Pengertian Bola Voli, Teknik, Aturan dan Sejarahnya

Pengertian Bola Voli, Teknik, Aturan dan Sejarahnya yang perlu anda ketahui. Bola voli, permainan yang dimainkan oleh dua tim, biasanya terdiri dari enam pemain di satu sisi, di mana pemain menggunakan tangan mereka untuk memukul bola bolak-balik di atas net yang tinggi, dalam upaya untuk membuat bola menyentuh lapangan di dalam gawang lawan. area bermain sebelumnya. 

Pengertian Bola Voli

Pengertian Bola Voli

Bisa dikembalikan. Untuk mencegah hal ini, Pengertian Bola Voli pemain di tim lawan mengayunkan bola ke atas rekan setimnya sebelum menyentuh permukaan  rekan setim kemudian dapat memantul melintasi net atau memukulnya ke arah rekan setim ketiganya yang menembakkan bola melintasi net.

Di tingkat dunia dan Olimpiade, pria dan wanita sama – sama dipilih, daripada negara lain. Keberhasilan mereka dikaitkan dengan minat populer yang luas, permainan yang terorganisir dengan baik, dan pendidikan di semua tingkat keahlian. Tim wanita Jepang yang sangat dipublikasikan, juara Olimpiade 1964, mencerminkan minat industri dalam olahraga tersebut. 

Wanita muda yang bekerja di perusahaan sponsor mendedikasikan waktu luang mereka untuk pengkondisian, pelatihan tim, dan kompetisi di bawah pengawasan seorang ahli dan menuntut. Dipimpin oleh Federasi Bola Voli Jepang, tim wanita ini membuat tanda di kompetisi internasional, memenangkan kejuaraan dunia pada tahun 1962, 1966 dan 1967, serta Olimpiade 1964. Namun, pada akhir abad kedua puluh, tim wanita Kuba mendominasi kejuaraan dunia dan Olimpiade.

Turnamen bola voli internasional empat tahun, yang direkomendasikan oleh FIVB, dimulai pada tahun 1969 dengan Piala Dunia, yang akan diadakan pada tahun setelah Olimpiade; Tahun kedua adalah Kejuaraan Dunia. Di babak ketiga, diadakan acara regional (misalnya, Kejuaraan Eropa, Asian Games, Asian Games, American Games); Dan di tahun keempat Olimpiade.

Bola voli membutuhkan peralatan dan ruang minimal dan bisa dimainkan di dalam atau di luar ruangan. Permainan ini dimainkan di permukaan halus dengan lebar 9 meter (30 kaki) dan panjang 18 meter (60 kaki), dibagi oleh lini tengah menjadi dua area yang sama, salah satunya dipilih atau ditugaskan ke masing-masing dari dua area yang bersaing. 

Apa Itu Permainan Bola Voli?

Tim Pemain tidak boleh sepenuhnya menyimpang dari lini tengah saat memainkan bola. Garis 3 meter (10 kaki) dari lini tengah setiap setengah lapangan dan sejajar dengan itu menunjukkan titik di depannya di mana pemain lapangan belakang tidak boleh mengarahkan bola melewati net dari posisi di atas net. (Tindakan menyerang ini, disebut aspike, atau kill, biasanya dilakukan dengan kekuatan terbesar di dekat net oleh garis depan pemain.) 

Jaring kencang dipasang rapat di sepanjang lapangan tepat di atas lini tengah; Tinggi net resmi (diukur dari tepi atas net ke permukaan permainan - lini tengah) adalah 2,4 meter (8 kaki) untuk pria dan 2,2 meter (7,4 kaki) untuk wanita. Penyesuaian lebih lanjut dapat dilakukan pada tinggi jaring untuk kaum muda dan orang lain yang membutuhkan lebih sedikit jaringan. 

Sebuah penanda batang vertikal dipasang ke jaring tepat di atas batas setiap sisi lapangan, dan untuk membantu administrator permainan menentukan apakah bola servis atau bola voli masuk atau keluar batas, antena fleksibel memanjang 1 meter (3 kaki) di atas jaring. Bola yang digunakan berukuran sekitar 260 hingga 280 gram (9 hingga 10 ons) dan dipompa hingga sekitar 65 cm (25,6 inci). Bola harus benar-benar melewati jaring di antara antena. 

Area servis, yang biasanya sepanjang 3 meter (10 kaki), ditandai di luar dan di belakang sepertiga kanan dari setiap garis akhir. Pada tahun 1996, area layanan Olimpiade diperpanjang menjadi 9 meter (30 kaki). Servis harus dilakukan dari dalam atau di belakang zona ini. 

Sebuah ruang dengan lebar setidaknya dua meter (6 kaki) di sekitar seluruh lapangan diperlukan untuk memungkinkan kebebasan bertindak, menghilangkan bahaya dari penghalang, dan menyediakan ruang untuk penyangga dan posisi petugas yang bersih. Ruang kosong di atas lapangan minimal 8 meter (26 kaki) diperlukan untuk memungkinkan bola dikirim atau diterima dan dimainkan tanpa gangguan.

Permainan dimulai ketika bek kanan tim yang melayani (orang di sebelah kanan baris kedua) melangkah keluar garis finis ke dalam area servis dan memukul bola dengan tangan, kepalan, atau lengannya melewati net di bagian tengah lawan. Lawan menerima bola dan mengembalikannya melalui net dalam rantai yang tidak lebih dari tiga kontak dengan bola. 

Ini harus dilakukan tanpa pemain menangkap atau menangkap bola selama permainan dan tanpa ada pemain yang menyentuh jaring atau memasuki area lapangan lawan. Bola tidak boleh menyentuh tanah dan pemain tidak boleh menyentuh bola dua kali berturut-turut. Pemain terus melakukan servis sampai timnya meleset, melakukan pelanggaran, atau mengakhiri permainan. 

Saat servis berubah, tim penerima menjadi tim servis dan para pemain memutar searah jarum jam dalam satu posisi, menggeser gigi kanan ke depan ke bek kanan dan kemudian melakukan servis dari area servis. 

Setiap tim dapat mencetak gol, dengan poin yang diberikan karena berhasil memukul bola di setengah lapangan lawan, serta ketika pihak lawan melakukan pelanggaran atau kesalahan, seperti memukul bola di luar batas, gagal mengembalikan bola , menyentuh bola lebih dari tiga kali sebelum mengembalikannya, dll. 

Hanya satu poin yang dicetak pada satu waktu untuk permainan yang sukses. Tim yang mencetak 25 poin dalam pertandingan tersebut menang, dengan syarat tim pemenang memimpin dua atau lebih poin, kecuali grup kelima, ketika tim hanya perlu mencetak 15 poin dan memenangkan dua poin. 

Poin diberikan jika berhasil memukul bola di paruh lapangan yang berlawanan, serta ketika pihak lawan melakukan kesalahan atau kesalahan, seperti memukul bola di luar batas, gagal mengembalikan bola, menyentuh bola lebih dari tiga. kali sebelum mengembalikannya, dll. Hanya satu poin yang dicetak pada satu waktu untuk permainan yang sukses. 

Tim yang mencetak 25 poin dalam pertandingan tersebut menang, dengan syarat tim pemenang memimpin dua poin atau lebih, kecuali grup kelima, ketika tim hanya perlu mencetak 15 poin dan memenangkan dua poin. 

Poin diberikan jika berhasil memukul bola di paruh lapangan yang berlawanan, serta ketika pihak lawan melakukan pelanggaran atau kesalahan, seperti memukul bola di luar batas, gagal mengembalikan bola, menyentuh bola lebih dari tiga. kali sebelum mengembalikannya, dll. Hanya satu poin yang dicetak pada satu waktu untuk permainan yang sukses. 

Tim yang mencetak 25 poin dalam pertandingan tersebut menang, dengan syarat tim pemenang memimpin dua poin atau lebih, kecuali grup kelima, ketika tim hanya perlu mencetak 15 poin dan memenangkan dua poin. Itulah beberapa Pengertian Bola Voli. Semoga bermanfaat bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close