Tari Persembahan berasal dari Daerah Riau: Berikut Sejarah, Gerakan dan Keunikannya

Tari Persembahan berasal dari daerah Riau, berikut Sejarah, Gerakan, Gambar dan Keunikannya yang Perlu Kamu Ketahui - Tari persembahan adalah tari khas Melayu yang sering dipentaskan dalam rangka menyambut kedatangan para tamu agung. Biasanya Tari Persembahan ini dibawakan oleh 5 sampai 8 orang penari perempuan. Gerak tari persembahan ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu bertumpu pada gerakan tangan dan gerak kaki. Gerakan dengan cara menunduk sambil merapatkan telapak kedua tangan merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang.

Tari Persembahan 

Tari Persembahan
Sumber Gambar: Haluanpos.com

Biasanya para penari tari Persembahan ini mengenakan baju adat yang biasa dipakai pihak pengantin mempelai perempuan, yaitu baju adat khas daerah Riau yang disebut dengan baju kurung teluk belanga. Dapat kita saksikan bagian kepalanya terdapat sebuah mahkota yang sudah dilengkapi dengan hiasan-hiasan dengan bentuk bunga. Sementara untuk bagian bawah tubuh dari para penari biasa dibalut oleh kain songket dengan warna cerah.

Tari persembahan akan dipentaskan dengan apik dan di iringi dengan alunan musik Melayu yang bunyinya bersumber dari perpaduan antara suara marwas, gendang, biola atau fill, gambus, dan akordion. Nah untuk suara akordian ini merupakan sebuah unsur yang amat penting dalam seni musik Melayu, mengingat suara akordion tersebut yang menjadi ciri khasan dari musik Melayu.

Saat pertunjukan ari Persembahan ini biasanya ada salah satu orang penari yang akan membawakan sebuah kotak yang berisi sirih. Nantinya sirih yang ada di dalam kotak tersebut kemudian dibuka dan si tamu yang dianggap agung tersebut diberi kesempatan paling pertama untuk mengambil sirihnya sebagai bentuk rasa penghormatan, kemudian selanjutnya diikuti oleh tamu-tamu yang lain. Karenanya sudah banyak orang yang menyebut tari ini sebagai tari persembahan dari Riau walaupaun sebenarnya ini sebutan lain dari tari makan sirih.

Adapun bagi masyarakat Riau, sirih itu bukan hanya sekadar sebuah benda atau obat. Sirih bagi masyarakat Riau juga menjadi media untuk perekat dari segi pergaulan. Melalui sebuah tarian dari masyarakat Riau, mereka telah menunjukkan kesadaran bahwa manusia hidup di dunia ini harus saling berhubungan dengan satu sama lainnya. Dengan adanya kesadaran sosial tersebut kemudian mampu untuk menumbuhkan jalinan komunikasi yang baik, saling menghormati dan menghargai antar sesama manusia. 

Tari Persembahan yang berasal dari Riau ini meski pada awalnya jenis tarian ini seperti Tari Baksa Kembang yang ada di Kalimantan Selatan yang mana biasa dibawakan untuk menyambut para tamu, tetapi dengan seiring berjalannya waktu, Tari Persembahan ini kemudian ditampilkan dalam berbagai acara kegiatan, misalnya pada acara pentas seni.

Adapun untuk tarian Persembahan ini dibawakan oleh beberapa orang para penari yang salah satunya ini membawa wadah yang berisikan daun sirih dan kemudian diberikan kepada para tamu dengan sebagai simbol sebuah penghormatan.

Tari ini memang menggunakan sirih, tapi untuk tarian ini berbeda dengan jenis tarian sekapur sirih yang ada di Jambi. Gerakan tari Persembahan ini meliputi Balam Dua Sekawan, Selembayung, dan Lenggang Melayu Patah Sembilan. 

Setiap gerakannya memiliki kandungan maknanya masing-masing. Selanjutnya mari simak uraian secara lengkap yang akan kami ulas tentang Tari Persembahan beserta nilai-nilai adat istiadat yang terkandung di dalamnya, berikut ini.

Sejarah Tari Persembahan

Setiap peradaban yang ada memiliki sejarahnya masing - masing. Hal ini tentu bertujuan supaya kelanjutan peradaban tersebut ini tetap terkenang sampai ke generasi selanjutnya walaupun nantinya hal ini sudah lekang ditelan oleh zaman. Tidak terkecuali dengan adanya asal usul tari persembahan ini.

Pada tahun 1957 di kota ini sedang mengadakan sebuah musyawarah dengan tujuan untuk membahas sebuah tari persembahan, dimana biasanya di masyarakat ini menampilkan sebuah tari serta ada sebuah lagu khas Melayu yang mana difungsikan sebagai sarana persembahan bagi para tamu.

Maka dari itu diputuskanlah tarian ini dan dinamakan menjadi Tari "Makan Sirih". Sehingga, tari Makan Sirih ini pun mulai disosialisasikan oleh para-para seniman yang ada di Kepri agar kedepannya bisa dikenal khalayak Umum.

Tarian Makan Sirih ini mungkin tidak terlalu dikenal seperti halnya tarian Pasambahan asal Minang, Ranup Lampuan, maupun jenis tari Tauh yang berasal dari kabutan bungo, Jambi.

Fungsi dan Makna

Selain tari ini digunakan untuk menghormati para tamu agung, ada beberapa gerakan dalam tari persembahan ini juga mengandung beberapa makna.

a. Gerakan Selembayung

Untuk gerakan ini adalah salah satu jenis bentuk gerakan yang menyerupai sebuah atap dari rumah asli bagi masyarakat Riau.

b. Gerakan Balam Dua Sekawan

Gerakan salah satu jenis ini merupakan salah satu jenis dari gerakan yang dimaknai sebagai simbol kesetiaan maupun adanya rasa kebersamaan antar masyarakat Riau.

c. Gerakan Lenggang Melayu Patah Sembilan

Gerakan Lenggang ini bermakna untuk bisa mengapresiasi dan menghargai tamu undangan.

Penari dan Busana

Di era modern seperti sekarang ini, tari persembahan yang biasa difungsikan untuk menyambut para tamu yang datang ke Negara Indonesia misalnya tamu agung. Namun, seiring dengan adanya perkembangan zaman, tarian ini biasa digunakan pada saat pentas seni dan bertujuan untuk mengenalkan budaya klasik asli Riau.

Pada seni pertunjukkannya, jenis tarian ini akan biasa dibawakan oleh beberapa orang penari. Adapun salah seorang penari tersebut nantinya akan membawa wadah yang berisi sirih. Kemudian sirih tersebut sengaja di suguhkan kepada para tamu.

Setelah itu, barulah para tamu akan diminta untuk mengambil selembar sirih yang ada di dalam wadah tersebut. Biasanya, para tamu yang akan lebih dahulu mengambil daun sirih tersebut adalah tamu kehormatan yang memiliki pengaruh besar, kemudian disusul dengan bawahannya.

Mengapa dilakukan? 

Proses pengambilan sirih ini sengaja dilakukan dalam rangka untuk menghormati.

Bagi masyarakat asli Riau, sirih tidak hanya dianggap sebagai benda saja melainkan sebuah simbol.

Sirih merupakan sebuah simbol yang dapat menjadikan pertemanan semakin lengket dan meningkatkan keefektifan komunikasi dalam pergaulan.

Besar harapan masyarakat Riau bahwa di kemudian hari dengan dikenalnya tari persembahan ini, dapat memberikan efek positif.

Salah satu efek positifnya yakni manusia semakin menyadari bahwa dirinya dengan satu dan lainnya memiliki keterikatan.

Dari kesadaran inilah akan muncul sebuah komunikasi yang efektif, rasa empati, menghargai dan mengapresiasi antara satu dengan yang lainnya.

Hal ini jelas menunjukkan bahwa ras Melayu menjunjung tinggi yang namanya kekerabatan dan persahabatan.

Untuk para penarinya, tari persembahan membutuhkan sebanyak 5-10 orang personil putri.

Jumlahnya selalu dibuat ganjil karena nanti akan ada satu penari yang bersifat spesial.

Penari spesial ini yang ditugasi membawa wadah di hadapan para tamu sebagai persembahan.

Esensi dari pemberian wadah yang berisikan sirih ini sendiri sangat mulia.

Apabila ditemukan bahwa tamu tidak mau memakan sirihnya, hal ini sangatlah tidak sopan.

Karena sama saja tidak menghargai perwakilan masyarakat Riau yang ingin merekatkan hubungan.

Konon, sewaktu zaman kerajaan masih berjaya, jika sirih tersebut tidak diambil dan dimakan eh tamu hal ini terkategorikan sebagai perilaku yang tidak sopan.

Jelas, nuansa yang terasa akan sangat mengkhawatirkan dan sang pemilik kerajaan akan murka bila mengetahuinya.

Biasanya tarian ini ditarikan oleh para remaja. Hal ini dilakukan agar tarian ini tetap lestari.

Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman tarian ini juga dibawakan oleh para penari yang usianya lebih tua.

Busana yang biasa dikenakan oleh para penari yakni dinamakan baju adat kurung teluk belanga.

Di bagian kepala penari, terdapat hiasan yang dibentuk menyerupai bunga.

Sementara untuk pakaian bawah, si penari menggunakan balutan kain songket dengan pilihan warna yang cerah.

Musik Pengiring Tari Persembahan

Seperti tarian tradisional lainnya, tari persembahan juga diiringi dengan musik pengiring yang terdiri dari beberapa alat musik.

Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Marawis

Dalam tari persembahan, marawis merupakan sebutan untuk sekelompok yang memainkan musik perkusi.

Marawis sendiri merupakan perpaduan antara seni yang berasal dari Timur Tengah dan juga Betawi.

Sehingga, marawis khas dengan unsur keagamaannya.

Hal ini juga dapat terlihat dari beberapa ragam lirik lagu semacam pujian – pujian untuk mendekatkan diri pada sang Pencipta.

2. Gambus

Gambus adalah salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan asalnya dari Timur Tengah.

Biasanya terdapat senar pada gambus dan jumlah terbanyaknya 12 buah.

Gambus sendiri bisa dimainkan secara beriringan dengan gendang.

Beberapa orkes sering menggunakan gambus sebagai alat utamanya.

3. Akordion

Akordion merupakan salah satu alat musik yang diaminkan dengan cara dipetik.

Akordion sendiri masuk dalam kategori tuts seperti organ.

Hanya saja, ukurannya relatif kecil dan cara memainkannya yakni menggantungkan pada badan.

Ternyata, akordion ditemukan oleh Buschmann yaang berasal dari Berlin, Jerman.

Tombol yang ada pada akor dimainkan dengan menggunakan jari di tangan kiri, sementara jari pada tangan kanan difungsikan untuk membawakan melodi pada lagu yang dimainkan.

Ini bisa saja hanya berlaku bagi pemula saja, karena biasanya jika sang pemuda Akordion sangat mahir, mereka bisa menggunakan tangannya secara bergantian.

Teknik memainkannya yakni dengan memberi perlakuan berupa dorongan dan tarikan supaya udara yang ada didalamnya ikut tergerak.

Bergeraknya udara dalam akordion akan menyebabkan munculnya bunyi yang indah dari alat musik ini.

4. Kendhang

Kendang merupakan salah satu instrumen yang ada dalam kategori gamelan.

Kendhang sendiri lebih diken di pulau jawa dan tersebar di berbagai provinsi di dalamnya.

Masyarakat Jateng dan Jatim beranggapan bahwa kendhang adalah isntrumen yang berfungsi menyetel irama.

Cara memainkan kendhang sendiri yakni ditepuk menggunakan tangan tanpa adanya alat bantu.

Kendhang juga mempunyai beberapa istilah disesuaikan dengan ukurannya.

Kendhang bisa juga disebut ketipung apabila ukurannya lebih kecil. Dan bisa juga diistilahkan cinlok jika ukurannya medium.

Terakhir, kendang bisa juga berukuran besar dan secara umum dijuluki kendhang kalih atau Gedhe.

5. Biola

Salah satu instrumen yang dapat digunakan dalam tari persembahan.

Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. Biola sendiri terdiri dari empat buah senar yang penyetelannya bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Biasanya istilah biola dipanggil dengan fiddle.

Untuk lagu – lagu tradisional sendiri, fiddle juga dimainkan untuk dibawakan dengan lagu – lagu islami tradisional.

Ragam Gerak

Gerakan tari persembahan ini sederhana, bahkan terbilang mudah.

Namun, bukan berarti tarian ini bisa dipelajari hanya dalam waktu beberapa jam ya.

Pada tari persembahan, tari persembahan terdiri dari 8 gerakan dengan keteraturan 14 dikalikan 8 ketukan.

Tari Sekapur Sirih ini menjadikan Lenggang Patah Sembilan sebagai ciri khasnya.

Tarian Lenggang Patah Sembilan meliputi beberapa gerakan seperti lenggang di tempatnya, memutar dengan arah satu lingkaran serta lenggang maju dengan model arah yang berubah.

Hanya saja, pada tari Makan Sirih terdiri dari dua gerakan yakni gerakan Lenggang Patah Sembilan Tunggal dan Lenggang Patah Sembilan Ganda.

Untuk gerakan yang lainnya, simak penjelasannya di bawah ini!

a. Igal

Dalam tari sekapur sirih ini, igal adalah gerakan pada tangan dan badan dengan penekanan.

b. Liuk

Liuk sendiri lebih dimaknai dengwn gerakan ketika penari menundukkan maupun mengayunkan badannya.

Wah, bahkan gerakan ini pun juga ada istilahnya. Ternyata tidak semudah yang dikira ya!

c. Lenggang

Lenggang adalah isitilah untuk gerakan saat penari berjalan dan menggerakkan tangannya.

Hal ini pun juga disoroti sehingga akan semakin tercipta sebuah keidealan saya mementaskan tariannya.

Lenggang sendiri terbagi menjadi dua jenis gerakan yakni, Lenggang Patah Sembilan Tunggal dan Lenggang Patah Sembilan Ganda.

Masing – masing memiliki ciri khas pada gerakan tangan dan kaki.

1. Gerakan Tangan

Pertama, tarian ini menekankan pada gerakan tangan.

Gerakan tangan ini dimulai dari bagaimana para penari yang mengawali dengan merapatkan tangan.

Merapatkan tangan ini bermakna bahwasannya para penari sedang memberikan penghormatan pada para tamu.

Jadi tarian ini memiliki makna yang mirip dengan tari Puspanjali dari Bali yang memiliki makna penghormatan.

2. Gerakan Kaki

Para penari tari sekapur sirih juga perlu memperhatikan dan memahami beberapa gerakan yang biasanya menggunakan kaki.

Termasuk dari cara berjalan menuju tamu, dan gerakan saat menunggu para tamu mengambil sirih.

Para penari juga perlu untuk memahami berbagai istilah dalam tari persembahan ini.

d. Titi Batang

Titi Batang adalah gerakan para penari saat berjalan melewati titian batang.

Dalam gerakan ini para penari harus belajar melatih kefokusan dan kesabaran saat melewati batang tersebut.

e. Gentam

Gentam merupakan istilah untuk gerakan penari yang berusaha menghentakkan bagian tumit kakinya.

f. Cicing

Cicing merupakan istilah ketika penari melakukan gerakan tarian sambil diikuti gerakan lari kecil.

Gerakan lari kecil ini semacam gerakan lari kecil saat mengawali senam.

g. Legar

Legar merupakan salah satu gerakan penari dimana mereka harus berkeliling secara 180 derajat.

Pola Lantai Tari Persembahan

Beberapa pola lantai yang digunakan dalam tari persembahan adalah sebagai berikut :

a. Pola Lantai Setengah Lingkaran

Sesuai dengan namanya, pola lantai ini berbentuk seperti setengah lingkaran.

Sehingga para penari akan membentuk setengah lingkaran diiringi dengan gerakan tertentu.

b. Pola Lantai Zig Zag

Sedangkan di pola lantai zig zag, para penari akan membentuk bentuk seperti huruf Z.

Disinilah para penari dilatih kesabaran dan juga kedisiplinan.

c. Pola Lantai Lurus

Untuk pola lantai yang bentuknya lurus, para penari hanya membentuk shaf ke belakang memanjang dengan gerakan tertentu.

Properti

Setiap tarian pasti akan didukung dengan properti sehingga akan lebih menampakkan keseriusan saat pertunjukkan.

Tepak Sirih

Tepak Sirih merupakan satu-satunya properti yang digunakan dalam tari persembahan.

Sesuai dengan namanya, tepak ini memang sengaja dibawa oleh salah satu penari untuk dibawakan kepada tamu agung.

Nilai – Nilai Tari Persembahan

Setiap tarian tertentu akan memiliki nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

1. Disiplin dan kesabaran

Salah satu nilai – nilai yang terkandung dalam tari persembahan, yakni kita diminat untuk belajar disipin dan sabar.

Disiplin dan kesabaran kita terlihat dari bagaimana para penari belajar memahami berbagai istilah gerakan yang ada.

Pun juga bagaimana para penari bisa merasakan setiap makna dari gerakan tari persembahan, bukan hanya pengalaman menari saja.

2. Hiburan

Selain mengajarkan kedisiplinan dan kesabaran, tarian ini juga sebagai hiburan karena menampilkan banyak ragam gerakan.

Sehingga, tamu merasa senang dan terhibur karena perpaduan dari tema tarian dan gerakannya.

3. Pelestarian Budaya

Selain menghibur, tarian ini juga menjadi salah usaha untuk melestarikan budaya yang hampir punah di Melayu.

4. Seni

Nilai seni yang dapat diambil dari tari sekapur sirih yakni pada unsur geraknya, kemudian musik yang mengiringi.

Ditambah dengan penggunaan lagu Melayu Riau menjadi daya tarik seni tari persembahan ini.

5. Olahraga 

Mengapa nilai olahraga dimasukkan? ya, dikarenakan tarian ini mempunyai gerakan yang menjadi negasi dari statis.

Pastinya sangat membutuhkan persiapan fisik dari para penari.

Para penari juga dituntut untuk mengasah kelenturan tubuh maupun kekuatan mereka.

6. Kreativitas

Nilai ini menunjukkan sisi kreativitas dari masyarakat Melayu dalam mengekspresikan keindahan.

7. Kekeluargaan

Kekeluargaan juga menjadi nilai tersendiri dalam tari persembahan ini.

Pasalnya, dikarenakan banyak istilah yang harus dihafalkan dan dipahami, secara tidak langsung terbangun rasa saling menyayangi seperti layaknya keluarga.

Selain itu, saat berlatih, penari sebenarnya bisa sambil melakukan beberapa hal yang tetap bisa menghibur seperti main pantun bersama penari.

Sehingga, berawal dari sinilah kekeluargaan terbentuk dari dalam diri mereka.

Ternyata di Pulau Sumatera, tarian tidak hanya ada di Jambi, Bengku maupun Padang saja.

Tari persembahan pun nyatanya baru dikenal beberapa tahun belakangan ini.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang artikel tari persembahan yang singkat ini. Semoga dengan adanya ulasan artikel ini, semakin menjadikan kita lebih bersyukur tinggal di bumi Pertiwi yang kaya akan tarian tradisionalnya ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel