10 Dasa Dharma Pramuka dan Maknanya

Dasa Dharma Pramuka adalah pedoman atau kode etik seorang Pramuka. Seorang Pramuka wajib hafal dan mengetahui makna dari Dasa Dharma, seorang Pramuka itu wajib mengamalkan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari hari. pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk menguraikan arti atau makna dari Dasa Dharma Pramuka.


Dasa Dharma Pramuka



Dasa Dharma Pramuka dan Maknanya

Inilah 10 Dasa Dharma Pramuka untuk Tingkatan Pramuka Penggalang sampai pembina. Bagi kalian yang ingin mengetahui maknanya mari simak ulasannya berikut ini !


Dasa Dharma Pramuka lengkap dengan Maknanya



1. Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa


Taqwa disini yang berarti seorang Pramuka itu harus bertaqwa atau taat kepada Allah SWT. Mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjahui apa yang di larang Allah SWT.

Contohnya seperti :
Yang diperintahkan Allah SWT kepada Hambanya seperti : Menunaikan Sholat 5 waktu, bayar Zakat, bayar Hutang,

Yang dilarang oleh Allah SWT seperti :  riba, berzina, mencuri, durhaka kepada orang tua


2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia


Maksudnya adalah sesama manusia kita harus saling sayang menyayangi serta seorang pramuka harus cinta pada alam atau lingkungan sekitar.

Contohnya : Melakukan penghijauan, tidak merusak alam , tidak buang sampah sembarangan dan lainnya.


3. Patriot Yang Sopan dan Kesatria


Artinya, seorang Pramuka itu harus mempunyai jiwa cinta tanah air dan siap menjadi pahlawan untuk membela tanah airnya kalau di rusak atau dijajah oleh negara asing.

Contohnya : Siap menjadi Pahlawan mengusir penjajah, siap membela hak kalau masyarakat Indonesia di hina oleh orang asing


4. Patuh dan Suka Bermusyawarah


Artinya kita sebagai seorang Pramuka itu Patuh atau kenal dan saling menghargai dengan norma-norma yang ada dan hendaknya menyelesaikan permasalahan dengan cara Musyawarah.

Contoh: Seorang Pramuka harus patuh pada tata tertib. Hendaknya menyelesaikan masalah itu dengan cara musyawarah mufakat.


5. Rela Menolong dan Tabah


Artinya adalah seorang Pramuka itu harus saling tolong menolong dan selalu tabah apabila mendapatkan cobaan atau musibah. Karena dibalik musibah atau cobaan tersimpan kebahagiaan untuk kedepannya.


6. Rajin Terampil dan Gembira


Seorang anak Pramuka itu harus rajin dan gembira dalam setiap harinya. Jangan suka bermalas-malasan dan juga jangan suka bersedih. Nimati hidup ini dan syukurilah.


7. Hemat Cermat dan Bersahaja


Seorang Pramuka harus cermat dalam segala hal, karena dengan cermat maka kita akan lebih teliti dan tidak mudah untuk di tipu. Seorang Pramuka juga harus hemat, karena hemat itu adalah cara yang dianjurkan. Allah saja tidak suka dengan hambanya yang boros. Serta bersahajalah atas segala yang didapatkan. 


8. Disiplin Berani dan Setia


Artinya, seorang Pramuka itu tidak penakut dia itu berani dan juga setia. Apabila sedang ada temannya kesusahan ataupun berkemah namun ada keterbatasan maka harus setia dengan temannya agar bisa saling tolong menolong. Setia itu artinya tidak berpaling hati.


9. Bertanggung Jawab dan Dapat di Percaya


Artinya, seorang Pramuka itu harus bertanggung jawab atas apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya serta seorang pramuka itu dapat dipercaya apa yang di ucapkan dan dijanjikan.


10. Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan 


Artinya, seorang anak Pramuka itu juga harus Suci atau baik dalam pikirannya artinya tidak suuzon kepada orang lain. Serta dari segi perkataannya baik tidak suka menyakiti orang lain. Serta perbuatannya baik dan dapat dijadikan contoh oleh teman yang lainnya.

Nah, itulah arti atau makna dari dasa dharma Pramuka. semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close