Pengertian Bangsa

Pengertian Bangsa akan saya uraikan di kesempatan kali ini, jadi buat kalian yang ingin mencari informasi pengertian Bangsa silahkan baca ulasan ini sampai habis. Jadi, pengertian dari Bangsa adalah : Sekumpulan masyarakat yang mendiami suatu wilayah dan mempunyai satu atau beberapa kesamaan baik etnis, nudaya, ideologi, agama, dan sebagainya yang satu sama lain saling terkait.

Pengertian Bangsa


Pengertian Bangsa

Suatu bangsa dapat berdiri kukuh bila memiliki tiga persyaratan. Yang pertama adanya pemerintahan dalam rangka membuat peraturan (regulasi) dan peranan untuk keamanan serta ketertiban. Kedua, adanya rakyat sebagai orang-orang yang dipimpin untuk menjalankan dan menerapkan peraturan serta peranan yang sudah ada, juga untuk membuat pemerintahan mempunyai legitimasi yang kuat. Yang Ketiga, adanya peraturan dan hukum dalam rangka menjadikan bangsa menjadi negara yang aman, tertib hukum, dan terkendali.

Kedudukan Suatu Bangsa


Untuk mencapai kondisi yang demikian, ketiga persyaratan tersebut harus berfungsi secara maksimal dan seimbang. Artinya, seluruh tatanan yang telah di ciptakan dan disepakati melalui sebuah lembaga resmi kenegaraan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pemerintah memahami peranan, hak dan kewajibannya. Begitu juga rakyat, mereka juga mengetahui peranan, hak, dan kewajibannya.

Pentingnya Suatu Bangsa untuk Diperhatikan


Kalau itu tidak berjalan maka kelangsungan hidup bangsa (negara) itu akan mengalami masalah berkaitan dengan banyak hal, yang ujung-ujungnya akan terjadi kerusakan akhlak (dekadensi moral) bangsa itu. Kalau ini yang terjadi maka eksistensi bangsa atau negara itu akan terancam.

Nah, itulah pengertian dari Bangsa. Maka kedudukan bangsa itu sangat penting untuk diperhatikan. Dan mungkin hanya ini saja yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembaahsan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close