Pemanasan Global : Pengertian, Dampak, Penyebab dan Unsur-unsurnya

Pengertian Pemanasan Global : Dampak, Penyebab dan Unsur-unsurnya  akan saya uraikan dalam kesempatan ini, untuk itu silahkan sobat simak dengan baik ya. Pernahkah Kamu masuk ke dalam rumah kaca ? Jika pernah, apa yang Kamu rasakan ketika berada di dalamnya ? Pasti Panas ya, tentu saja. Seperti halnya rumah kaca, gas, karbon dioksida (CO2), metana (CH4)), Nitroksida (N,O), hidrofluorokarbon (HFC), perflourokarbon (PFC) dan sulfurheksafluorida (SF), memiliki sifat menahan panas Matahari untuk tidak keluar. Akibatnya permukaan bumi persis seperti didalam rumah kaca. Oleh karena itu, gas-gas tadi disebut sebagai gas rumah kaca. 

Pemanasan Global : Pengertian, Dampak, Penyebab dan Unsur-unsurnya 


Gas rumah kaca itu merupakan sekumpulan gas-gas pada atmosfer yang menjadi sebab adanya efek rumah kaca. Gas-gas yang disebut gas rumah kaca bisa muncul secara alami di lingkungan bumi, namun bisa juga timbul karena aktivitas manusia. Para ilmuan telah mempelajari efek rumah kaca sejak tahun 1824. Joseph Fourier menyatakan bahwa Bumi akan jauh dingin jika tidak memiliki atmosfer. Permukaan bumi akan berubah sekitar 60 F atau 15,6 C lebih dingin.

Pengertian Pemanasan Global : Dampak, Penyebab dan Unsur-unsurnya

Gas-gas rumah kaca  (green house gases) adalah beberapa jenis gas yang terperangkap di atmosfer dan berfungsi seperti uap rumah kaca yang mampu meneruskan radiasi gelombang panjang Matahari, namun menahan radiasi inflamerah yang diemisikan oleh permukaan Bumi. Sumber gas-gas rumah kaca dapat terbagi menjadi dua yaitu alami dan akibat aktivitas manusia. Berikut ini jenis-jenis gas rumah kaca dan sumbernya.

Pengertian Pemanasan Global


Pemanasan global merupakan fenomena naiknya suhu permukaan bumi karena meningkatnya efek rumah kaca. Peningkatan efek rumah kaca dipengaruhi oleh naiknya kadar gas-gas rumah kaca di atmosfer yaitu gas karbon dioksida, uap air, ozon. Fenomena pemanasan global menjadi isu internasional, sejak berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup, yaitu berpengaruh pada perubahan iklim Bumi. Keadaan seperti ini dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk yang berupa kepunahan beberapa spesies dan munculknya penyakit serta gejala-gejala alam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, pada saat ini suhu yang ada di permukaan Bumi telah mkenaikan permukaan laut yang sanat banyak menumukkan terjadi peningkatan yang sangat begitu drastis yakni sekitar 0,6 C yang terjadi di dalam satu abad terakhir. Pen8ingkatan yang bisa dikatakan terlihat kecil, namun ternyata memiliki dampak yang besar bagi Bumi dan kehidupan yang ada di Bumi. 

Dalam gejala-gejala atau tanda-tanda terjadinya suatu pemanasan global maka dapat kita amati dan rasakan. Gejala-gejala pemanasan global yaitu terjadinya pergantian musim yang begitu sulit kita prediksi, sering terjadinya peristiwa angin puting beliung, terumbu karang yang akhirnya memutih, banjir dan kekeringan pada wilayah yang tidak pernah mengalaminya.

Penyebab Pemanasan Global


Beberapa faktor penyebab pemanasan global di antaranya, adalah sebagi berikut ;

  1. Emisi CO2, yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik.
  2. Emisi CO2, yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi.
  3. Emisi metana dari hewan, lahan pertanian, dan dari dasar laut Arktik
  4. Deforestation (penebangan liar) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan
  5. Penggunaan Chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigator (pendingin)
  6. Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.

Dampak pemanasan global


  1. Gunung es akan mencair karena semakin meningkatnya suhu Bumi.
  2. Curah hujan akan semakin meningkat dan badai akan sering terjadi.
  3. Angin akan tertiup lebih kencang dengan pola yang berbeda-beda. Bahkan bisa membentuk angin puting beliung.
  4. Air tabah akan cepoat menguap. Hal ini akan menyebabkan tanah menjadi kering dan tandus.
  5. Cuaca menjadi sulit untuk diprediksi dan bahkan akan jauh lebih ekstrem. Entah itu hujan atau kekeringan.
  6. Kanaikan permukaan laut yang sangat banyak berpotensi menyebabkan terjadinya banjir, tsunami, dan pulau-pulau kecil akan tenggelam.
  7. Menyebabkan kekeringan yang berkepanjjangan.
  8. Dapat menyebabkan gagal panen akibat dari cuaca yang sangat ekstrem dengan terjjadinya banjir yang mengakibatkan tanaman pertanian menjadi terendam.
  9. Meningkatnya hama pangan akibat dari perubahan iklim.
  10. Populasi hewan dan tumbuhan akan menjadi semakin menurun karena terancam punah akibat ekosistemnya yang semakin rusak.
  11. Meningkatnya kasus orang meninggal akibat dari cuaca yang sangat panas seperti jantung, stroke, dehidrasi, dan stres. 

Usaha-usaha menangguylangi pemanasan global


  1. Menggunakan energi terbaurkan dan mengurangi penggunaan batu bara, gasoline, kayu, dan bahan bakar organik lainnya.
  2. Meningkatkan efisensi bahan bakar kendaraan.
  3. Mengurangi deforestation.
  4. Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chloro-fluorocarbons (CFCs) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.
  5. Mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan. 
Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang Pemanasan Global : Pengertian, Dampak, Unsur dan  yang dapat kami sajikan di kesempatan kali ini, sekian dari kami sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close