7 Jenis Baja Ringan Beserta Contohnya

Jenis Baja Ringan Beserta Contohnya - Baja ringan adalah benda yang keras benda ini diolah sedemikian rupa dengan sebuah komposisi atomnya membentuk sebuah baca dengan berat yang lebih ringan dan lebih fleksibel. Walaupun baca ini lebih ringan dan fleksibel namun benda ini tetap kokoh dalam mempertahankan bentuknya seperti halnya jaringan yang mana bajanya itu enteng tahan lama kuat dan juga awet. 

Jenis Baja Ringan Beserta Contohnya

Jenis Baja Ringan

Baja ringan ini bahan dasarnya terbuat dari Carbon Steel atau galvalum. Kandungan baja ini dari zat kimia seperti halnya aluminium Zink silikon tembaga dan juga karbon.

Baja ringan biasa digunakan sebagai kerangka untuk bangunan atau konstruksi seperti halnya pada rumah jembatan dan lain sebagainya.

Konstruk si atau arsitektur maka perlu halnya mengetahui jenis dari baja ringan ini oleh karena itu silakan teman-teman simak ulasannya berikut ini.!

Macam - macam baja ringan beserta fungsinya

1. Task

Jenis baja ringan yang pertama yaitu ada Taso. Taso sudah dikenal oleh masyarakat luas di mana jenis baja ringan ini juga biasa digunakan sebagai kerangka sebuah bangunan rumah Gan biasa digunakan sebagai kuda-kuda rangka bahkan bisa digunakan sebagai kerangka untuk jemuran dan lain sebagainya.

Tak heran jika zaman sekarang ini masyarakat lebih banyak memilih Taso ketimbang kayu dikarenakan Taso ini selain ringan juga tidak dirayakan di makan oleh rayap.

2. Bondek

Jenis baja yang pertama yaitu Bondek. Jenis baja ini sering digunakan sebagai pelapis atau pembungkus dari koran guna untuk menahan beban dan tekanan sebuah beton yang biasa digunakan seperti kerangka atap dimana biasanya atap menggunakan sebuah kayu namun pada hal ini bisa digunakan Sebuah baja jenis Bondek.

Apalagi Bondek ini cara bongkar yang relatif mudah akan memasangnya juga mudah untuk dilakukan serta biasa digunakan bahan bangunan.

3. Canal atau C

Banyak yang kedua kanal atau Canal ini bentuknya mirip huruf c dan biasa digunakan Novi rumah untuk langit-langit rumah bahkan juga biasa digunakan untuk kerangka bagian rumah. Jenis baja ini juga digunakan sebagai kerangka bagian atap rumah. Bentuknya kotak-kotak seperti sebuah balok Yang mana harganya ini sekitar Rp50.000 hingga Rp80.000 tergantung dengan kualitasnya.

4. Hollow

Jenis baja yang ketiga itu ah Hollow. Baja ini buat dari besi galvalum untuk ciri khasnya seperti balok dengan ujungnya membentuk sebuah persegi panjang layaknya sebuah puzzle atau sebuah Lego dan bentuknya bisa menjadi huruf t atau l dan lain sebagainya.

Biasanya baja ringan ini berfungsi untuk baku pintu baku pagar plafon gipsum ataupun dan lain sebagainya.

5. Kaso 

Jaringan yang selanjutnya yaitu ada kaso. Kaso mempunyai ketebalan sekitar 0,75 sampai dengan 1 mm. Biasanya jenis baja ringan yang ini digunakan untuk kerangka bagian atap rumah.

Adapun untuk unsur kimia yang terkandung di dalam jenis kasus ini adalah Zink. Baja ringan jenis ini sangat mudah untuk dipasang bahkan ada pelapis anti karatnya.

Bahkan jenis baja ringan yang satu ini sudah banyak beredar di pasaran untuk harganya itu bisa berubah-berubah untuk Harga kisaran sekitar Rp90.000 sampai dengan rp160.000.

6. Reng

Jenis baja ringan yang kelima yaitu ada Reng. Secara umumnya yaitu Pergilah arti halnya sebuah Bambu kayu makan sebuah logam yang biasa dipasang dengan keadaan melintang sebagai penahan atau kaso lagi atap seperti halnya genteng.

Adapun untuk tampilan dari rangka-rangka ini terkesan lebih modern dan futuristik. Bahkan Para produsen biasa menguji reng baja ringan jenis ini dengan cara merendamkan ke dalam air untuk melihat kekuatan dari jenis baja ringan reng ini. Untuk ketebalan jaringan jenis ini yaitu sekitar 0,40 sampai dengan 0,45 mm. Harga baja ringan jenis ini di Kisaran harga Rp2.000 sampai dengan Rp40.000 bahkan setiap tahunnya bisa mahal.

6. Spandek

Jenis baja ringan yang ke-6 yaitu ada spandek. Bentuk dari baja ringan ini seperti lembaran yang mana bergelombang dan biasa digunakan sebagai atap rumah atau kanopi bahkan ada bangunan yang biasa menggunakan lapisan dindingnya dari baja ringan jenis spandek ini.

Tak heran jenis baja ringan ini tahan lama bahannya ringan kuat anti karat. Jenis baja ringan spandek terkenal dengan keindahan dan kecepatan proses dalam pengerjaannya atau pemasangannya bahkan jenis baja ringan ini mempunyai pilihan warna yang sangat menarik dan bervariasi sehingga para pembeli bisa memilihnya sesuai dengan selera masing-masing.

Sayangnya jenis baja ringan yang memiliki daya serap cahaya matahari yang cukup tinggi sehingga di saat kita berada di dalam ruangan akan terasa lebih cepat panas gerak kalau terjadi hujan atau percikkan air maka bisa menimbulkan suara yang sangat bising atau berisik Oleh karena itu di dalam ruangan perlu adanya peredam suara meminimalisir dari suara berisik atau bising dari baja ini ketika terkena benda baik itu air hujan.

Akhir kata

Nah itulah beberapa jenis dari baja ringan yang dapat kami Pada kesempatan ini dan semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Kami ucapkan terima kasih sudah buatkan berkunjung media kami dan membaca artikel ini, sampai jumpa lagi pada yang lainnya terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Kode Cheta GTA Terbaru 2022