Pengertian Gagasan Pendukung, Jenis Dan Contohnya

Pengertian Gagasan Pendukung atau Gagasan Pokok/gagasan utama, Jenis Dan Contohnya - Sekilas dalam pelajaran pernah mendengar dahulu, atau pernah belajar mengenal istilah gagasan pendukung. Baik itu cara penulisan maupun cara penempatan tulisannya. Ada dua jenis gagasan, diantaranya adalah gagasan utama dan gagasan pendukung. 

Pengertian Gagasan Pendukung

pengertian gagasan pokok gagasan pendukung

Gagasan utama adalah sebuah kalimat inti yang akan menhasilkan kalimat pendukung agar pembahasan lebih jelas pemaparannya. Atau demgan kata lain, gagagsan utama merupakan inti permasalahan yang akan dipecahkan dan dirincikan oleh gagasan pendukung. Dengan kaitan yang seperti itu, maka inti permasalahan dapat pahami dengan jelas. Gagasan utama biasanya dikelompokkan menjadi 3 jenis, diantaranya adalah:

1. Gagasan Deduktif

Gagasan deduktif merupakan sebuah paragraf yang memiliki kalimat utama diawal. Dengan kata lain gagasan deduktif ini dibuat diawal dan diiringi kalimat pendukung agar tercermin kesimpulan yang lebih khusus. Jadi akan menimbulkan rasa penasaran pada pembaca yang telah mengunjunginya. Memiliki ciri penyusunan kalimat dari umum ke kalimat yang lebih khusus dalam pengertian gagasan pendukung.

2. Gagasan Induktif

Gagasan induktif memiliki arti kebalikan dari gagasan deduktif. Karena penempatannya terletak setelah gagasan pendukung yang sifatnya lebih khusus. Dengan kata lain, kalimat umum yang akan dibahas dalam paragraf akan hadir setelah penjelasan dari gagasan pendukung. 

Memiliki ciri penyajian yang menceritakan hal khusus dalam pengertian gagasan pendukung yang berada diawal kalimat. Hingga menuju kalimat akhir yang lebih bersifat umum dalam arti gagasan utama. Dan juga menggunakan pola pengembangan kalimat dari khusus ke kalimat umum yang diiringi dengan sebiah kesimpulan. Maka kesimpulannya  dapat diartikan menjadi gagasan utama. 

3. Gagasan Campuran

Gagasan campuran merupakan percampuran dari gagasan deduktif dan juga gagasan induktif. Karena penempatan gagasan pokok. Karena penempatan gagasan pokok dirulis di kalimat awal dan kalimat akhir. Sehingga terjadi pengulangan kalimat gagasan utama dalam satu paragraf. Memiliki ciri penempatan pola kalimat yang diawali dengan kalimat umum lalu dilengkapi dengan kalimat khusus dan diakhiri dengan kalimat umum lagi. 

Definisi Pengertian Gagasan Pendukung

Pasti kalian pernah mendengar tentang gagasan pokok ataupun gagasan pendukung. Jika gagasan pokok adalah sebuah ide dari sebuah pembahasam dalam paragraf yang dibuat secara utuh dan menyeluruh. Maka pengertian gagasan pendukungyaitu sebuah rangkaian penjelas yang akan mendukung gagasan utama pada pembahasan tersebut. 

Pengertian gagasan pendukung bisa dijabarkan sebagai kalimat yang akan membuat sebuah penjelasan pada gagasan inti menjadi lebih baik. Dalam arti, gagasan pendukung merupakan sebuah kalimat penjelas dari sebuah paragraf gagasan utama. Maka dengan adanya gagasan pendukung gagasan pokok dapat dirinci dengan sangat jelas. Hingga akhirnya pembaca bisa memahami isi dari tulisan tersebut dan menjadi lebih tertarik untuk membaca sampai akhir. 

Cara Menempatkan Dan Ciri Gagasan Pendukung

Sama seperti istilah lainnya, pengertian gagasan pendukung juga memiliki ciri dalam penulisan. Tak hanya itu, gagasan pendukung juga mempunyai cara untuk menentukan seperti apa gagasan pendukung yangnharus dibuat. Berikut adalah penjelasan tentang ciri dan cara menempatkan gagasan pendukung yang baik:

Ciri Gagasan Pendukung:

• Tidak berdiri sendiri dan bukan kalimat tunggal karena bertujuan sebagai penjelas, pendukung dan pelengkap. 

• Memiliki sifat yang lebih khusus dibanding kalimat utama. 

• Biasanya berbentuk sebuah kalimat pelengkap, contoh dan data pendukung. 

• Terdiri dari beberapa kalimat yang menjelaskan gagasan utama. 

• Biasanya penempatan kalimat diletakkan setelah kalimat utama. 


Cara Penempatan Kalimat Gagasan Pendukung:

• Baca dan pahami secara lengkap rangkaian dalam setiap kalimat. 

• Gagaasan utama harus ditentukan terlebih dahulu agar dapat dengan mudah menginspirasi ketika hendak membuat gagasan pendukung

• Memperhatikan setiap kalimat dari awal hingga kalimat akhir. Agar bisa dengan mudah menentukan mana kalimat gagagasan utama dan pendukung. 

• Memiliki kata penghung agar dapat lebih mudah memahami gagasan utama karena mudah diartikan dan dipahami.

• Struktur kalimat merupakan kalimat penjelas dari gagasan utama. 


Contoh Paragraf Gagasan Pendukung Dan Utama

Setelah membahas tentang pengertian gagasan pendukung dan utama serta beberapa jenis hingga ciri sebuah gagasan utama dan gagasan pendukung. Baiknya agar bisa lebih memahami cara penempatannya simak beberapa contoh yangbtelah kami sediakan yaa. Dan berikut adalah contoh yang dapat kamu pelajari tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung:

Contoh Paragraf Gagasan Utama Deduktif

Beternak semut rang-rang untuk menghasilkan kroto tidak mudah seperti membayangkannya. Usaha alternatif ini mulai diminati karena memang sangat menjanjikan keuntungan yang besar. Akan tetapi ternyata bagi pengusaha pemula ada yang mengalami bangkrut pada beberapa bulan pertamanya. Kenyataan ini terjadi karena berbagai hal yang mempengaruhi. Pengaruh tersebut terjadi karena adanya ilmu tentang cara membudidayakan yang sangat terbatas. Ditambah lagi faktor cuaca yang turut serta memberikan pengaruh. . 

Contoh Kalimat Dalam Gagasan Utama Induktif

Setiap hari belajar sampai tak pernah terlewati seharipun tanpa membaca buku. Dia tetap menyempatkan diri agar tetap bisa belajar meski hari libur. Saat ada waktu luang ia tidak  mengisi harinya dengan bermain. Akan tetapi dia selalu pergi ke perpustakaan untuk membaca beberapa buku. Semua itu dilakukannya untuk bisa mendapatkan sebuah gelar impian, Sarjana. 

Contoh Kalimat Dalam Gagasan Campuran

Keberadaan SMP Terbuka sangat banyak membantu siswa miskin. Karena adanya SMP terbuka siswa yang tadinya murung karena tidak bisa melanjutkan sekolah karena terbentur masalah biaya. Kini mereka bisa tersenyum lega danbisa duduk di bangku SMP. Dengan adanya SMP terbuka, anak-anak menjadi lebih semangat dan terbantu supaya bisa melanjutkan sekolah tingkat SMP. Tak sedikit siswa miskin yang memiliki prestasi akademik cukup baik. Peran penting yang diberikan oleh hadirnya SMP terbuka memberikan bantuan yang sangat berharga bagi banyak siswa tidak mampu. 

Contoh Kalimat Dan Paragraf Gagasan Pendukung

Suku jawa tentunya berasal dari pulau Jawa. Pulau Jawa terdiri dari beberapa wilayah, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur Dan Jawa Tengah. Bahasa yang dipakai oleh suku jawa adalah bahasa Jawa. Sedangkan Alat musik tradisional Jawa terdiri dari berbagai jenis bergantung pada wilayahnya. Jawa Timur mempunyai musik tradisional gamelan, Sedangkan Jawa Barat Memiliki angklung, Dan Jawa Tengah Memiliki Bonang. 

Suku Jawa juga memiliki tarian daerah yaitu tari kuda lumping, tarian gambyong, tari serimpi dan masih banyak lagi. Rumah adat Suku Jawapun banyak jenisnya mulai dari rumah kampung, rumah joglo, rumah limasan, ada juga rumah tajug. Saat ini Pulau Jawa menjadi salah satu pusat pariwisata yang seringkali dikunjungi banyak wisatawan.

Pada teks bacaan tersebut diatas adalah contoh pertama pengenalan Suku Jawa, Pada paragraf diatas terkandung beberapa contoh kalimat yang memuat pengertian gagasan pendukung adalah:

  1. Bagian dari Pulau Jawa
  2. Macam alat musik tradisional Pulau Jawa 
  3. Jenis tarian tradisional pulau jawa.
  4. Jenia rumah tradisional pulau jawa.

Itulah rincian dan pengertian gagasan pendukung yang bisa disimak dan pelajari.  Semoga informasi diatas bermanfaat dan memberi wawasan lebih untuk banyak orang 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close