kokoh, dan uniknya lagi rumah adat Limasan ini tidak dicat atau hanya dibalut lapisan lainnya namun tetap terlihat indah walaupun caranya sederhana.

3. Rumah Tajug 

rumah tajug

Unuk jenis rumah adat yang ketiga yaitu rrumah ada tajug. Tentu jenis rumah ini berbeda dengan konsep rumah adat lainnya. Rumah adat Tajug ini dibuat bukan untuk keperluan dihuni melainkan untuk melaksanakan kegiatan ibadah. Maka dari itu, rumah adat ini tidak bisa dibangun sembarangan. Salah satu contoh dari rumah adat Tajug yang sangat populer di Indonesia ialah bangunan Masjid Agung Demak. 

Apalagi rumah adat Tajug terdapat berbagai macam, yaitu ada Lambang Sari, Mangkurat, Semar Sinongsong dan Semar Tinandhu. Bagian atap rumah adat ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan atap rumah adat Joglo. Namun pada ujung atap rumah adat ini bentuknya segitiga yang melambangkan sebuah keabadian dan keesaan Tuhan yang Maha Esa.

4. Rumah Adat Panggang

Rumah Adat Panggang

Untuk jenis rumah adat yang ke empat ada rrumah adat Panggang. Jika dibandingkan dengan rumah adat yang lainnya maka rumah adat yang satu ini termasuk jenis rumah adat yang paling sederhana. 

Rumah adat ini memiliki bentuk dasar yang mengadopsi dari berbagai bangunan rumah adat yang lain. Memiliki tiang penyangga jumlahnya 4, bisa 6 yang bentuknya sederhana. Biasanya rumah adat ini hanya berfungsi sebagai warung untuk keperluan berjualan atau pos penjaga yaitu siskamling atau semacamnya.

5. Rumah Adat Kampung Jawa Tengah

Rumah Adat Kampung Jawa Tengah

Sedangkan yang terakhir ada rumah adat Kampung. Rumah ini berfungsi sebagai tempat tinggal masyarakat, seperti halnya rumah adat Joglo. Namun, rumah adat Kampung ini biasa ditujukan sebagai tempat tinggal untuk rakyat biasa atau bagi kalangan sosial menengah kebawah seperti petani, peternak dan pekerja pasar. 

Namun untuk ciri khusus dari rumah adat ini adalah memiliki jumlah tiang dengan berkelipatan 4. Biasanya bangunan rumahnya nampak berbentuk persegi panjang serta terdapat 2 lapis tiang guna sebagai menyangga atap rumah. Tiang penyangga rumah ini terbuat dari balok, usuk, dan kayu reng, tentu sifatnya yang kuat. Biasanya rumah adat ini memiliki teras di bagian depan dan juga belakang rumah.

Akhir Kata 

Nah itulah adi mengenai ulasan 5 macam rumah adat Jawa Tengah lengkap dengan gambarr dan penjelasanya. Selain rumah adat Jawa Tengah diatas masih banyak lagi rumah adat yang ada di Indonesia dan tenunya sangat unik untuk kalian ketahui. Semoa ulasan ini bisa menambah wawasan Anda mengenai keberagaman Indonesia yang sangat kaya adat istiadan dan akan budayanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel