5 Manfaat Pohon bagi Kehidupan dan Cara Melestarikannya

Manfaat Pohon bagi Kehidupan dan Cara Melestarikannya. - Pohon adalah salah satu sumber kehidupan di Bumi. Manfaat pohon bagi kehidupan dan cara melestarikannya harus diketahui agar dapat menjaga kelestarian alam di masa depan. Sejak kecil, kita telah diperkenalkan dengan pentingnya melestarikan alam. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. 

Manfaat Pohon bagi Kehidupan


Manfaat Pohon bagi Kehidupan

Dimulai dengan tidak menyebabkan membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik dan penghijauan dengan menanam pohon. Pohon adalah salah satu komponen terpenting dari bumi. Pohon menyediakan mata pencaharian bagi manusia, hewan dan tanaman kecil lainnya. 

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, konsumsi produk olahan kayu dan alih fungsi hutan juga meningkat. Akibatnya, banyak pohon di hutan yang ditebang dan digantikan oleh tanaman yang tidak memiliki fungsi yang sama. Sebut saja perkebunan kelapa sawit atau pembukaan lahan pertambangan. 

Kerusakan alam yang terus terjadi tentu akan berdampak besar di masa depan. Bisa jadi, generasi penerus kita tidak bisa lagi menikmati keindahan alam dan stabilitas kondisi alam pada masanya.  Mari kita lebih dalam tentang manfaat pohon bagi kehidupan dan bagaimana melestarikannya untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap pelestarian alam.

Sebelum Anda mendapatkan informasi tentang manfaat pohon bagi kehidupan dan cara mendapatkannya, Anda juga harus tahu bahwa ada peringatan hari pohon. 

Hari Pohon Internasional dirayakan pada tanggal 21 November. Tanggal ini digunakan sebagai dorongan untuk mengingat dan menghormati jasa Julius Sterling Morton. 

Dia adalah pecinta alam dari Amerika Serikat yang terus-menerus menganjurkan gerakan untuk menanam pohon di abad ke-18. Morton selalu berusaha untuk mempromosikan konservasi alam untuk melestarikan kelangsungan hidup manusia. 

Sementara itu, berbagai kampanye penanaman pohon dan gerakan lingkungan terus dilakukan oleh banyak lembaga. Misalnya, Greenpeace, World Wildlife Fund (WWF) dan sebagainya.

Manfaat pohon untuk kehidupan dan cara melestarikannya 


Kita, sebagai warga dunia, juga harus menunjukkan partisipasi untuk melindungi alam, terutama pelestarian pohon di lingkungan kita sendiri. 

Ambil momen Hari Pohon Internasional sebagai pengingat untuk berbuat lebih banyak setiap tahun. 

Berikut adalah manfaat pohon untuk kehidupan dan bagaimana Anda dapat melestarikannya yang dapat Anda lakukan. Manfaat pohon untuk kehidupan.

1. Menghasilkan oksigen dan menyerap karbon 


Keuntungan pertama dari pohon ini adalah sebagai produsen oksigen dan penyerap karbon. Seperti yang kita ketahui, pohon melakukan fotosintesis atau proses produksi pangan setiap harinya. 

Dalam fotosintesis, pohon menyerap karbon dioksida, atau salah satu zat arang yang mencemari udara yang kita hirup. 

Ikatan karbon kemudian diubah menjadi oksigen, yang dilepaskan ke bumi. Udara akan lebih bersih dan makhluk hidup yang menghirupnya akan lebih sehat.

2. Filter air agar lebih bersih 


Pohon juga memiliki keuntungan menjadi filter air. Dengan akar yang kuat, pohon menyaring pemurni air dan kemudian mengarahkannya melalui area sumber sungai dari hutan hilir. 

Keberadaan air bersih tentu sangat penting bagi semua makhluk hidup. Tanpa air, kita bisa mati karena dehidrasi tanpa minum air. 

Berbagai kegiatan juga tidak dapat dilakukan tanpa air bersih. Seperti mandi, mencuci pakaian, kegiatan di outhouse dan sebagainya. 

Oleh karena itu, pelestarian pohon harus dilakukan untuk menjaga pasokan air bersih di lingkungan tempat Anda tinggal.

3. Menjaga stabilitas suhu bumi 


Dengan produksi oksigen, yang berarti peningkatan kualitas udara, serta adanya pasokan air yang cukup, suhu bumi secara otomatis akan stabil. 

Kelebihan pohon yang satu ini sangat penting sebagai pencegah terhadap pemanasan global, yang menyebabkan peningkatan suhu bumi. 

Daerah yang berkelanjutan, karena ditanami banyak pohon, biasanya memiliki suhu 1 hingga 3 derajat Celcius lebih rendah dari daerah kering. Udara juga terasa lebih sejuk dan sejuk. 

Pemanasan global tidak hanya membuat udara terasa lebih panas, tetapi juga menyebabkan jumlah es di wilayah kutub terus menurun akibat mencairnya es. 

Jika ini masalahnya, jumlah air akan terus meningkat dan beberapa negara di Bumi akan terancam tenggelam dan bahkan nyawa berisiko.

4. Menjadi pelindung dan mencegah bencana alam 


Keuntungan lain dari pohon, yang tidak kalah penting, adalah perlindungan terhadap risiko bencana alam. 

Bencana alam dapat terjadi kapan saja, di mana saja karena berbagai faktor. Namun, risiko ini dapat diminimalkan dengan melestarikan pohon. 

Pohon telah terbukti melindungi kita dari risiko tanah longsor, menahan laju air banjir, mencegah abrasi atau erosi tanah, dan melindungi kita dari sambaran petir yang berbahaya.

5. Jadilah rumah bagi berbagai hewan dan tumbuhan 


Banyaknya pohon juga menjadi nilai tambah bagi keberadaan hewan dan tumbuhan. 

Pohon mendukung kehidupan hewan dan tumbuhan kecil lainnya dengan menyediakan sumber makanan, sumber air dan tempat berlindung. 

Melestarikan pohon berarti menjaga ekosistem yang terpelihara dengan baik untuk semua makhluk hidup di Bumi.

Cara Melestarikan Pohon 


Sangat penting untuk memahami manfaat pohon bagi kehidupan dan melestarikannya.  Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan pohon yang dapat dengan mudah dibuat: 

1. Menanam pohon di rumah Anda dan sekitarnya 


Cara termudah untuk melestarikan pohon adalah dengan menanam pohon di rumah atau di daerah sekitarnya. Seperti lahan kosong, taman, ruang halaman sekolah dan kantor atau di tempat lain. 

Tindakan penanaman pohon dapat dilakukan secara mandiri atau melalui gerakan besar-besaran dalam peristiwa tertentu. Misalnya, gerakan menanam satu pohon pada satu waktu untuk siswa. 

2. Tidak sembarangan menebang pohon 


Di beberapa daerah kita sering menemukan penebangan pohon besar untuk mencegah pohon tumbang di musim hujan atau untuk penggunaan kayu pohon. Penebangan pohon harus dilakukan dengan sistem penanaman tebasan. Setiap kali pohon ditebang, tanam pohon pengganti segera. 

Penebangan pohon juga harus selektif, yaitu memilih pohon yang tepat untuk dipotong. Misalnya, cukup pilih pohon tua yang tidak lagi tumbuh padat. Cara selanjutnya untuk melestarikan pohon adalah dengan tidak melintasi kayu pohon, baik di hutan maupun di sekitar Anda. 

Selain mengurangi nilai keindahan alam, menebang pohon juga mengganggu kesehatan pohon itu sendiri. Lebih baik menjaga pohon tetap bagus dan bersih. 

3. Mengurangi konsumsi produk kayu 


Mengurangi konsumsi produk kayu seperti saputangan dan kertas juga masuk ke dalam pelestarian pohon. 

Karena konsumsi tisu dan kertas yang berlebihan menyebabkan pelaku industri menebang pohon yang semakin agresif di hutan. 

4. Sanksi pembalakan liar atau pembakaran pohon 


Menjaga kelestarian pohon juga membutuhkan peran khusus bagi pemerintah dan pemangku kepentingan terkait.  Semua pelaku industri atau individu yang secara ilegal menebang dan membakar pohon di hutan harus diberi sanksi berat. 

Hal ini sangat penting untuk melestarikan sifat suatu daerah, untuk melindungi hewan dan tumbuhan di dalamnya dan untuk melestarikan kelangsungan hidup generasi berikutnya.  Itu adalah beberapa manfaat pohon bagi kehidupan dan bagaimana melestarikannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel