Pengertian Influencer : Jenis dan Contohnya

Pengertian Influencer Lengkap Beserta Jenis dan Contohnya akan saya uraikan di kesempatan kali ini, untuk itu silahkan Anda simak ulasannya berikut ini. Pasti diantara kalian sudah ada yang pernah mendengar tentang Influencer namun belum tahu betul apa itu Influencer dan cara kerjanya. Influencer adalah seseorang yang mempunyai pengaruh besar untuk memperkuat strategi promosi dalam memasarkan suatu produk baik barang maupun jasa dalam media digital. Umumnya influencer merupakan seorang yang memiliki pengikut atau followers yang banyak di media sosial. 


Pengertian Influencer Lengkap Beserta Jenis dan Contohnya


Jadi siapapun bisa menjadi seorang influencer, tentu dengan syarat mampu mempengaruhi seseorang untuk mengikuti gaya atau trend yang dipakai dan sangat dipercaya oleh pengikut mereka, sehingga produk barang atau jasa yang mereka gunakan dan tawarkan bisa mempengaruhi para pengikut atau followers untuk mencoba dan membeli produk tersebut.


Pengertian Influencer

Contohnya adalah youtuber, selebgram, selebritis, blogger dan sejenisnya. Mereka yang aktif di media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter maupun blog.

Jasa influencer digunakan dalam dunia bisnis sekarang ini. Hal ini mengikuti perkembangan pasar yang saat ini semua transaksi, mulai dari mengiklankan sebuah produk semua dilakukan serba online di media sosial. Sesuai dengan perkembangan teknologi internet dengan berbagai flatform media sosial yang ada, jasa influencer terus dibutuhkan oleh pasar, sehingga peluang seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan sangatlah mudah. Bermodalkan followers di Instagram contohnya sudah bisa membuka jasa sebagai influencer.

Sekarang sudah paham kan? selebgram yang sering menawarkan sebuah produk itu memiliki nama sebagai pekerja dalam bidang jasa yaitu influencer. Setelah itu mari mengenal jenis-jenis influencer agar tambah paham dan tidak salah langkah ketika ada keinginan untuk memasarkan produk sendiri dengan jasa influencer.


Jenis-jenis influencer


Berdasarkan followers media sosial dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:


1. Micro Influencer


Influencer yang bisa dikatakan sebagai micro influencer adalah mereka yang memiliki pengikut atau followers antara 1.000 hingga 100.000 followers. Micro Influencer ini cocok digunakan untuk pengusaha pemula untuk mempromosikan produknya, atau dapat dikatakan pada tahap coba-coba. Biasanya yang menggunakan ini jenis produk fashion hingga produk kecantikan.

Setiap jenis pasti memiliki plus and minus nya. Kelebihan dari micro influencer adalah biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa micro influencer relative lebih murah dan  lebih mudah dalam berkomunikasi langsung dengan seorang influencernya serta cukup menjangkau audience yang diinginkan sesuai target. Kelemahan dari micro influencer yaitu jumlah followers yang relative masih sedikit dibandingkan dengan jenis influencer lainnya karena hanya orang-orang tertentu yang baru mengenal dia dan biasanya sesuai dengan bidangnya saja. 

Contohnya dalam memasarkan baju Muslimah Syar’i, maka bisa menggunakan salah satu selebgram yang aktif di dunia dakwah atau selebgram yang mempunyai cerita hijrah yang menarik dan dikagumi oleh para followers-nya.


2. Macro Influencer


Macro Influencer memiliki tingkatan yang lebih tingg dari micro influencer. Berdasarkan jenis followers macro influencer di atas 100.000 followers sampai dengan 1.000.000 followers. Umumnya kebanyakan dari mereka adalah youtuber + Selebgram atau bisa juga vlogger atau blogger.

Kelebihan dari macro infulencer tentunya dari segi jumlah followers yang lebih banyak, sehingga mempunyai peluang yang lebih besar dalam menyukseskan closing sebuah produk. Konten yang dibuat biasanya memiliki kualitas yang cukup menarik, karena mereka memperhatikan akun pribadi influencer sendiri dengan mempertimbangkan citra akun media sosial nya agar tetap baik dan terus berkembang dikelola dengan professional. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyiapkan tim khusus untuk mengisi konten di akun media sosial mereka.

Bayaran yang lebih mahal menjadi salah satu kelemahannya untuk bisnis pemula dan belum menjamin juga banyak orang yang mengenal makro influencer ini. 


3. Mega Influencer


Mega Influencer merupakan jenis influencer yang paling jitu, jika ingin mempromosikan produk dengan kualitas yang bagus dan mempunyai modal yang besar. Mega influencer adalah seseorang yang mempunyai pengaruh dan dikenal banyak orang, jika dihitung followersnya lebih dari 1.000.000 followers. Sehingga peluang yang tercipta dengan menggunakan jasa influencer ini sangat menjanjikan.  Biasanya ini berasal dari kalangan artis juga sebagai youtuber dan selebram. Mereka mempunyai jangkauan yang sangat luas, sehingga mempermudah untuk mendapatkan client dalam jangka waktu singkat. Hanya kelemahannya perlu mengeluarkan cost yang besar untuk memakai jasa mega influencer ini.

Tips dalam memilih influence selain melihat followersnya, kamu bisa mempertimbangkan popularitas, keahlian atau reputasinya. Hal ini agar tidak salah pilih dalam menggunakan jasa influencer sesuai produk kamu. untuk strategi ini ada beberapa jenis bidang influencer yang perlu kamu perhatikan dan pahami, diantaranya:


Tips dalam memilih influence selain melihat followersnya



1. Fashion Influencer


Fashion influencer adalah seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Menciptakan konten fashion dan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pendapat dan prilaku pembelian orang lain dengan rekomendasi mereka. Bidang fashion ini sangat luas, seperti fashion busana , baju, celana, sepatu/sandal, jam tangan dan accesoris lainnya.


2. Beauty Influencer


Influencer yang membahas mengenai kecantikan, mereview berbagai macam jenis kosmetik. Tutorial Influencer biasanya sangat mempengaruhi kamu hawa untuk mencoba berbagai jenis makeup yang digunakan.


3. Food Influencer


Influencer yang tak kalah dilirik oleh para pengusaha makanan, biasanya digunakan sebagai stategi menarik customer agar tertarik untuk mencicipi makanan brand tersebut.


4. Budget travel Influencer


Perencanaan traveling perlu perhitungan yang matang, sehingga liburan yang didambakan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, banyak influencer banyak yang membahas tentang ini, tujuan nya untuk menginspirasi dan membantu dalam menyusun rencana traveling yang menyenangkan. Orang yang menggunakan jasa travel influencer biasanya agen travel, pengelola wisata, hingga publik transportation untuk mendapatkan costomer.

Semoga informasi ini bermanfaat sebagai pengetahuan dan menjadi referensi untuk menggunakan jasa influncer yang cocok sesuai bidangnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close