Tarian Babangsai : Sejarah, Properti, Kostum Gerakan dan Asal Daerahnya

Tarian Babangsai : Sejarah, Properti, Kostum Gerakan dan Asal Daerahnya - Tarian Babangsai adalah ekspresi apresiasi dan kebahagiaan yang sukses. Panen benih tari ini dilakukan sebagai bagian dari upacara Aruh Ganal. Kegembiraan komunitas penyangga ini terlihat di depan masyarakat Loksado.

Tarian Babangsai

Tari Babangsai

Sebagai aktor dan penyelenggara Aruh Ganal. Upacara Aruh Ganal diadakan setahun sekali sesuai dengan ketentuan. Masyarakat adat Loksado Hulu Sungai di Provinsi Kalimantan Selatan. Pertunjukan Tarian Babangsai.

Upacara Aruh Kanal dilakukan di satu sisi dan di sisi lainnya juga. Hiburan bagi masyarakat untuk melakukan upacaranya agar mereka dapat melaksanakan upacaranya yang sesuai Itu tujuh hari tujuh malam.

Seni yang kuat dan kekuatan bertarung mematuhi tugas atau peran dalam cara hidup komunitas. Sponsor selama diperlukan dan dari ragam kehidupan dan seni perkembangan di pulau itu dalam tarian. Babangsai memiliki fungsi untuk kehidupan. Kemasyarakatan dan Kebudayaan Masyarakat Dayak.

Melakukam tari merupekan bagian dari ritual keagamaan. Komunitas Dayak  bangkit Saat ini, upacara masih dilakukan dari generasi ke generasi. Upacara AruhGanal (Pesta Besar atau Panen Besar). Adopsi AruhGanal dijalankan oleh komunitas penyangga. mMenurut aturan dan tindakan khusus Menari, sementara itu, menggambarkan sebuah ritual atau ritual.

Ini semacam perilaku pameran aturan dalam ruang dan waktu ekstra. Ritual adalah kumpulan dari banyak hal. Tindakan ini diterima secara luas oleh anggota tentang hubungan mereka dengan diri mereka sendiri

Lalu pendapat itu, Aruh Ganal ritualnya jelas beri hormat pada roh nenek moyang atas manfaat nasihat yang diterima. Keluar dari panen meluap dari hutan roh dan semesta dipanggil untuk Bertindak. Upacara sangat dalam AruhGanal menampilkan aksi, aktor dan Fasilitas pendukung sudah sesuai.

Patuhi aturan dan regulasi dalam melakukan ritual komunitas Dayak Loxado. Selalu ada upacara AruhGanalm setiap tahinya. Tunjukkan Tari Babangsai salah satu seni pertunjukan Apakah ini tarian barangsi mengacu pada atau menyelesaikan upacara.

Sehingga penyajian tarian ini menjadi satu kesatuan pada upacara Tari AruhGanal Babangsai. Pada upacara tersebut, AruhGanal terlihat di Deretan fungsi yang sangat penting terstruktur. Siap untuk upacaranya.

Tarian Babangsai Berasal dar Daereh Mana?

Tugasnya adalah berdonasi dengan kegiatan. Sebagai bagian dari aktivitas semuanya sama dengan menari.Babangsai yang merupakan satu kesatuan Yang berlanjut dalam upacara Arora Ganal dan memiliki pengaruh besar.

Lingkungan sosial dan budaya masyarakat Dayak Loxado. Dalam hal ini tampaknya jelas. Kaitan antara Upacara AruhGanal dan Tari. Babangzai terhubung dan Perkuat pekerjaan satu sama lain. Bola api menari dalam bentuknya Seni pertunjukan, ritual, dan gangguan fitur lokal dengan fungsi Suci untuk komunitas yang mendukung.

Dinyatakan bahwa fungsi seni pertunjukan ini dapat dibagi menjadi dua kategori:

Fungsi primer dan sekunder. Fungsi pokok seni rupa. Pertunjukan, termasuk ritual menawarkan hiburan dan fungsi pribadi yang indah. Keburukan ini menunjukkan gairah batin. Media persatuan dan komunikasi Selama dukungan kerajaan. AruhGanal meninggalkan eksposur latar belakang.

Saat itu banyak masalah yang muncul. Yang akan membutuhkan studi lebih lanjut untuk diperoleh Juga dijawab secara komprehensif. Karena itu, masalahnya bisa ditentukan dalam dua format pertanyaan utama dan menariknya, hal itu ditunjukkan sebagai berikut:  apa fungsi tari Babangzai dalam upacara Aru Ghana; Dan (2) mengapa menari?

Tari Babangsai selalu ada di setiap orang. Lakukan ritual Aruh Ganal di desa. Masalah utama dari Tari Babangsai memberikan beberapa saran untuk Paparan sosial dan budaya komunitas Upacara Aruh Ganal di desa.

Tarian kehidupan

Orang Dayak Loksado berjalan seiring berfungsi sebagai alat untuk melakukan ritual.  Karena tarian itu akan menjadi beberapa dan semua paket Ini adalah kumpulan dari ritual AruhGanal. Lokasi yang dipilih untuk pertunjukan harus ditentukan, termasuk pemilihan tanggal dan waktu.

Benda sakral membutuhkan aktor atau penari. Juga telah dipilih untuk digunakan. Dapatkan dukungan dari serangkaian penawaran dan tujuan lainnya. Itu lebih penting daripada nilai estetika dan kebutuhannya. Pakaian khusus untuk ritual tersebut.

Lokasi

Upacara AruhGanal dilaksanakan pada bangunan itu disebut aula. Balai adat tradisional adalah tempat tinggal banyak orang. Amber (keluarga), ukuran aula juga memiliki Lebar sampai dengan 15 (lima belas) sampai dengan 20 (dua Panjang 20 meter, panjang sekitar 50 meter (5 Sebuah bangunan setinggi 20 meter dibangun oleh Ummun di atas tiang dengan ketinggian yang lebih rendah Lebih dari 3 (tiga) meter di atas permukaan tanah.

Ada sebuah kamar di depan halaman terbuka untuk panen padi kering Dayak Loxado. Aula adat terdiri dari tiga ruangan utama. Ini adalah luas ruangan untuk pusar. Area tidur umum (Keluarga) berada di  depan ruangan yang berfungsi sebagai tempat Tahan, duduk, pesta ,menerima tamu dan area tanggul (area Upacara), yang berada di tengah aula adat. Daerah tanggul inilah yang bertanggung jawab tempat terbaik untuk melakukannya Upacara adat khususnya upacara adat AruhGanal. Di tengah kamar Pima Tangbal adat memiliki tempat duduk di kamar bendungan Lalia (altar) terbuat dari desain Kok Kuning (Bambu Kuning).

Dengan cara dekorasi panggung dengan kelapa muda dan rapuh seperti terlihat pada gambar di bawah ini Lalaya ini berfungsi sebagai tempat Persembahan. Segenggam makanan nabati dan camilan khusus AruhGanal yang melambangkan upacara Malayalam.

Merupakan tempat berkumpulnya para dewa Roh supernatural dan penguasa dunia ternyata itu tempat yang sangat bagus. Dibayar oleh komunitas penyangga menurut Ayal Kusal, Lalaya memang tempat berkumpulnya arwah leluhur.

Penerima penghargaan diundang untuk berpartisipasi dalam upacara tersebut. Untuk alasan ini, pakaian untuk semua upacara. AruhGanal termasuk penyajian tari Babangsai. Berfokus pada Lanya sakral di aula tradisional.

Waktu pemrosesan

Upacara Aruh Ganal dilaksanakan secara rutin setahun sekali oleh masyarakat Dayak Loxado.m Upacara ini akan dilakukan nanti. Panen, yang berada dalam fase lunar untuk mengatur waktu.

Tentang hari kelompok manusia Beras, makhluk hidup dan benda yang ada di Bumi Menurut Ayal Kusal, manusia dibangun pada hari pertama Terus. Hari kedua dibangun wasi (besi) pada hari itu. Yang ketiga bertemu Banih (beras) hari itu.

Amas (emas) dan perak, diciptakan untuk keempat kalinya.Pada hari kelima, pakaian manusia dibuat. Dan pada hari keenam hewan itu diciptakan. Dari sudut pandang itu pikir orang Dayak Loksado. Hari pertama, hari kedua, dan hari ketiga bagus dalam beraksi AruhGanal. Perhitungan hari didasarkan padaKehidupan bulan di atas fenomena bulan Langit, ketika bulan di langit dihuni oleh satu (orang tua).

Hari itu akan terdaftar sebagai hari pertama dan seterusnya. Jadi salah satu bulan kehidupan dimulai. Mulai 1 (satu) sampai 15 (lima belas) hari. Upacara AruhGanal umumnya dilakukan. Mereka adalah orang Dayak Loksado. Percaya dengan upacara yang diadakan hari itu akan menerima rezeki dan kesejahteraan masyarakat.

Aruh Ganal biasanya dimulai pada malam hari. Hari dan keesokan harinya diakhiri dengan upacara.Dilakukan selama 7 (tujuh) hari berturut-turut, memilih malam. Pertunjukan upacara melibatkan Keyakinan Masyarakat Dayak Loksado.

Orang Kaharingan malam itu hari itu adalah saat roh tak terlihat. Mudah dipanggil dan favorit penyajian Tari Barangsai sebagai bagian dari upacara yang melibatkan perhitungan hari dan waktu untuk menentukan pelaksanaan setiap upacara AruhGanal. Itulah beberapa ulasan tentang Tarian Babangsai yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close