Pengertian Sudut Pandang dan Contohnya

Pengertian Sudut Pandang dan Contohnya yang lerlu anda ketahui. Sudut pandang (Sudut Pandang) adalah apa yang dapat dilihat oleh karakter atau narator yang bercerita (perspektifnya). Penulis memilih “siapa” yang akan bercerita dengan menentukan sudut pandang. 

Pengertian Sudut Pandang

Pengertian Sudut Pandang

Sudut pandang adalah sudut pandang tentang sesuatu, yang menunjukkan kepada kita pendapat atau perasaan individu yang terlibat dalam suatu situasi. Dalam sastra, sudut pandang adalah corak narasi yang digunakan pengarang untuk membiarkan pembaca “mendengar” dan “melihat” apa yang terjadi dalam sebuah cerita, puisi , atau esai .

Bergantung pada siapa naratornya, dia akan berdiri di satu titik dan melihat aksinya. Sudut pandang ini akan memberikan narator pandangan sebagian atau keseluruhan dari peristiwa yang terjadi. 

Banyak cerita memiliki protagonis yang menceritakan kisah tersebut, sementara di cerita lain, narator mungkin adalah karakter lain atau penonton dari luar, seorang narator yang sama sekali tidak ada dalam cerita. Narator tidak boleh bingung dengan penulisnya, siapa penulis cerita dan yang pendapatnya mungkin bukan yang tertulis dalam narasi.

Contoh Sudut Pandang

Penulis menulis sebuah cerita berjudul "Sebelas." Sudut pandang itu dari sudut pandang Rachel yang berusia 11 tahun. Ceritanya terjadi di sekolah selama hari ulang tahunnya dan tentang penghinaannya menerima sweter tua. Di sepanjang cerita, dia berbicara dari sudut pandang orang pertama, membagikan pemikirannya saat berbagai peristiwa terjadi.

“Hanya hari ini saya berharap saya tidak hanya memiliki sebelas tahun berderak di dalam diri saya seperti uang receh dalam kotak Band-Aid kaleng. Hari ini saya berharap saya berumur seratus dua, bukan sebelas karena jika saya seratus dua, saya akan tahu apa yang harus saya katakan ketika nyonya meletakkan sweter merah di atas meja saya ”.

Aktivitas yang menyenangkan adalah menulis ulang cerita dari sudut pandang masing-masing karakter. Apa yang dipikirkan guru saat dia mencoba melepaskan sweter merah jelek di kelasnya? 

Mungkin itu mengingatkannya pada ibunya yang menuntut! Bagaimana perasaan sweter itu dilempar dan didorong, tidak diinginkan dan tidak dicintai? Mungkin beberapa wanita tua yang manis telah merajutnya dengan cinta untuk seorang cucu yang sekarang telah menolaknya. 

Jenis Sudut Pandang

Orang pertama: Contoh di atas dengan Rachel kecil diceritakan dari sudut pandang orang pertama, artinya kita melihat peristiwa melalui mata karakter yang menceritakan kisah tersebut.

Orang kedua: Orang kedua, narator berbicara kepada ANDA. Ini jarang terjadi dalam fiksi, kecuali narator mencoba berbicara dengan pembaca secara pribadi. Kami melihat sudut pandang orang kedua sebagian besar dalam puisi, pidato, penulisan instruksional, dan artikel persuasif.

Orang ketiga: Dengan sudut pandang orang ketiga, narator mendeskripsikan apa yang dilihat, tetapi sebagai penonton. Jika narator adalah tokoh dalam cerita, maka kita membaca apa yang dia amati saat cerita itu terungkap. Narator ini memiliki tiga kemungkinan perspektif.

Terbatas - Dalam orang ketiga terbatas, narator hanya melihat apa yang ada di depannya, penonton peristiwa saat terungkap dan tidak dapat membaca pikiran karakter lain. Seorang narator yang maha tahu melihat semua, seperti dewa yang maha tahu. 

Dia melihat apa yang dilakukan setiap karakter dan dapat melihat ke dalam pikiran setiap karakter. Hal ini biasa terjadi pada karakter eksternal, yang berdiri di atas, menonton aksi di bawah (pikirkan seseorang dengan bola kristal, mengintip ke dalam).

Mahatahu Terbatas - Narator orang ketiga maha tahu terbatas hanya dapat melihat ke dalam pikiran satu karakter. Dia mungkin melihat peristiwa lain terjadi, tetapi hanya mengetahui alasan tindakan salah satu karakter dalam cerita.

Pentingnya Sudut Pandang

Sudut pandang penting dalam cerita karena membantu pembaca memahami perasaan dan tindakan karakter. Setiap karakter memiliki sudut pandangnya sendiri-sendiri, jadi siapa pun yang menceritakan kisah tersebut akan memengaruhi opini pembaca tentang karakter dan peristiwa lain.

Seperti pada contoh di atas dengan Rachel dan sweter merah, setiap sudut pandang bisa menjadi cerita yang sama sekali berbeda. Mungkin Rachel telah mempermalukan Sylvia suatu hari nanti, jadi simpati yang kita rasakan untuk Rachel dalam sudut pandangnya dapat berubah menjadi simpati untuk Sylvia jika sudut pandangnya dialihkan.

Selain itu, membaca cerita dari karakter dalam cerita versus karakter eksternal mengubah jumlah informasi yang dimiliki pembaca saat cerita tersebut dibuka. Dengan orang ketiga yang mahatahu.

Kita dapat melihat semuanya sebelum karakter lain melakukannya, yang memberi kita peringatan sebelumnya tentang peristiwa lain. Dengan orang ketiga terbatas, kami tidak diizinkan untuk melihat acara lain sampai narator melakukannya. Ini mungkin meninggalkan lebih banyak kejutan saat kita membaca.

Contoh Sudut Pandang dalam Budaya Pop

Game yang sangat populer (dan sangat tua!) Adalah Mario Brothers. Seorang pemain mengambil game dan membuat video dari sudut pandang orang pertama. Rasanya hampir memusingkan untuk melihat Mario menangkap koin dan melompat-lompat dari sudut pandangnya.

Apa Pengertian dari Sudut Pandang?

Pemain telah memiliki game dengan sudut pandang orang pertama selama bertahun-tahun. Anda duduk di konsol untuk mengemudikan mobil dalam perlombaan, atau menggunakan pistol dan menembak ke sasaran. Game balapan mungkin yang paling mudah dimainkan sebagai orang pertama. 

Pada sebagian besar game, Anda mengontrol karakter dalam game, tetapi hampir dari sudut pandang orang kedua. Anda dapat melihat karakter Anda saat Anda mengontrolnya di dalam ruang permainan seperti yang dilakukan oleh karakter lain.

Contoh Sudut Pandang dalam Sastra

Ditulis dalam sudut pandang orang pertama, kami mengikutinya melalui hari-harinya bersama teman dan keluarganya. Rasa kering Greg tentang realitas saat dia menceritakan kisah sedihnya membuat kami terkikik dengan simpatik - Anda tidak bisa tidak merasa kasihan padanya, dan banyak anak dapat memahami rasa frustrasinya. 

Ada sembilan buku pada tahun lalu, masing-masing berfokus pada konflik spesifik yang harus diatasi Greg saat ia lulus sekolah menengah dan berusaha menyesuaikan diri dengan keluarganya.

Ketentuan Terkait

Narator: Narator adalah orang yang menceritakan kisah tersebut. Ada berbagai jenis perawi, seperti internal dan eksternal. Setiap narator akan memiliki sudut pandang atau sudut pandangnya sendiri saat cerita diceritakan.

Sudut pandang: Sudut pandang adalah perspektif di mana sesuatu terlihat. Jika tiga orang melihat kecelakaan, setiap orang akan memiliki versinya sendiri tentang apa yang terjadi tergantung di mana orang itu berada pada saat kecelakaan itu terjadi.

Kesimpulan dari Sudut Pandang

Pengertian Sudut pandang adalah bagian penting dari semua tulisan. Itu membuat cerita menjadi menarik, memberi penelitian nada seriusnya, puisi dan karya persuasifnya nada pribadi mereka, dan memungkinkan pembaca untuk dengan mudah mengikuti semua tulisan. Mengingat berbagai jenis POV dan kapan menggunakannya akan membuat tulisan Anda lebih kuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close